Perkembangan Alat Pembayaran Elektronik Yang Makin Cepat

Menarik sekali mengamati perkembangan alat pembayaran elektronik yang makin cepat.  Karena banyak transaksi yang bisa difasilitasi dengan metode ini. Bis Transjakarta, Kereta Commuter Line, Gojek, Taksi dan lain-lain banyak memanfaatkan berkembangnya tehnologi ini. Dan uniknya tidak hanya Bank yang mengeluarkan poduk ini. Gojek, Indosat, Doku Wallet dan lain-lain adalah Lembaga Non Bank yang mengeluarkan produk ini.

 

pembayaran elektronik

 

 

 

 

 

Perkembangan yang lebih menarik lagi adalah ternyata pengguna atau User Go Pay jauh lebih besar dari pada User yang dimiliki Bank Mandiri. Ini seperti yang terlihat dari cuitan berikut ini :

Entah sampai dimana nanti perkembangannya. Bisa jadi seperti di Cina dimana sudah sangat jarang yang menggunakan uang tunai dalam bertransaksi. Bahkan beli kebutuhan sayur di pasar saja menggunakan Ali Pay atau WeChat Pay.

Baca juga : Kiat sukses bisnis online di Facebook

Jadi orang lebih takut kehilangan Handphone daripada kehilangan Dompet, karena semua informasi ada di Handphone.

 

 

Pembayaran elektronik di Indonesia.

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang mengembangkan pembayaran secara elektronik miliknya sendiri. Toko Cash adalah nama yang digunakan untuk pembayaran elektronik di Tokopedia. Caranya adalah mengisi saldo di Toko Cash kemudian digunakan saat melakukan pembayaran di marketplace tersebut. Walaupun saat tulisan ini dibuat proses perijinannya masih belum mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia. Tapi saya sempat memanfaatkannya dan mendapatkan banyak kenudahan untuk bertransaksi. Termasuk dapat bonusnya he he he. Saat ini pun Toko Cash masih dapat dimanfaatkan untuk menyimpan bonus cashback nya. Dan bonus tersebut langsung dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Dengan saham Tokopedia yang sebagian diambil oleh Alibaba dari China, akan sangat dimungkinkan Toko Cash menjadi alat pembayaran yang berkembang cepat. Salah satunya adalah dari suntikan pembiayaan yang besar dari Alibaba Group.

Telkomsel sebagai perusahaan telekommunikasi juga mengeluarkan alat pembayaran digital sendiri seperti halnya Tokopedia. Mereka gencar memasarkan T-Cash produk yang bisa digunakan untuk berbagai pembayaran secara elektronik.

Diluar itu masih banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan alat pembayaran elektronik atau digital ini. Contohnya adalah aplikasi Bebas Bayar, aplikasi Kioser dan lain-lain. Aplikasi ini menunjukkan trend positif dengan makin banyaknya yang menggunakan dalam pembayaran berbagai transaksi. Yang menarik adalah aplikasi Kioser yang dikembangkan oleh Muh Yusuf HS. Seorang anak muda energik dan punya wawasan bisnis bagus. Walaupun penggunanya belum banyak, tetapi perkembangannya cukup mengembirakan.

Siapa yang bakal bertahan akan tergantung kekuatan permodalan dan permintaan pasar. Bisa saja merek akan bergabung atau saling mengakuisisi seperti pada bisnis-bisnis yang lain.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.