5 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Uang

5 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal UangInternet mempunyai sistem kesimbangan yang hebat. Khususnya dalam bisnis, internet memberi lapangan kepada siapa saja untuk bermain didalamnya. Siapa pun bisa memulai menghasilkan uang di bisnis online  yaitu siapa saja yang punya akses ke internet. Kuncinya adalah: tidak perlu pengalaman teknis khusus yang dibutuhkan. Anda tidak perlu tahu bagaimana membangun situs web. Anda tidak perlu mengerti tentang pemrograman sama sekali. Anda juga bisa tinggal di mana saja yang Anda inginkan, menetapkan jadwal Anda sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan, tergantung seberapa cepat atau besar Anda ingin bisnis berkembang. Urainnya dapat diikuti di artikel 5 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Uang ini.

Tidak ada pengalaman bisnis atau pemasaran yang dibutuhkan. Ini adalah media kewiraswastaan ​​yang benar-benar demokratis.

Tidak seperti bisnis konvensional seperti bisnis batu bata dan mortir, di internet Anda tidak memerlukan banyak modal awal yang besar. Karena Anda bisa mendapatkan banyak bisnis internet dan berjalan tanpa uang sama sekali karena begitu banyak layanan gratis yang memfasilitasi kemungkinan itu. Misalnya, Anda bisa membuat website atau blog secara gratis menggunakan WordPress atau Blogspot. Atau Anda bisa memanfaatkan situs pihak ketiga seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan lain-lain untuk menjual barang. Anda bebas memanfaatkan platform penjualan mereka.

Dan ini hanyalah awal dari banyak solusi pebisnis awal tanpa modal uang yang tersedia. Berikut mari kita pertimbangkan 5 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Uang.

  1. Dropship

Ide dasar di balik bisnis dropship online adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menyimpan inventaris produk yang besar atau menangani pengiriman apa pun kepada pelanggan Anda.

Itu menghilangkan biaya finansial dan risiko memiliki gudang penuh barang yang mungkin tidak Anda jual, dan kerumitan mengatur untuk mengirim pesanan ke seluruh penjuru negeri atau dunia.

Sebagai gantinya, Anda bekerja dengan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam bisnis dropship. Begini cara kerjanya:

Anda buat daftar produk yang akan Anda jual di situs Anda sendiri dengan mengambil data di platform seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain. Tambahkan keuntungan di harga beli dan tampilkan atau pajang di situs Anda sendiri. Sebarkan ke berbagai saluran promosi agar bisa diketahui target pasar Anda.

Saat salah satu pelanggan melakukan pembelian, kemudian Anda membeli produk dari perusahaan pihak ketiga (pemilik lapak di Tokopedia dan lain-lain) dengan harga lebih rendah.Anda minta mereka mengirimkan produk pesanan tersebut langsung ke alamat Pemesan atas nama Anda. Proses ini semudah meneruskan pesanan dari pelanggan Anda, sebuah proses yang benar-benar dapat sepenuhnya otomatis. Anda bisa sepenuhnya memantau prosesnya secara online sampai barang pesanan diterima Pemesan.

Cukup mudah kan? Dengan system Dropship, Anda dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Anda sangat rendah.

Baca juga : Tips sukses bisnis online dropship

Apa kerugian bagi model bisnis Dropship? Anda harus menemukan pengirim barang bereputasi terkemuka yang dapat diandalkan untuk dikirim ke pelanggan Anda. Jika pesanan terlambat atau tidak keluar – atau produk berkualitas buruk – Anda disalahkan.

Selain itu, karena pasar ini sangat kompetitif, marginnya-yaitu perbedaan antara harga grosir dan seberapa banyak Anda dapat menjual produk untuk-lebih rendah. Tapi tetap saja, ini adalah pilihan untuk memulai bisnis berbiaya rendah atau tanpa biaya yang layak diperhitungkan.

  1. Afiliasi

Pemasaran afiliasi agak mirip dengan dropship namun dengan beberapa perbedaan utama. Dengan model e-commerce ini, Anda tidak menyimpan inventaris produk Anda sendiri, dan Anda tidak perlu direpotkan tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Pada dasarnya, Anda memilih ceruk menguntungkan untuk bisnis online Anda, dan kemudian Anda menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia di ceruk itu. Beberapa situs afiliasi paling populer adalah Clickbank.com, Amazon.com, dan SB1M.  Mereka menawarkan hampir semua produk informasi digital (seperti ebooks, file audio, file video) atau produk fisik yang dapat Anda pikirkan. Khusus untuk SB1M menawarkan produk yang unik, silakan KLIK DISINI.

Cara kerjanya, yaitu Anda menawarkan produk untuk dijual, misalnya di situs blog atau e-commerce Anda. Setiap produk memiliki tautan unik yang dilacak kembali ke akun Anda dengan mitra afiliasi Anda.

