bagaimana cara belajar bisnis online

Bagaimana cara belajar bisnis online yang terarah agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal? Apakah dengan belajar sendiri atau harus mengikuti kelas atau pelatihan? Bagaimana memilih kelas pelatihan yang benar? Silakan simak perjalanan saya mempelajari dan mengaplikasikan ilmuu bisnis online berikut ini.

bagaimana cara belajar bisnis online

Bagaimana cara belajar bisnis online yang telah saya lakukan.

Pada awal tahun 2000 saya membuka usaha yang berhubungan dengan dunia online berupa warung internet atau warnet. Usaha tersebut adalah pengembangan usaha warung telekomunikasi yang aat itu sedang marak (booming). Saat itu kecepatan jaringan internet masih relatif lambat. Serta providernya juga terbatas. Kalau ada yang menyediakan jaringan yang cepat pasti harganya mahal, sehingga jika dihitung biaya operasionalnya tidak menguntungkan. Jadi kami bertahan dengan yang ada saja. Yang penting bisa mengikuti perkembangan tehnologi yang saat itu masih tergolong langka. Dan tidak menjadi rugi secara bisnis.

Baca juga : Belajar bisnis online tanpa modal produk sendiri

Keuntungan memiliki usaha warnet saat itu adalah saya jadi mulai mengenal cara mendapatkan uang melalui internet. Antara lain dengan berjualan barang dan jasa secara online, berjualan ebook, menjadi affiliate marketer dan lain-lain. Namun bodohnya saya adalah tidak serius menekuninya. Karena saat itu berjualan barang secara offline menurut saya lebih menguntungkan dibanding melalui online.  Dan ternyata keputusan saya mengabaikan dunia online harus dibayar mahal saat usaha offline saya ambruk. Meninggalkan banyak utang. Sehingga saya mulai lagi melirik bisnis online yang terus meningkat popularitasnya. Potensi bisnisnya juga makin cemerlang. Yang membuat saya ingin tahu bagaimana cara belajar bisnis online yang efektif dan pasti menguntungkan.

Beruntunglah saat saya mulai ingin menekuni bagaimana cara belajar bisnis online yang paling praktis, perkembangan dunia internet sudah sangat maju. Banyak sumber-sumber ilmu yang dapat diperoleh secara gratis. Banyak mentor yang bersedia membagikan ilmunya, baik secara gratis maupun berbayar. Perkembangan software pun sudah jauh maju pesat. Tinggal bagaimana kita memilih mentor dan perangkat pendukung yang tepat dan telah teruji serta terbukti menghasilkan keuntungan.

Saat memulai itu saya mencari cara-cara yang gratis yang penting efektif dan menghasilkan. Cara paling mudah adalah melalui marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Tinggal posting barang dagangan kita. Kemudian mengatur harganya agar bersaing dengan kompetitor lain. Selanjutnya menunggu terjadinya pemesanan barang dari pembeli yang tertarik.

Baca juga : Tips sukses bisnis online dropship

Karena penjualan melalui marketplace terasa kurang, maka kemudian saya disarankan oleh mentor saya untuk membuat website gratisan yang isinya barang yang saya jual. Tapi isi artikel di websitenya tidak asal buat. Harus menggunakan riset dulu sebelumnya untuk menemukan kata kunci yang tepat agar mudah ditemukan calon pembeli. Website gratisan pertama saya adalah https://juragantepungkentang.wordpress.com. Dari website gratisan ini telah memberikan pendapatan yang besar untuk ukuran saya. Dan sampai sekarang masih menjadi andalan saya. Uniknya saya dan mentor saya tersebut tidak pernah bertemu sampai sekarang. Karena pelajarannya diberikan via email saja. Demikian juga hasil koreksinya hasil belajarnya.

Selanjutnya untuk makin mendalami bagaimana cara belajar bisnis online yang lebih jauh lagi, saya belajar ke beberapa mentor lain secara online. Mengingat segi keuangan saya masih terbatas dan masih terikat kontrak kerja dengan suatu perusahaan. Maka saya memilih pelatihan secara online, karena biayanya relatif terjangkau dan secara waktu lebih fleksibel. Dan saya sangat bersyukur karena hasil belajar saya dengan didampingi mentor ini menjadi lebih cepat dan terarah dibandingkan jika mencari-cari sendiri. Karena mentor yang saya ikuti memang pelaku bisnis online yang berpengalaman. Sehingga apa yang diajarkan adalah merupakan pengalaman mereka sendiri. Tidak terbatas teori saja. Kekurangannya belajar secara online adalah ada hal-hal yang menurut saya lebih cepat diserap jika pelajarannya diberikan secara offline. Karena langsung ditunjukkan contoh nyatanya dihadapan kita.

Karena keinginan untuk lebih berhasil lagi di bisnis online ini, maka kemudian saya bergabung di komunitas SB1M sejak akhir tahun 2017. Setelah sebelumnya saya bergabung sebagai Free Member sejak tahun 2014. Dan secara berkala menerima ilmu dan pengetahuan gratis yang dibagikan secara berkala. Tentu saja tidak semua ilmu diberikan. Tapi itu sudah makin membuka saya, betapa besarnya potensi yang akan kita dapat jika benar-benar serius menekuni bisnis online ini. Dan semua ilmu itu dapat diperoleh jika saya bergabung sebagai member sepenuhnya. Ternyata keputusan saya tidak keliru, karena setelah menerapkan ilmu-ilmu yang diberikan, perkembangan bisnis online saya makin maju.

Anda juga bisa bergabung sebagai Free Member dan menerima ilmu gratisnya via email dengan daftar DISINI.

Kunci dari semua kesuksesan adalah pada kesiapan kita sendiri. Jika kita siap sukses dan mengerjakan semua tugas yang diberikan mentor agar sukses, tanpa mengeluh dan cari-cari alasan, maka dengan berkah Tuhan kita akan sukses juga. Tidak ada cara instan untuk sukses. Semuanya melalui proses. Dan Anda adalah manusia terpilih jika mau menjalani proses untuk sukses itu.

Sampai saat ini saya masih terus belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan Mentor. Dan tentu saja sambil terus mengelola bisnis online saya agar lebih baik lagi. Lebih bermanfaat bagi banyak orang. Insya Allah.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.