Bagaimana memulai bisnis fashion online

Bagaimana memulai bisnis fashion online.

bagaimana memulai bisnis fashion online

Di masyarakat modern kebutuhan untuk berpakaian sudah berubah. Dari yang semula hanya untuk melindungi badan, kemudian berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Berbagai macam desain diciptakan untuk memenuhi permintaan berbagai kalangan yang ingin tampil beda. Hal ini bisa kita saksikan dalam berbagai pameran busana atau fashion show yang diadakan di seluruh dunia. Dari desain yang memang biasa digunakan dalam penampilan sehari-hari, samai dengan desain-desain unik untuk dipakai dalam acara tertentu saja. Bahkan ada desain yang sekedar buat koleksi saja. Dan untuk memasarkannya yang dulu hanya melalui saluran konvensional seperti toko atau outlet khusus merek tertentu, sekarang berkembang juga melalui saluran online. Sehingga hal ini menarik minat juga beberapa pihak, baik perorangan maupun perusahaan, untuk mengetahui bagaimana memulai bisnis online fashion online.

Pada masa awal perkembangan bisnis online,hanya mereka yang bermodal besar atau punya pengetahuan internet yang mumpuni yang dapat terjun dalam bisnis online fashion. Namun secara perlahan peta tersebut telah berubah. Hal itu sejalan dengan munculnya aplikasi atau tools yang memudahkan siapa saja untuk bisa berbisnis secara online. Bahkan tanpa memiliki produk pun, saat ini orang sudah dapat ikut berbisnis online. Yaitu dengan sistem dropship. Hal ini berkembang karena saat ini sudah banyak yang mengetahui bagaimana memulai bisnis fashion online. Jadi tidak perlu menunggu punya modal besar untuk memulainya. Untuk Anda yang mempunyai minat berbisnis online di bidang fashion, mari kita ikuti cara-cara yang banyak digunakan selama ini.

Baca juga : Cara bisnis online fashion tanpa modal

Langkah sederhana bagaimana memulai bisnis fashion online.

Mengetahui selera pembeli.

Untuk kondisi saat ini dimana kompetisi bisnis makin ketat, maka selera pembeli lah yang menentukan strategi apa yang akan dijalankan. Dan sebagai pemula di bisnis online fashion wajib hukumnya untuk menuruti selera pembeli. Istilahnya mengikuti kemana arus akan mengalir. Jika pembeli atau orang yang diharapkan akan membeli produk Anda menginginkan jenis A dengan desain ala Z serta kisaran harga di sekian rupiah, maka wajib Anda menyediakan produk seperti itu. Jadi usaha fashion online Anda lebih mudah berkembang. Karena kalau Anda ngotot menyediakan produk fashion lain yang menurut Anda lebih bagus tapi bukan yang diinginkan, bisa jadi produk Anda hanya jadi “pajangan” saja. Menjadi stok mati. Uang modal tidak berputar dan bisa berakhir dengan kebangkrutan.

Untuk itulah penting sekali mengetahui selera apa yang diinginkan pembeli sebelum memulai bisnis online fashion. Sehingga Anda bisa menyusun langkah yang tepat bagaimana memulai bisnis fashion online. Langkah awal sebelum memulai bisnis online bisa dibaca di : 7 cara Memulai Bisnis Online.

Memilih pangsa (share) dan ceruk (nieche) pasar.

Kalau modal Anda cukup besar tidak masalah untuk mengambil semua pangsa pasar yang ada. Walaupun tetap disarankan untuk mengambil ceruk pasar tertentu. Tapi sebagai pemula apalagi permodalan terbatas harus mengambil pangsa dan ceruk pasar tertentu saja. Supaya penggunaan modal lebih efektif dan strateginya lebih fokus. Misalkan Anda bermain di pakaian renang untuk wanita muslim, atau pakaian senam muslim saja.

Cobalah lakukan riset awal produk-produk yang Anda targetkan. Kemudian sesuaikan dengan kemampuan yang saat ini Anda miliki. Kumpulkan data tentang pasar, pembeli, supplier dan kompetitor sedetil mungkin. Data ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatur strategi bagaimana memulai bisnis fashion online. Lebih baik kerja keras di awal melakukan riset, dari pada bergerak tanpa riset yang berpotensi menimbulkan berbagai kesulitan di kemudian hari.

