5 Anak Muda Indonesia Yang Sukses Jadi Pengusaha

Jaman dulu untuk menjadi pengusaha itu bukan pilihan yang utama. Karena anggapan turun temurun, bahwa yang namanya bekerja itu adalah menjadi pegawai. Paling top adalah jadi pegawai negeri. Kalau tidak berhasil sebagai pegawai negeri barulah menjadi pegawai swasta. Kalau kepepet banget ingin mendapatkan penghasilan tapi semua lamaran kerja ditolak, barulah membuang gengsi untuk kemudian membuka usaha sendiri. Naah..karena kepepet inilah biasanya otak kreatif mulai bermain. Karena tidak ada pilihan lain kecuali harus sukses di bidang yang ditekuni. Dan memang salah satu ciri pengusaha sukses adalah kreatifitas menghadapi persoalan. Bagaimana mengelola masalah diri sendiri atau orang lain dan kemudian menjadikannya peluang untuk lebih sukses. Hal ini seperti yang dilakukan oleh 5 Anak Muda Indonesia Yang Sukses Jadi Pengusaha dalam artikel ini.

Saat ini pola pikir dan  kondisi di masyarakat Indonesia sudah jauh berbeda. Banyak sekali orang-orang muda yang sejak kecil sudah bercita-cita jadi pengusaha. Banyaknya sumber informasi yang mudah diakses serta banyaknya pelatihan serta bimbingan turut serta mempengaruhi hal tersebut. Ditambah lagi nilai dan harkat Pengusaha yang semakin tinggi.

Kisah 5 Anak Muda Indonesia Yang Sukses Jadi Pengusaha.

Sebenarnya banyak sekali anak-anak muda Indonesia yang sukses jadi pengusaha di usia yang relatif sangat muda. Disaat sebagian teman-teman mereka lebih senang menghabiskan waktu untuk bermain atau bahkan berfoya-foya. Tapi karena dengan berbagai dorongan dan keadaan, mereka lebih memilih untuk mengasah kemampuan dan bekerja keras di dunia usaha sampai sukses. Namun kali ini kami hanya menuliskan 5 Anak Muda Indonesia Yang Sukses Jadi Pengusaha sebagai sumber inspirasi untuk memulai usaha.

rico huang, 5 anak muda Indonesia yang sukses jadi pengusaha

  1. RICO HUANG. 
    Saat ini Rico Huang dengan ribuan resellernya yang dia sebut Pasukan Alona telah menancapkan diri sebagai Pengusaha Muda yang layak diperhitungkan. Usianya baru 22 tahun, tapi pola pikir dan pengalamannya di bidang bisnis sudah jauh ke depan. Bahkan saat ini sudah menjadi Mentor untuk para Reseller dan orang lain yang ingin mengembangkan diri sebagai Pengusaha. Bahkan ayahnya pun dia arahkan untuk berbisnis dengan pendekatan tehnologi masa kini, yaitu menggunakan tehnologi Internet. Hasilnya sangat menggembirakan. Ayahnya yang semula adalah pedagang arloji kecil yang mengandalkan hasil penjualan dari toko fisik, kemudian diajarkan untuk membuat toko online di market place seperti misalnya Tokopedia. Hasil penjualannya menunjukkan grafik yang meningkat secara signifikan. Tentu saja keberhasilan Rico Huang saat ini tidak diperoleh dengan instan. Karena dia mulai mengasah kemampuannya sejak dia masih SMP. Dengan menjual berbagai dagangan seperti nasi uduk, kaos oblong dan lain-lain. Sampai dia mendapat arahan dari seorang Mentor agar dia membuat Brand dan mengembangkan Reseller. Dia mengikuti saran itu dan memadukannya dengan perkembangan media sosial yang terbukti memang sangat bagus dalam menjadikan dia sukses seperti saat ini.

Baca juga : Kisah Sukses Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

  1. DIAN PELANGI.
    Nama yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya di bidang desain fashion. Dian Pelangi Company dengan desainer utama Dian Pelangi sendiri, adalah salah satu perusahaan busana muslim terkenal di Indonesia. Lulusan dari Ecole Superieur des Arts et Techniques de la Mode (ESMOD) pada 2008 dengan nilai yang memuaskan. Tidak heran kalau kemudian pada usia 21 tahun sudah memposisikan diri sebagai Desainer yang sangat diperhitungkan. Walaupun dia adalah desainer yang multitalenta, tapi kreatifitasnya lebih dikenal di panggung busana muslim di Indonesia maupun mancanegara. Inspirasinya adalah pelangi yang begitu kaya warna. Dian selalu berusaha menggali kekayaan budaya Indonesia. Tie dye yang cerah, songket yang indah, sampai batik yang mewah. Pada akhir 2011, Dian Pelangi diundang ke Paris untuk mengikuti The International Fair of Muslim World di Le Bourget dan memastikan jejaknya sebagai salah seorang desainer muda Indonesia yang patut diperhitungkan.

