Bika Ambon Mini

Bika Ambon Mini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Khususnya bagi yang memiliki modal terbatas. Tetapi mengharapkan keuntungan yang baik dalam waktu singkat. Karena kue ini selain disukai banyak orang ternyata juga tidak susah membuatnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Dan dapat untuk disuguhkan setiap saat. Selain itu menarik juga untuk digunakan sebagai oleh-oleh.

bika ambon mini

Harga jual Bika Ambon yang biasa, yaitu dalam ukuran 18 x 18 cm biasa dijual sekitar 50 ribuan. Harga yang sangat wajar. Mengingat bahan dan proses pembuatannya cukup memakan waktu. Selain itu masa simpannya juga tidak lama. Karena kue ini masuk dalam kelompok kue basah. Dengan bahan-bahan yang biasanya dibuat tanpa pengawet. Sehingga ada resiko cepat rusak.

Kue dengan ukuran seperti diatas, kalau untuk dimakan ramai-ramai tentu tidak ada masalah. Tetapi tidak sedikit orang hanya ingin menikmati sepotong atau 2 potong saja, Dan tidak di semua toko yang menjual dalam bentuk potongan kecil. Itulah sebabnya perlu disiasati membuatnya dalam bentuk mini. Agar semua golongan dapat membelinya. Dan setelah dibuat ternyata bika ambon mini cukup banyak peminatnya. Sehingga ini merupakan peluang yang bagus untuk dikomersialkan. Dapat dijadikan sumber penghasilan yang baik.

Baca juga : Molen Mini Gurih dan Renyah

Resep Bika Ambon Mini

Bahan :

  • 150 Tapioka
  • 75 gr Terigu protein sedang
  • 75 gr Margarin, dicairkan
  • 3 btr Kuning telur, dikocok lepas
  • 250 ml Santan kental
  • 150 gr Gula pasir
  • 6 gr Ragi instan
  • 3 gr Garam
  • 1 btg serai
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun pandan

Cara Buat :

  1. Haluskan serai, daun jeruk dan daun pandan, serta 50 ml air dengan blender.
  2. Saring dan campurkan ke santan kental sampai mencapai volume total 300 ml.
  3. Buat adonan biang, dengan mencampurkan ragi instan, 1 sdt terigu, 1 sdt gula dan sedikit air. Aduk rata. Sisihkan sampai kelihatan buihnya.
  4. Buat adonan Bika Ambon Mini :Campurkan tapioka, terigu, gula pasir dan adonan biang. Aduk rata.
  5. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  6. Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas, sambil adonan diaduk.
  7. Tambahkan margarin cair dan garam. Aduk sampai rata. Untuk pengadukan bisa juga digunakan mixer.
  8. Adonan diistirahatkan dengan wadah tertutup sampai mengembang 2 kali lipat.
  9. Setelah adonan mengembang kemudian dicetak dengan api kecil.
  10. Kue Bika Ambon Mini siap disajikan untuk keluarga atau dijual.

Catatan :

  1. Pembuatan adonan biang untuk memastikan apakah raginya masih bagus atau tidak.
    Kalau kita yakin raginya bagus tidak perlu dibuat adonan biang. Tapi langsung dicampurkan saja semua bahan.
  2. Serai, daun jeruk dan daun pandan bisa juga dimasak bersamaan dengan santan kental. Kemudian disaring sampai mendapatkan volume 300 ml.

Video pembuatannya bisa dilihat dibawah ini :

 

Berapa harga jual bika ambon mini ini?

Harga bahan kue di setiap daerah berbeda, Tapi untuk ukuran di Jabodetabek biasa dijual seharga 2000 rupiah. Harga yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun utama. Karena harga bahan baku satu resep diatas adalah sekitar 12.000 rupiah. Bisa dibuat menjadi 16 kue. Jadi per potong biayanya 750 rupiah. Jika ditambah harga kemasan dan lain-lain anggaplah total menjadi 900 rupiah. Jadi masih diperoleh selisih 1.100 per potong, Jika dijual melalui pedagang lain dengan cara titip jual masih bisa diperoleh selisih 600 rupiah per potong.

Jika dijual sendiri dan bisa laku 150 potong,maka bisa diperoleh keuntungan  165.000 sehari. Sebulan bisa dapat 4,950,000 rupiah. Sangat lumayan. Kalau dijual dengan sistem titip jual akan diperoleh penjualan yang tinggi karena area penjualannya makin luas. Tapi dibutuhkan pengelolaan yang lebih baik, jika dibandingkan dijual sendiri. Kalau bisa mendapatkan hasil yang lebih baik sudah tentu layak untuk dicoba. Dan bagus juga untuk dipasarkan melalui internet. Karena jaman sekarang dan nanti orang belanja akan makin banyak yang lewat internet.

 

Salam sukses.

Juragan Tepung Kentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.