Belajar Bisnis Online Dari Nol

Belajar bisnis online dari nol yang efektif.

belajar bisnis online dari nol

Pamor bisnis online yang terus menanjak membuat banyak pihak, baik perorangan maupun kelompok ingin mempelajarinya dengan lebih serius. Berbagai tempat belajar terus tumbuh di berbagai daerah untuk menampung animo masyarakat ini. Ada yang menawarkan program belajar yang tertata rapi seperti sekolah formal, dan ada juga yang sekedar memberikan sesuai keperluan saja. Ada yang menyediakan fasilitas yang nyaman seperti hotel, namun ada juga yang menyediakan tempat seadanya saja seperti garasi rumah, ruang tamu atau kamar kontrakan. Tidak masalah apapun cara dan tempat belajarnya, yang penting peserta pelatihan atau peserta belajar bisa membawa manfaat yang langsung bisa dipraktekkan. Khususnya bagi para pemula, sehingga perlu mengenal cara belajar bisnis online dari nol yang efektif.

Baca juga :

Mindset belajar bisnis online

Dalam belajar bisnis online dari nol atau bisnis konvensional mempunyai mindset yang sama, yaitu bagaimana berusaha terus untuk bergerak maju menghadapi ketidak pastian. Karena dalam bisnis tidak ada yang benar-benar pasti, sehingga diperlukan kecermatan menghitung segala sesuatunya sekaligus mencari cara – cara kreatif untuk terus bertahan dan bergerak maju. Kalau sesekali gagal atau hasilnya tidak sesuai harapan,maka itu tidak menjadi alasan untuk mundur atau berhenti. Dan akan terpicu serta terpacu untuk berusaha lebih keras lagi menghadapi segala tantangan yang ada.

Oleh karena itu mindset pebisnis harus ditanamkan ketika akan dan sedang menjalankan usaha, antara lain :

  1. Kreatif. Karena bisnis itu sebenarnya adalah memberi solusi atas suatu permasalahan, maka biasakanlah untuk selain memberi solusi yang kreatif juga berusaha menemukan masalah secara kreatif. Tidak hanya melalui satu atau dua sudut pandang saja, tetapi juga berbagai sudut pandang yang bahkan dianggap tidak mungkin.
  2. Belajar tanpa henti. Ya benar. Karena tidak ada yang benar-benar abadi di dunia ini, apalagi dalam dunia bisnis yang perubahannya sering kali tak terduga. Jadi wajib hukumnya untuk terus belajar. Belajar menerima permasalahan dan belajar memberi solusi adalah salah satunya.
  3. Percaya diri. Sebagai pebisnis yang belajar bisnis online dari nol, maka kepercayaan diri ini akan terbina secara bertahap. Seiring dengan kemampuan menghadapi permasalahan dan menyelesaikannya, maka akan semakin naik tingkat kepercayaan diri Anda dan makin berani untuk mengambil keputusan serta mempertanggungjawabkannya.
  4. Membina jaringan usaha dan pertemanan (network). Ini adalah modal yang sangat berharga bagi Anda yang belajar bisnis online dari nol. Banyak pebisnis besar yang dulu dan bahkan sampai sekarang mengawali usahanya dari jaringan pertemanan dan jaringan usaha. Dan hasilnya membuat percepatan bisnis mereka meningkat pesat.
  5. Pandai mengatur emosi. Salah satu kunci penting dalam berbisnis adalah kemampuan mengendalikan emosi. Tidak mencampuradukkan antara urusan pribadi dengan bisnis. Dan menganggap bisnis seperti bermain game yang harus dihadapi dengan penuh ketenangan. Sehingga setiap keputusan dan tindakan serba terukur karena terutama berdasarkan data dan fakta yang nyata.

Membuat peta bisnis online.

