7 Cara Memulai Bisnis Online

7 cara memulai bisnis onlineMungkin Anda sudah mengikuti berbagai latihan bisnis. Baik bisnis online maupun bisnis konvensional. Dan kemudian membaca banyak literatur atau berbagai artikel tentang bisnis. Tapi Anda masih belum bisa memastikan, apakah bisnis online yang akan dijalankan bisa berhasil. Dengan 7 cara memulai bisnis online inilah biasanya kami berhasil melakukannya. Selamat mencoba

7 Cara Memulai Bisnis Online Berdasarkan Pengalaman Praktek.

#1. Mencari produk yang dibutuhkan masyarakat

Menjalankan bisnis tanpa produk adalah omong kosong. Produk yang dijual tidak harus milik sendiri. Bisa saja produk tersebut dimiliki pihak lain dan kita bekerja sama dengan pihak tersebut untuk memasarkannya. Masalahnya produk apakah yang diminati masyarakat? Mari kita lakukan riset sederhana sebagai berikut :

  1. Buka www.google.co.id, kemudian ketik kata kunci produk yang ingin dijual, misalnya JILBAB INSTAN. Perhatikan gambar dibawah ini. 7 cara memulai bisnis onlineTernyata jumlah pencarinya besar, yaitu sekitar 1.440.000.
  2. Untuk mengetahui tingkat kompetisinya, ketikkan : allintitle:jilbab instan. Dan hasilnya lihat gambar berikut ini :
    Ternyata jumlah yang menggunakan kata kunci itu sangat banyak. Kesimpulannya adalah kompetisi produk Jilbab Instan sangat berat. Bagaimana solusinya?
  3. Cobalah menggunakan variasi kata kunci, misalnya JILBAB INSTAN KEKINIAN. Perhatikan gambar-gambar berikut ini : Ternyata hasilnya adalah : jumlah pencari banyak dan kompetisinya lebih rendah walaupun masih agak berat untuk pemula.
  4. Lakukan berbagai variasi kata kunci seperti diatas. Lakukan juga untuk berbagai produk sehingga diperoleh kondisi ideal, yaitu jumlah pencari minimal 300.000 dan jumlah pengguna kata kunci kecil, misalnya dibawah 100. Makin kecil pengguna kata kunci makin baik, karena kompetisinya makin rendah. Harus sabar saat melakukan riset mencari produk ini. Angka-angka tersebut adalah angka ideal. Tapi misalkan ketemu produk dengan jumlah pencari dibawah 300.000 dan jumlah pengguna kata kunci juga kecil, coba saja untuk menjual produk tersebut. Karena suatu saat produk tersebut meningkat pencarinya, posisi Anda sudah diatas dan mudah ditemukan.
  5. Carilah beberapa produk untuk dijual. Nanti dilihat produk mana saja yang laku dan diutamakan untuk dijual lebih intensif.

Dari 7 cara memulai bisnis online, proses riset inilah yang terpenting. Karena akan dapat dibaca peta bisnis online yang sesungguhnya dan bagaimana cara masuk kedalamnya.

Baca juga : Inspirasi bisnis online yang menjanjikan

#2. Mencari sumber produk

Setelah mendapatkan beberapa produk untuk dijual, sekarang kita cari sumber produk tersebut. Pencarian pertama kita lakukan secara online di Google dan di marketplace.

  1. Untuk pencarian di Google atau mesin pencari lain, ketikkan kata kunci Grosir + kata kunci, Distributor + kata kunci, Agen + kata kunci, pabrik + kata kunci, produsen + kata kunci dan seterusnya. Pokoknya yang menunjukkan orang yang melayani penjualan partai besar. Bukan penjualan eceran. Misalnya Anda ketik : Grosir Jilbab Instan Kekinian.
  2. Untuk di marketplace dapat kita cari di beberapa tempat seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Carilah yang penjualannya tinggi dan ratingnya bagus. Bandingkan satu sama lain mulai dari harga, pelayanan serta review atau ulasan pengguna. Silakan baca : Tips sukses bisnis online dropship.
  3. Sumber produk juga bisa dicari di media sosial seperti di Facebook dan Instagram. Cuma kalau mencari disini harus sabar, karena harus memilah, membaca ulasan dan menghubungi satu persatu. Silakan baca uraiannya di : Cara mencari supplier di Instagram.
  4. Kita juga bisa mencari sumber produk di lingkungan sekitar kita. Dan seringkali kita akan menemukan hal-hal yang mengejutkan saat melakukan pencarian ini. Misalnya kita menemukan produk-produk lain yang nilainya tinggi dan bisa dijual secara online, tapi penjualnya secara online masih sedikit atau bahkan belum ada. Dan ini tentu saja seperti menemukan harta karun.

