10 Bisnis Online Terbaik

10 bisnis online terbaik

10 bisnis online terbaik berikut ini dipilih dari sekian banyak alternatif bisnis online yang ada saat ini. Bisa saja nanti akan berubah sesuai perkembangan tehnologi dan minat masyarakat yang terlibat dalam perkembangannya. Sudah banyak cerita dan data yang dapat dipelajari betapa cepatnya perubahan itu terjadi. Seperti media Friendster yang dulu menjadi yang utama untuk chatting saat ini sudah tergusur dengan puluhan media chatting lainnya. Baik yang berdiri sendiri seperti BBM, Whatsapp, Line, Telegram dan lain-lain. Atau media chatting yang merupakan paket dari aplikasi lainnya seperi Facebook Messenger. Lebih menarik lagi adalah perkembangan masing-masing aplikasi tersebut. Seperti misalnya Whatsapp atau biasa disebut WA yang berkembang dengan berbagai fitur seperti email, telepon dan video. Dengan WA selain bisa berkomunikasi via teks, berkirim suara, gambar dan video juga dapat berkirim dokumen. Bahkan yang terbaru adalah fitur Whatsapp Story yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis selain untuk hal-hal yang umum.

 

Inilah 10 Bisnis Online Terbaik Versi Kami.

#1. Blogging

Dulu untuk membuat website diperlukan keahlian teknis yang khusus. Sehingga minat orang untuk memiliki website dan mengisinya dengan konten yang diinginkan menjadi terhambat. Namun dengan berkembangnya tehnologi dan kemampuan developer website, maka terciptalah media blog yang bisa dirancang sesuai keinginan pemiliknya. Isi atau kontennya juga bisa dibuat per topik bahasan sampai dengan topik campuran. Bahasanya juga lebih spesifik dan terkesan informal.

Perkembangan blog ini mendapat sambutan hangat, sehingga dapat dimanfaatkan berbagai kalangan. baik hanya sekedar untuk menuliskan kisah-kisah yang bersifat pribadi maupun dibuat untuk kepentingan kalangan tertentu. Blog yang ramai pengunjung juga bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi serta lahan untuk mencari uang dengan cara memasang banner iklan dan adsense dari Google. Aktifitas blogging juga mempunyai komunitas tersendiri yang secara rutin mengadakan pertemuan. Karena aktifitas dan peluangnya ini membuat blogging dapat dipilih sebagai satu diantara 10 bisnis online terbaik.

#2. Toko Online

Inilah yang saat ini banyak diminati berbagai kalangan dari berbagai kelompok usia. Karena untuk membuat toko online saat ini tidak harus membuat website atau blog sendiri. Banyak pihak seperti markeplace Tokopedia, Bukalapak dan komunitas Yuk Bisnis yang sudah menyediakan platform khusus untuk membuat toko online dengan nama sendiri. Pemilik toko online tinggal upload barang dagangannya saja. Bahkan Facebook dengan Fanpage nya juga menyediakan fitur untuk membuat toko online. Jadi tugas pemilik toko online tinggal memperkenalkan tokonya dengan berbagai cara, baik yang gratisan dan berbayar.

Baca juga : Bisnis online terlaris yang patut dicoba

Untuk memperkenalkan toko online dengan cara gratisan, misalnya membuat status di Facebook, Twitter dan pesan massal melalui Whatsapp atau BBM. Kalau ingin cara yang cepat dan lebih tertarget bisa memasang iklan di Google Adwords atau pun Faceboook Ads.

Memiliki toko online bukan berarti harus memiliki stok barang sendiri. Bisa juga dengan hanya modal gambar dan spesifikasi produk saja. Kalau ada yang pesan baru dibelikan dan dikirim. Atau kalau mau praktis bisa dengan cara dropship. Barang dikirim dari pemilik barang dengan nama pengirim adalah pemilik toko online.