Prospek yang mengeklik tautan diambil ke keranjang belanja mitra untuk checkout. Begitu mereka membeli, pembelian itu dicatat dan Anda menerima komisi. Ini bervariasi tergantung pada mitra afiliasi, namun umumnya 5 persen sampai 25 persen, atau 50 persen atau lebih dengan produk informasi digital. Seperti yang Anda lihat, ada sedikit risiko dari Anda dan hampir tidak ada investasi yang dibutuhkan.

Yang harus Anda lakukan adalah menangani pemasaran agar calon pelanggan Anda membeli (melalui media sosial, pemasaran email, blogging, atau metode apa pun yang Anda pilih). Tapi setelah mereka mengklik link affiliasi, itu ada di tangan Anda. Anda tidak perlu mengirimkan produk atau menangani pertanyaan layanan pelanggan. Dan Anda tentu tidak perlu menyimpan inventaris.

Yang harus Anda lakukan adalah fokus pada cara bebas dan berbayar untuk memasarkan bisnis online Anda.

  1. Blogging

Jika Anda suka bercerita dan memiliki keahlian atau minat atau minat untuk suatu topik, Anda siap untuk mulai menghasilkan uang dengan sebuah blog. Dengan layanan seperti Blogger (www.blogger.com), Anda bisa memulai blog Anda secara gratis. Anda juga bisa membuat situs sendiri dan mengamankan hosting sendiri dengan harga murah.

Anda mungkin berpikir blogging adalah semua tentang menulis. Dan bisa jadi jika itu yang ingin Anda lakukan. Tapi saat ini blog sudah berkembang lebih jauh lagi. Anda dapat memposting foto, video, dan link ke situs lain, memposting ulang berita dan artikel lainnya … Apa saja permainannya, sebenarnya, asalkan berkaitan dengan niche Anda.

Konten macam apa yang harus Anda berikan? Apa saja yang menyangkut prospek Anda.  Bagaimana mengatur topik, daftar top-10, komentar tentang tren di niche, tip dan artikel trik Anda. Pada dasarnya, Anda perlu memberikan konten yang bermanfaat. Tidak akan kekurangan ide untuk mengisi blog Anda.

Anda menghasilkan uang dengan berbagai cara.

  • Google AdSense. Iklan bayar per klik ini muncul di blog Anda. Setiap kali seseorang mengklik sebuah iklan (yang seharusnya menyangkut topik yang berhubungan dengan niche Anda), Anda membuat beberapa sen. Jumlah mungkin kecil setiap kali klik, tapi akan terus bertambah secara kumulatif.
  • Banner Iklan. Anda juga bisa menawarkan orang lain untuk memasang iklan banner di blog Anda.
  • Afiliasi. Anda sudah tahu yang ini. Anda menyertakan tautan ke produk yang Anda promosikan sebagai afiliasi, dan setiap kali seseorang membeli produk, Anda mendapat komisi. Dengan blog Anda bisa mengintegrasikan iklan dengan konten agar semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan penjualan. Misalnya, Anda bisa melakukan review produk – yang merupakan konten yang bermanfaat – dan kemudian menyertakan tautan untuk membeli produk di bawah tautan afiliasi.

Berikut adalah beberapa kiat blogging yang berhasil untuk memastikan orang dapat menemukan blog Anda – dan akan terus datang kembali. Ini adalah kunci untuk membangun berikut dan membuat blog Anda menjadi usaha yang menguntungkan.

Anda perlu menyediakan konten yang bermanfaat dengan cara yang menarik. Jika blog Anda membosankan atau informasinya bisa ditemukan di tempat lain, tidak akan ada yang membacanya.

Anda harus memposting konten secara teratur. Orang haus akan yang baru, jadi pastikan Anda memasang artikel, video, atau apapun secara konsisten. Bisa satu posting per hari atau tiga kali per minggu. Apapun itu, pertahankan jadwal yang sama. Scattershot posting sejarah berarti kehilangan pembaca.

Jadilah diri sendiri. Ya, blog Anda seharusnya menghasilkan uang. Tapi Anda tidak bisa hanya membuat promosi pemasaran sepanjang waktu. Fokuslah pada konten yang bermanfaat, sehingga pembaca Anda mengenal, menyukai, dan mempercayai Anda. Kemudian mereka secara alami akan mengklik iklan Anda atau membeli produk yang Anda rekomendasikan.

Lakukan semua ini, dan Anda akan menarik perhatian mesin pencari seperti Google, yang selalu mencari situs dengan konten bermanfaat dan relevan di atas hasil pencarian. Inilah isi pemasaran konten.

