7 Jenis Usaha Untuk Aktivitas Setelah Pensiun

Masa Pensiun itu nyata. Bagi orang-orang yang bekerja sebagai karyawan pasti akan mengalami hal ini. Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap masa itu akan tiba. Karena secara alami untuk mempertahankan kehidupan diperlukan adanya regenerasi. Dan yang tergantikan harus rela dan siap untuk menjalani masa berikutnya di dalam kehidupannya. Oleh karena itu agar tidak mengalami perubahan aktivitas yang mendadak, sebaiknya disiapkan berbagai usaha untuk aktivitas setelah pensiun. Karena sudah bertahun-tahun menjalani aktivitas yang padat, kemudian berubah menjadi sangat santai, akan mengakibatkan kekagetan yang tak diinginkan. Bahkan ada yang kemudian jenuh, stress dan sebagainya.

Pilihan Usaha Untuk Aktivitas Setelah Pensiun

Karena banyak yang memang ingin menikmati masa pensiun dengan tenang, biasanya pilihan aktivitas setelah pensiun adalah menekuni hobi, momong cucu, olah raga, berkebun, menulis dan bahkan ada yang sepanjang hari didepan layar TV melihat serial drama Korea alias Drakor ha ha ha.

Apapun kegiatannya selama dapat menjaga kualitas hidup berarti  kegiatan tersebut memang baik. Tapi kalau terlalu menekuni suatu kegiatan dan kemudian membawa keburukan terhadap bidang atau pihak lain, ada baiknya dipertimbangkan untuk menjalani kegiatan yang lain saja.

Baca juga : Bisnis Online Terlaris Yang Patut Dicoba

Beberapa orang yang menjelang pensiun ada yang belum siap, karena masalah pendapatan yang akan berkurang bahkan berhenti. Oleh karena itu diperlukan persiapan usaha yang akan dijalani sebagai aktivitas setelah pensiun. Berbagai usaha berikut ini bisa dipersiapkan dan dilakukan sebagai aktivitas usaha setelah pensiun.

belajar bisnis online

#1. Bisnis Online

Untuk yang pekerjaannya sehari-hari berkutat dengan komputer pasti tidak asing dengan internet. Jadi bisnis online dapat dijadikan pilihan yang baik. Karena sudah mengenal dunia internet, maka tinggal mendalami hal-hal yang berkaitan dengan bisnisnya saja. Dan pendalaman bisnis online bisa dijalani saat istirahat dan setelah pulang kerja. Jadi saat pensiun nanti sudah mahir dan dapat memberikan aktivitas setelah pensiun yang sehat sekaligus memberikan pendapatan yang bagus.

Bisnis online dapat dipelajari dari orang atau komunitas yang memang menekuni kegiatan ini, seperti misalnya SB1M. Komunitas ini anggotanya banyak tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa di luar negeri. Karena menggunakan sistem komunitas yang saling berbagi pengetahuan antar anggota, maka pertumbuhan anggotanya relatif cepat. Dan uniknya lagi walaupun berpusat di Jakarta, tetapi anggota yang diluar kota tetap bisa mengikuti pelajaran atau tutorialnya. Karena semua materi bisa diakses melalui internet. Baik melalui video, teks maupun webinar. Untuk yang berminat bisa menjadi anggota gratis dulu (Free Member). Setelah merasa cocok dan ingin serius menekuninya bisa menjadi anggota berbayar (Premium Member).

Selain SB1M ada juga beberapa orang yang menyelenggarakan kursus singkat bisnis online. Ada yang mengajarkan komplit semua materi, dan ada juga yang mengajarkan per bagian secara mendalam.

Potensi bisnis online ini luar biasa besar. Banyak anak-anak muda yang usia belum mencapai 25 tahun, tapi hasilnya sudah milyaran. Dan potensi bisnis online ini terus meningkat, karena memang saat ini dibutuhkan dan disukai masyarakat.

#2. Usaha Pertanian

Usaha yang sudah ada sejak dulu kala ini memiliki cakupan yang luas. Mulai dari pertanian tanaman pangan, peternakan dan perikanan. Dan tiap bagian memiliki sub-sub bagian lagi seperti bibit, pupuk, alat pertanian, obat-obatan, pengolahan hasil pertanian dan masih banyak lagi.

Banyak yang menekuni bidang pertanian ini sebagai aktvitas setelah pensiun. Dengan pertimbangan sudah mengenal dalam kesehariannya dan dapat memberi manfaat ketenangan jiwa serta memberikan penghasilan yang bagus.

Anda bisa mengambil bidang ini secara khusus di bidang tertentu saja, misalnya membuat toko sarana alat produksi pertanian, pemasaran hasil pertanian, pengolahan bahan pangan atau membuat sarana pembinaan petani.

Sesuaikan dengan minat dan kemampuan yang telah Anda miliki. Berkolaborasilah dengan pihak lain untuk saling membesarkan. Tetap gunakan prinsip kehati-hatian dalam usaha pertanian ini. Jangan terlalu percaya cerita hasil yang terlalu wah.