Untuk belajar bisnis online dari nol sangat membutuhkan peta bisnis yang ingin dimasuki.  Tidak perlu sampai detil sehingga malah kesulitan untuk memulainya. Tapi paling tidak ada gambaran besar mengenai beberapa hal antara lain :

  1. Siapa saja yang membutuhkan produk Anda dan berapa besar kebutuhannya?
  2. Siapa saja yang sedang bermain di area yang sama dengan Anda?.
  3. Bagaimana strategi mereka untuk merebut perhatian dari calon Pembeli?.
  4. Bagaimana masa depan produk yang Anda pasarkan?. Apakah itu produk yang trendy yaitu hanya bertahan dalam jangka pendek (misalnya : batu akik ) atau produk itu dibutuhkan terus menerus (misalnya : air minum)?.
  5. Bagaimana ketersediaan produk tersebut, apakah selalu ada atau harus dipesan dulu (pre-order)?

Dari mana memulainya?

Setelah Anda mempunyai gambaran lengkap atau peta bisnis online yang ingin dimasuki, selanjutnya adalah menentukan langkah apa saja yang perlu dipersiapkan agar segala yang dikerjakan tidak banyak memboroskan modal dan energi Anda. Hal ini sangat penting bagi Anda yang belajar bisnis online dari nol. Karena berdasarkan pengalaman banyak terjadi karena tanpa perhitungan berbasisrkan data, akhirnya mengalami kerugian bahkan sampai bangkrut tidak lama setelah menjalani usaha.

Selalu ukurlah kemampuan diri. Kalau modal Anda tidak banyak dan butuh makan dari penghasilan harian, jangan melakukan cara-cara yang membutuhkan “napas panjang”. Dalam setiap postingan selalu gunakan cara-cara yang langsung menunjukkan bahwa Anda berjualan produk “X” dan cantumkan nomor kontak Anda. Tidak masalah gaya bahasanya seperti Apa, yang penting produk laku terjual dan mendapatkan keuntungan yang cukup.

Gunakan cara-cara yang Anda kuasai dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit. Kalau Anda baru bisa membuat postingan di iklan baris, maka lakukan saja itu. Buat postingan di semua iklan baris gratis setiap hari. Kalau sudah bisa membuat blog atau video, maka buatlah artikel yang berdasarkan riset kata kunci terpilih. Dan buat postingan sebanyak mungkin setiap hari. Anda juga bisa membuat postingan di berbagai forum seperti di liputan6.com, Kaskus dan lain-lain.

Bekerja tanpa ampun.

Ibaratnya Anda sedang membuat bendungan di musim hujan dan akan memanen airnya di musim kemarau, maka demikian juga saat Anda belajar bisnis online dari nol. Anda harus bekerja keras mengumpulkan kata kunci yang akan Anda gunakan dan kemudian mengembangkannya menjadi artikel atau video. Dan ini adalah pekerjaan yang bisa jadi sangat membosankan. Tapi memang beginilah cara yang efektif untuk menguasainya. Kecuali Anda memiliki banyak modal, maka pekerjaan ini bisa diserahkan pihal lain yang memang sudah ahli. Dan Anda hanya fokus di pengembangan bisnisnya saja.

Praktek, praktek dan praktek.

Cara terbaik untuk belajar bisnis online dari nol adalah praktek, praktek dan praktek. Karena dengan praktek dapat diketahui apakah yang sudah dilakukan sudah tepat atau harus diperbaiki. Dan dengan praktek pula akan bertambah pengetahuan Anda, karena akan menjmpai banyak persoalan yangharus diselesaikan.

Baca juga :

Saatnya panen.

Inilah yang ditunggu, yaitu setelah Anda berhari-hari, berminggu-minggu bahkan sampai bulanan bekerja keras mulai mendapat order atau pesanan. Tentu saja secara bertahap. Semakin keras usaha Anda di awal, maka semakin cepat order akan datang.

Tentu saja dengan makin banyaknya order kemudian selesai tugas Anda. Karena dalam bisnis tidak ada kepastian, sehingga masa depan bisnis Anda, hanya Anda sendirilah yang menentukan. Dan tentu saja atas berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Anda harus terus belajar dan mengamati data-data yang masuk, baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung.

Semoga sukses.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.