5 Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil

Disaat situasi ekonomi yang melambat, maka secara otomatis banyak perusahaan yang mengambil strategi untuk bertahan dengan merumahkan karyawannya. Sebagian dari para karyawan tersebut memang tetap menerima gaji dengan beberapa tunjangan yang dikurangi. Namun banyak juga yang gajinya pun tidak dibayar penuh, karena menyesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. Bahkan tidak sedikit yang tidak mendapatkan gajinya lagi. Dengan kondisi seperti ini tentu harus diupayakan jalan keluar agar kebutuhan mendasar rumah tangga tetap terpenuhi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keahlian membuat dan atau menjual makanan yang sudah dikenal secara umum. Karena lebih mudah menjualnya. Seperti apakah jenis makanan yang bisa dijual dengan kondisi ekonomi seperti ini? Berikut ini kami sajikan 5 Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil.

5 peluang usaha makanan dengan modal kecil

5 Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil

  1. Membuka Lapak Makanan Kecil.
    Makanan kecil atau kue selalu banyak dicari setiap hari. Dan ini tentu saja sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Kalau kita tidak bisa membuat kue, maka sebaiknya kita membuat lapak makanan kecil ini saja. Modalnya tidak banyak. Lokasinya pun bisa dipindah-ipindah sesuai kondisi keramaian usaha. Paling yang kita butuhkan adalah sebuah meja sederhana, yang penting bersih dan kotak-kotak kecil tempat menaruh kue. Untuk tahap awal kita butuh modal untuk membeli kue di pasar grosir kue atau langsung ke pembuatnya. Tapi seiring dengan bertambahnya waktu dan kepercayaan masyarakat, biasanya malah kita lebih sering mendapat titipan kue untuk dijual dengan sistemm titip jual atau konsinyasi. Jadi kebutuhan modal usaha dan resiko akan makin mengecil. Membuka lapak makanan kecil ini adalah salah satu dari 5 peluang usaha makanan dengan modal kecil yang paling kecil resikonya.
    .
  2. peluang usaha makananMakanan gorengan.
    Gorengan adalah makanan kecil yang selalu menjadi favorit dimana saja dan kapan saja. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah memang sangat digemari kalangan tua dan muda di segala golongan masyarakat. Harga jualnya berkisar dari 500-an rupiah sampai 5 ribuan atau lebih memang relatif terjangkau. Beragan makanan kecil yang bisa dibuat gorengan. Antara lain : tempe, tahu, sayuran dan berbagai daging serta telor yang bisa dikombinasikan satu dengan yang lain. Dengan gerobak atau bahkan meja sederhana saja sudah bisa dimulai usaha gorengan ini. Untuk alat penggorengan dan peralatan lain bisa memanfaatkan yang sudah dimiliki. Kalau sudah cukup modal baru bisa beli yang khusus untuk berjualan. Yang penting jalan dulu. Setelah jalan baru diperbaiki.
    .
  3. Roti Bakar.
    Roti Bakar ini sebenarnya cukup mudah dan tidak mahal modalnya. Paling yang perlu dibeli adalah Wajan ceper khusus untuk membakar atau memanggang roti. Kalau untuk topping atau isian roti bisa dengan wadah plastik yang relatif murah. Demikian juga dengan perlengkapan lainnya. Pada tahap awal kita bisa saja mencontoh yang sudah ada resepnya. Setelah cukup dikenal baru membuat beberapa variasi agar memberi warna baru sebagai pembeda dengan penjual lain.
    .
  4. Mie Ayam.
    Makanan yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya. Mudah membuatnya dan relatif cepat penyajiannya. Beberapa daerah memiliki varian mie ayam sendiri-sendiri. Bakmi Bangka, Bakmi Medan, Bakmi Jakarta, Bakmi Wonogiri, Bakmi Banyumas dan Cwi Mie Malang adalah beberapa contoh variasi sajian Mie Ayam. Yang membedakan adalah kombinasi bumbunya seperti perpaduan bawang putih, bawang merah, kemiri, lada dan bumbu-bumbu lain sesuai selera pembuatnya. Toppingnya juga berbagai macam variasinya. Kita bisa memulai dengan bagaimana selera masyarakat setempat saja, agar lebih mudah berjualan. Sebelum membuat variasi yang lain. Baca juga : Peluang Bisnis Online Rumahan Terbaru
    .
  5. Nasi Goreng. 
    Saat ini Nasi Goreng telah memiliki variasi olahan yang sangat banyak. Bumbu-bumbu dan bahan-bahan lain yang digunakan juga makin banyak. Sehingga variasinya juga makin banyak. Pada awalnya yang banyak berkeliling menjajakan nasi goreng adalah pedagang dari daerah Wonogiri dan Solo serta dari Madura. Sampai mereka menemikan lokasi yang tepat dan akhirnya menetap. Rasanya juga tidak terlalu berbeda jauh. Namun saat ini variasinya makin berkembang dengan beberapa yang terkenal diantaranya nasi goreng kambing, nasi goreng Aceh, nasi goreng hongkong dan lain-lain. Dengan peralatan dapur yang ada kita sudah bisa memulai usaha ini. Dan ini adalah salah satu unggulan dari 5 peluang usaha makanan dengan modal kecil yang populer.

Masih banyak peluang usaha makanan yang lain selain dari 5 peluang usaha makanan dengan modal kecil diatas. Dan kita bisa melihat dan mengetahuinya jika berani mencobanya langsung setelah melakukan pengamatan yang seperlunya. Tidak perlu perencanaan yang rumit. Hanya perlu tekad dan motivasi yang kuat serta dilandasi mindset petarung yang siap menang.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.