10 Manfaat Mendengarkan Musik

10 manfaat mendengarkan musik

Musik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai penelitian tentang manfaat musik sudah banyak dilakukan. Salah satunya adalah manfaat musik sebagai obat. Dalam hal ini musik melakukan segala sesuatu mulai dari mengurangi kecemasan hingga membantu Anda tertidur di malam hari. Jadi, teruskanlah dan mainkan lagu kesenangan saat Anda membaca daftar 10 manfaat mendengarkan musik ini.

Dikutip dari Health Fitness Revolution karya penulis buku ReSYNC Your Life – Samir Becic, berikut 10 manfaat mendengarkan musik.

  1. Meningkatkan IQ dan Fungsi Akademik:
    Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti pelajaran musik sering melakukan prestasi akademik yang lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian pada anak-anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran piano atau menyanyi didapatkan secara signifikan meningkatnya IQ dan prestasi akademik yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak mengambil pelajaran.
  2. Meningkatkan daya tahan latihan.
    Studi menunjukkan bahwa dengan mendengarkan pada trek latihan level teratas dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan daya tahan latihan selama sesi yang sulit. Saat kami berfokus pada album favorit kami, kami tidak menyadari bahwa kami baru saja melakukan latihan ekstra sehingga meningkatkan reputasi kami.
  3. Mempercepat pemulihan pasca latihan.
    Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan musik setelah berolahraga dapat membantu pemulihan tubuh lebih cepat. Dengan mendengarkan musik yang lembut dapat membawa pengaruh efek santai.
  4. Mengurangi stres dan kecemasan.
    Mendengarkan musik dapat membantu menurunkan hormon tingkat stres yang disebut kortisol, untuk menangkal efek stres kronis. Ini adalah penemuan penting, karena stres yang menyebabkan 60% dari semua penyakit kita. Sebuah studi menemukan bahwa jika orang berpartisipasi dalam kegiatan bermusik dengan menggunakan beberapa instrumen perkusi dan ikut bernyanyi, maka sistem kekebalan tubuh mereka benar-benar terpacu yang efeknya lebih baik dari pada jika mereka mendengarkan musik secara pasif.
  5. Menurunkan rasa sakit.
    Penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dan musik pra-rekaman mengurangi rasa sakit lebih dari perawatan khusus untuk pasien kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa hal itu juga dapat mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif. Musik yang digunakan adalah sejenis klasik, meditatif, atau pilihan pasien.“Satu hal yang baik tentang musik adalah saat menyentuh, Anda tidak merasakan sakit.” Bob Marley.
  6. Membuat Anda lebih bahagia.
    Saat Anda mendengarkan musik, maka Anda melepaskan hormon di otak Anda yang disebut dopamin – neurotransmitter. Valorie Salimpoor, seorang neuroscientist di McGill University menyuntikkan delapan pecandu musik dengan zat radioaktif yang mengikat reseptor dopamin setelah mereka mendengarkan musik favorit mereka. Pemindaian PET menunjukkan bahwa sejumlah besar dopamin dilepaskan, yang menyebabkan para peserta merasakan emosi tertentu seperti kebahagiaan.
  7. Membantu mengakses memori.
    Periset telah menemukan bahwa musik dapat membantu Anda mengenali dan mengingat informasi dengan lebih baik. Peserta mencoba menghafal karakter Jepang sambil mendengarkan musik yang terkesan netral atau positif terhadap mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang berprofesi sebagai Musisi dapat belajar lebih baik dengan musik netral, namun hasilnya menjadi lebih baik saat diuji dengan musik yang menyenangkan. Untuk Non-musisi dapat belajar lebih baik dengan musik positif, namun lebih baik diuji dengan musik netral.
  8. Membantu Anda tidur lebih baik.
    Lebih dari 30% orang Amerika menderita insomnia. Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik lembut selama 45 menit sebelum tidur menunjukkan kualitas tidur lebih baik daripada siswa yang mendengarkan buku audiografi atau tidak melakukan hal yang berbeda.
  9. Mengurangi kemarahan di jalanan.
    Sebuah studi di Belanda menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memberi dampak positif pada suasana hati Anda saat mengemudi, sehingga mengarahkan pada perilaku yang lebih aman.
  10. Membantu pasien Alzheimer mengingat.
    Musik dan Memori, organisasi nirlaba pasien dengan demensia terkait usia, Alzheimer dan lain-lain. Mereka ingat siapa mereka atau bahkan kenangan masa lalu mereka yang mereka miliki dengan mendengarkan beberapa lagu lama dan bermakna. Dr. Mosqueda adalah direktur Geriatrics di University of California di Irvine School of Medicine dan menguraikan bahwa karena musik menyentuh begitu banyak area otak, ia merangsang jalur yang mungkin masih sehat

Demikian 10 manfaat mendengarkan musik yang paling utama. Masih banyak lagi manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat kita rasakan manfaatnya.

Baca juga : Manfaat Belajar Kelompok Menurut Para Ahli

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.