#3. Affiliate atau Afiliasi

Affiliate ini bisa dibilang pihak ketiga yang diberi hak khusus untuk menjualkan produk. Sifatnya seperti makelar atau perantara. Hanya seorang Affiliate Marketer tugasnya adalah menhubungkan pembeli dan penjual saja. Selanjutnya urusan transaksi serta pengiriman produk tidak ikut terlibat. Atas jasanya itu dia mendapatkan imbal jasa atau fee yang sudah disepakati di awal.

Bisnis afiliasi ini sangat menarik sebagai pilihan dari 10 bisnis online tebaik. Karena bisa dikerjakan dari mana saja. Bahkan ketika sedang jalan-jalan pun, seorang Affiliate Marketer tetap dapat memperoleh penghasilan. Contoh bisnis Afiliasi ini seperti ini : BISNIS SB1M.

#4. Jasa Desain

Jasa desain yang banyak dikerjakan secara online adalah seperti desain website. desain grafis, pemrograman komputer, pembuatan musik, video, animasi dan lain-lain. Para desainer bisa memasarkan produknya sendiri atau kalau tidak mau repot bisa juga melalui marketpace seperti Fiverr, Creative Market, Marketplace Design & Consulting, dan lain lain.

Harga yang ditawarkan bisa diatur sesuai keinginan para desainer. Tentu saja patokannya adalah harga pasar dan rating yang dimiliki masing-masing desainer. Untuk karya-karya yang berupa template bisa memberi penghasilan jangka panjang dengan sekali kerja. Jika ada yang membeli karya-karya yang berupa template itu, mereka akan mendapat bayaran setelah harganya dikurangi fee untuk pemilik marketplace. Bayangkan kalau mereka mempunyai 1000 template seharga rata-rata 10 dollar saja, maka potensi penghasilannya USD10,000. Misalkan tiap bulan terjual 20 persen saja, maka akan diperoleh penghasilan kotor USD2,000. Menarik bukan?

#5. Youtube Channel

Popularitas Youtube sebagai sarana berbagi video makin meningkat. Apalagi untuk membuat video saat ini tidak harus menggunakan kamera khusus video. Bahkan dengan HP ber kamera saja sudah dapat dibuat video yang menarik. Apalagi aplikasi untuk mengedit video melalui HP juga makin banyak. Maka tak heran saat ini muncul youtuber-youtuber baru yang kreatifitasnya mengagumkan, sehingga subscribernya sampai jutaan. Seperti contohnya Ria Ricis, Cumi-Cumi, Calon Sarjana dan lain-lain.

Dengan meningkatnya popularitas youtube ini mengundang orang untuk mendulang uang disini. Caranya adalah dengan memasang Youtube Adsense dan membuat konten khusus untuk tujuan komersil.

Kalau untuk Youtube Adsense harus memenuhi persyaratan tertentu dari Youtube yang tiap waktu makin ketat. Seperti misalnya harus sudah ditonton minimal 10.000 kali. Sedangkan kalau untuk tujuan komersil adalah membuat video berdurasi pendek untuk memperkenalkan produk barang atau jasa.

Karena saham Youtube saat ini dimiliki Google, maka jika cara membuat dan mengunggah videonya tepat akan dapat terindeks dan menempati ranking pencarian di Google dengan baik.

Diantara 10 bisnis online terbaik, maka sebagai youtuber adalah pilihan paling mudah. Tinggal mengeluarkan HP terus merekam kejadian di sekitar yang dianggap menarik, kemudian mengunggahnya ke channel Youtube. Sudah hanya begitu saja. Kalau ingin lebih menarik bisa diedit dan ditambah musik atau komentar. Tentu saja kalau ingin terlihat profesional harus dibuat konsep yang melalui riset mendalam dan menambah ketrampilan mengambil gambar serta mengedit videonya.

#6. Penulis Artikel atau Konten

Nyawa dari website atau blog adalah konten. Untuk menarik pengunjung yang banyak suatu website harus memiliki konten yang menarik dan konsisten membuat artikel baru. Tentu saja tidak mudah untuk membuat artikel yang bisa menarik orang untuk mengunjungi suatu website. Selain harus memenuhi rasa penasaran pembaca juga harus sesuai kaidah penulisan standar SEO (Search Engine Optimization). Karena sebagus apapun penulisan, kalau tidak memenuhi standar SEO sulit untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian di Google atau mesin pencari lainnya. Dengan demikina peluang untuk ditemukan dan dibaca juga sedikit.