#3. Mempelajari Kompetitor

Saat melakukan riset pencarian produk kita bisa sekaligus melakukan riset terhadap para kompetitor. Kita bisa mempelajari keunggulan dan kelemahan mereka. Sehingga saat memulai bisnis online nanti sudah ada gambaran apa saja yang harus dilakukan. Proses ke tiga dari 7 cara memulai bisnis online ini harus terus dilakukan, karena setiap saat mereka pasti akan mengubah cara berjualan sesuai perkembangan.

#4. Membuat gambar dan video produk

Gambar dan video menjadi andalan dalam memasarkan suatu produk di bisnis online. Proses ke empat dari 7 cara memulai bisnis online ini harus dilakukan dengan cermat, karena gambar menjadi titik fokus pencarian suatu produk. Sebelum membaca suatu artikel biasanya perhatian lebih tertuju pada gambar atau video.

Selalu cantumkan nomor kontak dalam setiap gambar atau video yang dibuat, agar Anda atau perusahaan Anda mudah dihubungi calon pembeli. Juga hal ini untuk mencegah penggunaan gambar atau video secara tidak sah oleh kompetitor.

Buatlah video yang menarik dengan judul video yang memancing orang untuk menyaksikan. Anda bisa melakukan riset terhadap beberapa produk yang membuat gambar dan video untuk senjata pemasarannya.

#5. Menjual melalui media iklan gratis dan marketplace

Setelah Anda mempunyai produk dan gambar untuk mulai menjual, sekarang tiba saatnya untuk mulai membuka lapak online antara lain :

  1. OLX, di media iklan ini Anda harus melakukan pendaftaran dulu. Ikuti petunjuknya saja. Juga gambar yang ditampilkan adalah gambar asli, bukan gambar hasil editan.
  2. JUALO, ini prosesnya sama dengan OLX. Tinggal mengikuti prosedurnya saja.
  3. Iklan Baris. Banyak sekali media iklan baris gratis yang bisa dimanfaatkan. Buat saja diatas 50 iklan agar  peluang produk Anda untuk ditemukan pembeli juga makin besar.
  4. Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada. Untuk di marketplace ini harus disiapkan email aktif, nomor HP, rekening bank, gambar dan uraian produk. Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Prosesnya cukup mudah. Tinggal mengikuti petunjuknya saja. Khusus untuk Lazada gambarnya harus memenuhi ketentuan mereka. Demikian juga proses pengiriman barangnya.

#6. Menjual melalui media sosial

Inilah cara ke enam dari 7 cara memulai bisnis online yang banyak orang berhasil melakukannya. Untuk menjual melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter dan lain-lain ini butuh kesabaran dalam melakukan prosesnya. Seperti membuat status, mengunggah gambar secara rutin, dan mengunggah video secara rutin. Kalau ada dana cukup bisa juga dengan membuat iklan yang tertarget ke pengguna tertentu.

Banyak cerita sukses menjual di media sosial ini, namun Anda harus terus update lapak jualan Anda. Karena pihak developer media sosial sering mengubah aturan dan tampilan yang bisa mempengaruhi penjualan Anda. Betapapun media sosial ini bukan milik Anda. Ibaratnya Anda hanya menumpang dan harus patuh terhadap peraturan pemiliknya.

#7. Membuat blog atau website

Cara ke tujuh dari 7 cara memulai bisnis online ini sebaiknya setiap pebisnis online melakukannya dengan serius. Karena di website atau blog milik sendiri ini Anda bebas menentukan dan merancang seperti apa tampilannya. Kalau untuk blog atau website gratisan masih ada resiko “hilang”, maka untuk yang berbayar inilah yang perlu dibuat dengan baik.

Dengan membuat blog atau website berbayar Anda membuat benteng atau cadangan saat lapak Anda di tempat-tempat lain suatu saat tergusur. Dengan membuat blog atau website yang menarik, baik dari sisi desain maupun konten, maka peluang untuk ditemukan pembeli juga tinggi.

 

Demikian 7 cara memulai bisnis online yang bisa Anda lakukan. Tidak harus semua dilakukan. Mulailah dengan yang Anda bisa saja. Kemudian secara bertahap melakukan cara-cara yang lain dengan konsisten. Tapi proses riset jangan sampai dilewati begitu saja.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.