Anda bisa memulai blog dalam waktu kurang dari satu jam. Tapi butuh waktu untuk menghasilkan uang saat Anda membangun dan mengumpulkan pembaca, dan hanya sebagian kecil dari orang-orang yang akhirnya membeli produk Anda.

Baca  juga : Cara belajar bisnis online bagi pemula

  1. Video Online

Anda pasti mengenal popularitas Youtube. Ini adalah salah satu situs web terpopuler di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton video berjam-jam selama berjam-jam setiap hari.

Anda dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Walaupun video Anda tidak disengajakan untuk menjadi viral, tetapi seandainya itu terjadi dan ditonton banyak orang di berbagai belahan dunia, maka akan sangat baik bagi Anda.

Strategi bermain di youtube persis seperti di blogging, yaitu memberi konten yang bermanfaat. Sehingga pemirsa selalu menunggu hasil kreasi Anda. Dan kalau ditonton banyak orang, maka dapat dipastikan pundi-pundi uang Anda pasti bertambah.

Anda menghasilkan uang dengan pendapatan iklan. Langkah pertama Anda adalah membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian Anda mengaktifkan monetisasi di setelan YouTube Anda. Pada dasarnya, ini memberi Google untuk menyertakan iklan AdSense singkat dengan video Anda. Hal ini seperti  yang pernah Anda lihat jika Anda menonton video YouTube. Saat pemirsa mengeklik iklan tersebut, Anda akan dibayar.

Beberapa tip untuk membuat video yang tampak profesional (tidak ada peralatan pro mahal yang dibutuhkan):

  • Anda bisa menggunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga Anda dan segala hal lainnya dalam video Anda jernih dan mudah dilihat.
  • Pastikan audio sudah jelas. Jauhkan dari gangguan suara luar seperti hembusan AC, suara berisik di proyek konstruksi dan lain-lain.
  • Gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana seperti seperti Movie Maker, Ulead atau bahkan Microsoft Power Point.

Yang terpenting, ingatlah bahwa video Anda tidak harus kelihatan mewah. Yang penting bisa dipahami alurnya. Berikan saja konten yang bermanfaat dan menarik. Kalau ada yang lucu juga membantu.

Dan untuk memperluas jangkauan video Anda, pastikan untuk memasangnya di halaman bisnis Facebook Anda, Twitter, blog Anda, dan saluran lainnya. Biarkan orang tahu bahwa Anda berada dalam bisnis video sekarang.

Selain pendapatan iklan dari video YouTube, Anda juga dapat menggunakan saluran YouTube ini untuk mempromosikan produk Anda yang lain.

  1. Produk Informasi

Bila Anda memiliki bisnis internet, tidak harus menjual produk fisik. Sebenarnya, produk informasi digital adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang. Di luar pemasaran afiliasi, ini mungkin salah satu cara favorit saya untuk menghasilkan uang secara online.

Tidak ada kekurangan cara untuk membuat produk informasi, namun format yang paling populer meliputi:

Audio: rekaman telekonferensi, wawancara, tentu saja, atau beberapa produk kata-kata lainnya

Video: rekaman webinar yang direkam, sebuah wawancara, bagaimana caranya

Teks: sebuah ebook, buklet instruksi dari beberapa macam, panduan perjalanan

Di masing-masing kategori ini, Anda benar-benar bisa menjadi kreatif dan membuat jenis dan format konten, selama itu menarik dan bermanfaat.

Kemana pun Anda melakukannya, itu adalah pendapatan pasif – uang yang Anda dapatkan saat Anda tidur. Karena Anda meletakkan produk ini untuk dijual di situs web Anda dan pelanggan dapat membeli dan mendownloadnya kapan saja siang atau malam, secara otomatis. Yang harus Anda lakukan adalah memeriksa penjualan secara berkala untuk melihat topik atau jenis produk yang paling laku sehingga Anda bisa menghasilkan lebih banyak dari itu.

Jangan Batasi Diri

Caranya dengan bisnis online adalah memastikan Anda berada di ceruk pasar yang menguntungkan. Jadi, pastikan untuk terus memperhatikan tren, lihat daftar buku terlaris di situs seperti Amazon, Tokopedia dan lain-lain serta pertimbangkan apa yang sedang dibicarakan orang di media sosial.

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu membatasi diri hanya pada salah satu peluang e-commerce ini. Mulailah dengan satu dan mewujudkannya. Kemudian tambahkan arus pendapatan baru yang Anda bisa. Itu akan menumbuhkan penghasilan Anda dan memastikan bahwa Anda memiliki sesuatu untuk hasil kembali jika satu bisnis mulai menurun.

Baca juga : 5 bisnis online yang menguntungkan

Demikian uraian 5 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Uang, semoga bisa menginspirasi.

Segera Mulai dan Jangan Menunggu.

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.