  1. ELANG GUMILANG.
    Pengusaha termuda di dunia property ini memang luar biasa. Bidang yang ditekuni juga sangat tidak biasa untuk anak muda seusianya pada waktu itu. Karena dunia property memang dikenal sebagai bidang usaha yang butuh mental dan modal kuat. Namun karena bekal kemampuan bisnis yang diasahnya sejak di bangku sekolah menengah, maka dia bisa dikatakan sangat sukses saat usianya masih relatif muda.

Baca juga : Bisnis Online Terpercaya Modal Kecil

Tentu saja kesuksesan itu butuh kerja keras dan dukungan pihak lain. Tapi yang paling penting adalah bagaimana memotivasi diri sendiri untuk terus bergerak maju, walaupun banyak sekali hambatan dari luar dan dari dalam. Dan dia sudah mengalami pahit getirnya berbagai persoalan bisnis. Namun dia tidak menyerah. Terus berusaha mencari solusi dengan memasrahkan hasilnya pada Allah Yang Maha Esa. Itulah sikap positip yang patut diteladani dari 5 anak muda Indonesia yang sukses jadi Pengusaha.

 

  1. ATINA MAULINA & INTAN FAUZIA KUSUMA.
    Kakak beradik yang kompak ini sukses membawa brand Vanilla Hijab ke pentas busana muslim di Indonesia yang pengemarnya sampai ke kawasan Asia Tenggara. Atina adalah konseptor desainnya dan Intan adalah CEO nya. Tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan untuk membawa produk ini menjadi sangat digemari. Butuh kerja keras dan evaluasi perbaikan terus menerus agar senantiasa bertahan di hati dan pikiran para penggemarnya yang junlahnya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan itu. Apalagi produk fashion yang pergantiannya relatif cepat, sehingga memerlukan kreatifitas tinggi agar terus bertahan. Ditambah lagi dengan maraknya pembajakan karya cipta dan brand di Indonesia yang mengharuskan untuk selalu waspada terhadap pihak-pihak yang merasa tersaingi.

Sistem preorder dan popularitas Instagram sampai sejauh ini mampu membuat produk ini terus berkembang. Sehingga rasa penasaran untuk terus memantau produk-produk terbaru Vanilla Hijab dari para penggemar makin mendongkrak tingkat penjualannya. Tentu saja tidak semua desainnya disukai, tapi mereka terus bergerak maju dan membuat desain-desain yang menyesuaikan diri dengan selera penggemar terkini.

 

  1. YASA SINGGIH.
    Kondisi keuangan keluarga yang tidak baiklah yang mendorong anak muda satu ini menekuni dunia bisnis pada usia muda. Saat itu dia masih di bangku SMP saat sang Ayah terganggu kesehatannya, sehingga memerlukan butuh banyak biaya untuk perawatan. Namun sang Ayah lebih mengutamakan agar uangnya untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Hal ini melecut Yasa Singgih melakukan berbagai kegiatan untuk mencari uang agar keuangan keluarga membaik.

Saat berusia 16 tahun dia mulai merambah bisnis fashion yang relatif baik perkembangannya. Dia menggunakan brand Men’s Republic. Sempat tidak fokus dengan mengambil bisnis kuliner yang bahkan membuatnya merugi. Tapi dia bangkit lagi dengan terus mengembangkan Brand yang telah dibuatnya. Berawal  hanyadari menyediakan sepatu untuk pria, sampai kemudian meyediakan secara  bertahap menyediakan semua perlengkapan pria, mulai dari celana dalam, jaket dan sandal. Dan akan terus berkembang dengan ikat pinggang dan celana.

Memang benar seperti kata Yasa Singgih dalam bukunya Never Too Young to Become a Billionaire. Tidak ada batasan usia untuk jadi orang sukses. Siapapun berhak sukses di usia muda. Temukanlah alasan untuk sukses agar selalu termotivasi untk mencapainya. Dan yang terpenting adalah meyakini diri sendiri berhak dan layak untuk sukses. Seperti 5 anak muda Indonesia yang sukses jadi pengusaha diatas.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.