Baca juga : Inspirasi Bisnis Online Yang Menjanjikan

#3. Bimbingan Belajar

Usaha di bidang pendidikan pada umumnya dan bimbingan belajar pada khususnya terus tumbuh. Dalam kondisi sesulit apapun orang ingin terus belajar. Jadi potensinya akan terus ada. Apalagi kompetisi disegala bidang memaksa orang untuk meningkatkan pengetahuan dan skill nya.

Saat Anda masih aktif bekerja sudah bisa merintis usaha ini sebagai aktivitas setelah pensiun. Anda bisa menjual kemampuan Anda dengan mengajar, atau bisa juga bekerja sama dengan pihak lain untuk mengajar.

Usaha ini relatif sederhana dan tidak membutuhkan banyak persyaratan. Tapi untuk menarik orang agar belajar di tempat Anda harus diberikan nilai tambah, misalnya gratis mengulang sampai lulus tes masuk perguruan tinggi atau mendapatkan pekerjaan.

#4. Laundry Sofa, Karpet dan Spring Bed

Kalau laundry baju sudah banyak yang menjalankannya, maka ada baiknya Anda mengambil pasar khusus ini. Karena untuk laundry sofa, karpet dan spring bed ini butuh pengetahuan, keahlian dan modal yang lebih banyak. Anda pun harus mendatangi pelanggan untuk mengerjakannya. Tapi karena pasarnya khusus, maka harga pun masih lebih bagus dibandingkan dengan laundry kiloan.

Pada musim penghujan, apalagi kalau sehabis banjir, maka pekerjaan laundry khusus ini sangat banyak. Anda bisa menentukan harga lebih tinggi, dengan pertimbangan faktor kesulitan lebih banyak, jika dibandingkan mengerjakan saat kemarau atau cuaca kering.

#5. Rumah Kost atau Kontrakan

Usaha rumah kost atau kontrakan ini tidak memerlukan keahlian khusus. Perhitungannya juga tidak rumit. Tinggal mencari lokasi yang banyak karyawan atau mahasiswa, maka usaha ini bisa dijalankan. Untuk meningkatkan harga sewa dan memenangkan persaingan usaha bisa dengan menyediakan fasilitas yang bagus. Misalnya laundry, catering, internet, transportasi dengan sistem bayar tunai atau kontrak bulanan.

Usaha untuk aktivitas setelah pensiun ini relatif tidak banyak memakan pikiran dan tenaga. Hasilnya pun bagus. Paling investasi tempat yang agak besar. Tapi bisa diatasi dengan bekerja sama sistem bagi hasil.

Baca juga : Sukses Bisnis Online Dengan Sikap Positip

#6. Cuci Mobil dan Motor

Dengan memilih lokasi mendekati area perumahan yang ramai, usaha cuci mobil dan motor sangat layak dipertimbangkan. Pekerjaannya tidak rumit. Operasional sehari-hari juga sederhana. Kesulitan utamanya adalah mencari lokasi usahanya yang dekat perumahan dan memiliki pasokan air untuk mencuci.

Untuk lingkungan perumahan relatif mudah mencari pelanggan. Karena kesibukan kerja biasanya membuat pemilik mobil atau motor lebih suka membayar pihak lain untuk melakukannya. Harga juga masih relatif baik. Tinggal kreatifitas Anda untuk menawarkan jasa lain, seperti semir ban, membersihkan jamur di kaca dan lain-lain.

#7. Waralaba Makanan dan Minuman

Waralaba usaha makanan dan minuman yang sudah terbukti berhasil dalam waktu minimal 4 tahun adalah alternatif yang sangat baik. Anda bisa memilih yang persyaratan modalnya disesuaikan kemampuan Anda. Waralaba yang baik selalu mempunyai syarat dan sistem kerja baku yang terus menerus diperbaiki. Sehingga investor lebih tenang dalam menjalankan usaha waralabanya.

Ada waralaba yang mensyaratkan keterlibatan investor dalam operasional harian, seperti Pecel Lele Lela, Ayam Goreng Amazy dan lain-lain. Ada juga yang tidak melibatkan investor di operasional harian, seperti Indomaret, Alfamart dan lain-lain. Jadi investor tinggal menerima laporan dan bagi hasil bulanan saja.

Jangan asal memilih waralaba yang kelihatan ramai saja. Pelajari dengan seksama mulai dari cara kerja, keterbukaan informasi, pelatihan rutin, dukungan ke pewaralaba dan hal-hal lain yang terkait.

Pilih Usaha Sesuai Kemampuan

Dalam memilih usaha sebagai aktivitas setelah pensiun harus dipertimbangkan betul, apakah aktivitas tersebut membawa manfaat dalam jangka panjang. Jangan hanya tergiur kesenangan sesaat. Tapi malah akan jadi beban di masa nanti.

Masih banyak usaha-usaha lain yang layak dipertimbangkan selain yang diuraikan diatas. Silakan mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan menjalaninya.

 

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.