Strategi yang fleksibel dan target yang kaku.

Walaupun sudah melakukan riset yang detil dan menyusun strategi yang cermat, namun tidak menutup kemungkinan adanya perubahan di lapangan yang mengharuskan untuk mengubah strategi. Oleh arena itu saat menyusun strategi dibuat juga ruang untuk melakukan perubahan, namun tidak mengubah tujuan atau target yang telah ditetapkan. Karena dengan target yang tetap dan jelas, maka setiap langkah ada patokannya. Ada panduannya.

Harga, Laba dan Omzet

Tujuan akhir dari bisnis adalah memperoleh laba yang cukup agar dapat terus mengembangkan usaha secara jangka panjang. Laba yang diperoleh bisa untuk membiayai gaji dan operasional usaha serta penambahan aset usaha. Oleh karena itu dengan menentukan target laba yang jelas lebih baik dari pada menentukan target omzet usaha. Karena omzet usaha belum mencerminkan kesehatan bisnis online fashion Anda. Bisa saja omzetnya besar, tapi biaya yang harus dibayar juga besar. Sehingga labanya menjadi kecil, bahkan bisa minus alias rugi.

Baca juga : Cara menentukan harga jual produk

Untuk itulah dalam menentukan harga harus melihat laba yang ingin dicapai. Selain tentu saja melihat harga yang ditawarkan kompetitor. Kalau dari perhitungan labanya kecil dan kompetisinya ketat, sebaiknya Anda memilih bisnis online lain yang masih terbuka untuk mendapatkan laba yang lebih bagus. Daripada harus “berdarah-darah” menghabiskan banyak energi dan permodalan.

Memilih supplier dan pengaturan stok

Modal yang terbatas mengharuskan Anda untuk pandai memutarkannya secara cepat. Jangan sampai menjadi stok mati yang mengganggu perputaran modal Anda. Salah satu hal penting bagaimana memulai bisnis fashion online adalah menjaga arus kas tetap lancar. Sehingga operasional usaha bisa bergerak lincah untuk berkembang. Untuk itulah perlu diatur pengaturan stok secermat mungkin. Dan semuanya terekam dengan baik agar bisa digunakan untuk acuan mengatur stok di masa depan.

Pengaturan stok ini harus mempertimbangkan supplier juga. Apakah stok di supplier selalu tersedia, apakah harus memberi uang muka, apakah supplier bisa memberi penundaan pembayaran agar arus kas lebih lancar dan berbagai hal yang mempengaruhi arus kas Anda. Termasuk dalam hal ini adalah menjaga kualitas produk yang Anda pasarkan.

Untuk menjaga berbagai kelancaran usaha Anda sebaiknya memiliki beberapa supplier. Karena kalau hanya mengandalkan satu supplier sangat rawan. Kecuali produknya spesifik dan tidak ada supplier yang lain.

Program diskon.

Pada waktu-waktu tertentu bisa diadakan program diskon yang diumumkan jauh-jauh hari sebelumnya. Dan waktunya terbatas. Bagaimana memulai bisnis fashion onlne yang terbukti berhasil adalah salah satunya dengan mengadakan program diskon. Program diskon ini mempunyai tujuan antara lain adalah meningkatkan Omzet dan memutarkan stok barang yang kurang laku.

Memang terkesan merugi dengan menjual barang harga rendah, bahkan ada yang dibawah harga beli. Namun secara perhitungan usaha tetap menguntungkan. Karena dengan adanya dana yang cair bisa digunakan untuk membeli produk baru sebagai modal usaha. Dari pada mempertahankan harga tinggi tapi tidak ada yang beli. Dan akhirnya menjadi produk mati yang pasti merugi.

Evaluasi.

Salah satu langkah penting bagaimana memulai bisnis online fashion online adalah melakukan evaluasi pada waktu-waktu tertentu secara rutin. Dengan demikian setiap langkah yang dilakukan terkontrol dan bisa dilakukan perbaikan jika perlu. Tanpa evaluasi tidak akan pernah diketahui apakah bisnis online Anda itu untung atau rugi. Jadi jangan ragu dan harus berani melakukan evaluasi. Walaupun kadang-kadang hasil evaluasinya akan menunjukkan bisnis Anda tidak seperti yang diharapkan semula.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.