Contoh penulis artikel yang saat ini berkembang antara lain yang tergabung dalam penulispro.net. Mereka adalah sekelompok penulis profesional yang sudah berpengalaman menulis artikel di berbagai website yang sudah terkenal. Dan jasa penulis artikel atau konten ini merupakan pilhan yang menarik diantara 10 bisnis online terbaik.

#7. Menambang Bitcoin

Bitcoin makin naik popularitasnya sebagai mata uang cyptocurrency. Mata uang ini bisa digunakan di seluruh dunia, walaupun belum banyak diakui secara formal di berbagai negara. Untuk bisa bermain Bitcoin perlu pengetahuan khusus yang mumpuni serta modal yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan modal untuk membeli peralatan komputer dengan spesifikasi tinggi yang khusus digunakan untuk menambang Bitcoin ini sangat mahal. Sehingga pemain Bitcoin secara keseluruhan masih terbatas. Tapi kalau Anda penasaran bisa dicoba dengan menimba pengetahuan terlebih dahulu, agar tidak tersesat dan kehilangan banyak uang.

#8. Kursus Online

Karena pertimbangan jarak dengan sumber keilmuan, maka peluang dibuatnya kursus online terbuka. Sehingga bisa diikuti peserta dari seluruh daerah yang sudah ada akses internet. Saya juga pernah mengikuti kursus onlne seperti ini. Dan dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal saat saya mulai membuat toko online.

Kalau Anda mempunyai keahlian yang bisa dibagikan secara online, silakan mencoba untuk membuat kursus online dengan peserta terbatas dulu. Setelah beberapa kali uji coba sampai materinya matang, silakan dicoba dengan peserta yang lebih banyak dan jangkauannya lebih luas.

Materi untuk membuat kursus online ini antara lain tentang cara membuat toko online, cara membuat website, belajar desain grafis dan bahkan kursus musik juga bisa dilakukan secara online. Banyak ketrampilan yang bisa diajarkan secara online. Ini adalah pilihan yang menarik dari 10 bisnis online terbaik.

Baca juga : Membangun brand image bisnis online

#9. Pengelola Media Sosial

Media sosial sebagai sarana untuk membangun komunikasi dan citra suatu lembaga atau perseorangan semakin diperhitungkan peranannya. Perusahaan yang membutuhkan banyak berkomunikasi dengan pelanggannya memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasinya. Mereka serius merawat akun media sosialnya. Karena selain sebagai sarana menampung saran dan kritik juga sebagai sarana mensosialisasikan program-program mereka.

Untuk perseorangan seperti selebritis dan beberapa figur publik juga mempunyai Admin khusus untuk mengelola akun-akun mereka di media sosial. Dan terbukti dengan pengelolaan yang profesional akan menaikkan citra yang bersangkutan.

#10. Endorse Produk

Meng-endorse suatu produk saat ini makin populer seiring naiknya popularitas Instagram. Tidak artis atau selebritis saja yang digunakan untuk meng-endorse suatu produk. Bila seseorang dianggap cukup populer dan mempunyai banyak follower, pasti akan terbuka peluang untuk bekerja sama dengan pemilik produk yang sedang mengembangkan pemasarannya.

Dulu seseorang yang berpenampilan menarik banyak yang bersedia untuk meng-endorse produk tanpa bayaran. Hanya diberi produk dan namanya makin populer saja, karena wajahnya sering muncul karena produknya diiklankan. Namun karena persaingan antar penjual makin ketat, maka tidak ada yang namanya gratis lagi. Semua ada imbal baliknya. Semakin banyak follower seseorang, akan semakin tinggi nilai kontraknya untuk meng-endorse.

 

Masih banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan selain 10 bisnis online terbaik versi kami ini. Anda bisa mengkreasikan sendiri bisnis online Anda. Coba saja dengan tekun sampai memberi hasil.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.