Alat Pencabut Rumput Liar

Alat pencabut rumput liar yang sederhana namun efektif banyak dibutuhkan. Karena rumput ini adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh dimana-mana. Dan keberadaannya tidak jarang mengganggu. Entah karena tidak cocok tumbuh di taman yang sudah dirancang dengan baik. Ataupun menjadi gulma bagi tanaman produksi di suatu lahan. Dan kalau dicabut dengan tangan membutuhkan banyak energi dan waktu. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan alat untuk meringankan dan mempercepat pekerjaan.

Alat pencabut rumput liar untuk pribadi.

Untuk rumah-rumah pribadi yang memiliki lahan bercocok tanam sangat membutuhkan alat pencabut rumput ini. Karena keberadaan rumput liar yang mudah tumbuh dimana saja tidak jarang sangat mengganggu. Apalagi kalau sedang musim hujan. Dalam waktu singkat area yang ditumbuhi rumput liar cepat bertambah. Sehingga dibutuhkan alat bantu untuk menyingkirkannya.

Berikut beberapa contoh alat pencabut rumput yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Alat pencabut rumput kecil.

alat pencabut rumput liar

Alat ini mirip dengan alat pencabut paku, baik ukuran maupun fungsinya. Cara kerjanya adalah dengan menusukkan ujungnya ke dalam tanah yang ada rumput liarnya, lalu dicongkelkan ke atas. Sangat mudah dan ringan pemakaiannya. Bisa juga digunakan untuk mengambil bibit tanaman yang akan dipindahkan ke media tanam lain. Supaya tidak merusak akarnya. Harga alat ini di kisaran 50 ribu sampai 60 ribu rupiah. Banyak yang menjualnya di toko online.

Untuk alat pencabut rumput liar variasi lain namun efektif juga untuk digunakan bisa, diperoleh dengan harga 30 puluh ribuan. Silakan pilih sesuai anggaran yang tersedia.

Alat pencabut rumput panjang

alat pencabut rumput liar

Untuk lahan yang lebih luas alat pencabut rumput ukuran sedang ini lebih efektif. Karena kita bisa melakukan pekerjaan dengan posisi berdiri. Sebab kalau melakukan dengan posisi jongkok dalam waktu lama tentu akan melelahkan. Aapaagi bagi orang-orang yang sudah berumur. cara pemakaiannya juga relatif mudah. Cukup dengan menusukkan ujungnya ke dalam tanah dengan menginjak pedalnya, lalu dicongkelkan ke atas. Dan rumputnya ikut terangkat. Harganya di kisaran mulai 200 ribuan, Bisa diperoleh di toko pertanian atau di toko-toko online.

Alat pencabut rumput dan gulma

pencabut gulma

Alat ini digunakan untuk lahan yang lebih luas dan tidak hanya rumput liar saja yang tumbuh. Cara pakainya dengan menarik saja di lahan yang akan dibersihkan. Dan rumput serta gulma kecil akan mudah tercabut. Oh ya jangan lupa menambahkan tongkat di lubang tang tersedia. Bahan yang digunakan untuk membuat alat ini adalah plat besi tebal yang ditajamkan dibagian pinggirnya. Lalu dibuat melengkung supaya mudah menariknya saat digunakan. Harganya mulai 60 ribuan di toko online. Banyak pengrajin besi yang bisa membuatnya. Sehingga di tiap daerah yang memiliki lahan-lahan untuk bertani biasanya sudah tersedia di toko-toko alat pertanian.

Variasi lain dari alat pembersih gulma adalah yang disebut Osrok.

osrok pencabut gulma

Alat ini banyak digunakan di banyak lahan pertanian. Bisa dengan mudah mengangkat rumput liar dan gulma kecil. Bisa dibuat sendiri, karena terbuat dari plat yang dibuat lubang lancip ke bawah. Fungsinya untuk menarik rumput dan gulma. Kalau mau membeli cukup dengan harga 40 ribuan saja.

Tentu saja masih banyak variasi alat pencabut rumput yang lain. Yang penggunaannya disesuaikan dengan kondisi lahan masing-masing. Kalau lahannya luas tentu saja lebih baik menggunakan alat yang bermesin. Sebab kalau dibersihkan dengan alat tanpa mesin akan membutuhkan waktu serta tenaga yang lebih banyak. Akibatnya biaya yang dikeluarkan semakin besar. Dan berimbas ke biaya pengolahan lahan yang semakin besar.

Peluang usaha

Mengingat harga tenaga kerja saat ini semakin mahal, maka penggunaan alat-alat bantu seperti ini semakin dibutuhkan. Hal ini tentu baik untuk yang ingin membuka usaha, Karena kebutuhan untuk alat ini jelas sudah ada. Artinya oembeli sudah ada. Tinggal usaha untuk menyediakannya. Bisa dengan membuat sendiri lalu menjualnya. Bisa juga dengan menjadi penyalur alias reseller saja.

 

Baca juga : Ide Bisnis Sederhana Bernilai Milyaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.