Bisnis Online Untuk Pemula

bisnis online, cara membuat bisnis online, kerja online, bisnis online pemula, cara membuat website, cara bisnis online, cara mendapatkan uang dari internet, peluang usaha online, tips usaha onlineBisnis Online atau e-business adalah segala bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan akses internet. Bisnis online ini bisa menggunakan sebagian aktivitas bisnisnya melalui internet atau bahkan sepenuhnya mengandalkan internet. Produk yang terdapat dalam bisnis online bisa berupa barang dan atau jasa. Semua orang bisa terlibat atau melibatkan diri dalam bisnis online. Karena sebenarnya aktivitasnya mirip dalam bisnis konvensional, hanya saja dalam bisnis online tidak diwajibkan memiliki kantor atau outlet secara fisik. Kamar tidur atau kamar kos pun sudah bisa digunakan sebagai kantor atau outlet. Bahkan untuk produk jasa tidak memerlukan alamat yang tetap. Yang penting aktivitas pengelolanya bisa mengakses jaringan internet.

bisnis online untuk pemulaSyarat memulai bisnis online.

Sebagai sebuah bisnis tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain :

  1. Akses internet. Ini syarat wajib yang harus ada. Kalau bisa dengan akses internet yang cepat, sehingga akan makin memperlancar aktivitas bisnis online nya. Jadi harus dianggarkan biaya khusus untuk mendapatkan kuota internet yang memadai.
  2. Gadget. Perangkat komunikasi telepon genggam atau handphone yang bisa mengakses internet wajib hukumnya. Karena kondisi saat ini sudah sangat sulit melakukan aktivitas bisnis online tanpa terhubung dengan Handphone. Pilih saja handphone yang sesuai budget Anda. Yang penting bisa memenuhi syarat minimal yang diperlukan untuk bisnis Anda. Paling tidak bisa untuk aplikasi Whatsapp, BBM, Line, Facebook, Youtube, Tokopedia, Bukalapak dan beberapa aplikasi bisnis lainnya. Tentu saja harus bisa browsing dan mengkases Google.
  3. Laptop atau Komputer. Dengan adanya perangkat ini akan makin memudahkan dan meningkatkan bisnis online Anda. Anda bisa menyatukan pekerjaan dari pembuatan website, bermain di media sosial sampai ke pekerjaan administrasi. Tapi kalau tidak ada perangkat ini Anda masih bisa melakukan aktivitas bisnis. Hanya agak kurang leluasa saja.
  4. Punya produk untuk dijual. Produk ini tidak harus Anda miliki sendiri. Bisa saja milik orang yang Anda kenal, seperti saudara, tetangga, atau kenalan Anda lainnya. Anda bisa juga mencari di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain.
  5. Punya rekening bank. Ini syarat wajib kalau ingin berbisnis online. Karena transaksi pembayaran ke supplier dan menerima pembayaran dari pembeli bisa lebih mudah dilakukan.

Memulai bisnis online

Setelah memiliki perangkat untuk memulai bisnis online, selanjutnya Anda harus menentukan produk yang akan dijual. Produk ini bisa berupa barang atau jasa. Produk berupa barang yang banyak dibutuhkan antara lain :

  1. Produk kesehatan, misalnya : obat pelangsing.
  2. Fashion, misalnya busana muslim.
  3. Produk Kecantikan, misalnya : cream pemutih kulit.
  4. Apparel, misalnya : sepatu, tas dan lain-lain.
  5. Gadget, misalnya : handphone.
  6. Peralatan dapur
  7. Produk Hobi, misalnya : alat pancing, drone dan lain-lain.
  8. Mainan Anak.
  9. Barang elektronik.
  10. Produk khas daerah, misalnya : batik Solo
  11. dan lain-lain.

Baca juga : 5 Kisah sukses bisnis online ibu rumah tangga

Produk jasa antara lain :

  1. Biro jasa  pengurusan visa tenaga kerja asing
  2. Pembuatan website, SEO dan semua jasa yang terkait.
  3. Guru les privat
  4. Cleaning service
  5. Pawang hujan
  6. dan lain-lain

Anda harus cukup mengenal produk yang akan dijual secara online tersebut. Seperti spesifikasi, harga jual, harga beli dan suppliernya. Termasuk juga ekspedisi yang akan digunakan untuk pengiriman nantinya.

Setelah menentukan produk apa saja yang akan dijual,maka langkah selanjutnya adalah kita menentukan tempat untuk meletakkan produk tersebut agar bisa dijumpai orang yang membutuhkan. Tempat tersebut adalah :

  1. Blog atau website. Boleh yang gratisan saja (misalnya wordpress atau blogspot) kalau modal terbatas dan memang pesaingnya tidak banyak. Lebih baik kalau punya blog atau website yang milik sendiri alias berbayar. Karena kita punya kontrol penuh atas blog atau website tersebut. Kalau kesulitan Anda bisa mencari orang yang bisa membuatkannya untuk Anda. Yang penting isinya dan apa saja yang ingin dimuat dalam website tersebut harus Anda yang menentukan. Jangan lupa cantumkan nomor kontak Anda disitu. Supaya calon pembeli bisa segera menguhubungi Anda.
  2. Media sosial seperti Facebook, Line, Instagram dan beberapa yang lain bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada calon Pembeli. Manfaatkan sebaik-baiknya fasilitas yang telah disediakan mereka.
  3. Manfaatkan Youtube untuk menampilkan produk Anda dengan lebih menarik dalam bentuk video.

Anda harus menumbuhkan dan merawat media-media tersebut agar makin banyak dikenal dan mudah ditemukan calon Pembeli. Caranya dengan membuat banyak artikel secara rutin di blog atau website dan membuat status yang terukur dan tertarget di media sosial. Juga harus aktif melakukan komunikasi dengan pelanggan dan calon pembeli.

Baca juga : Usaha online yang menguntungkan

Untuk meningkatkan kemampuan ber bisnis online sebaiknya bergabung dengan komunitas yang tepat seperti misalnya SB1M. Disitu Anda bisa belajar banyak hal, mulai dari segi teknis sampai memperluas jaringan bisnis Anda.

CARA TERBAIK MELAKUKAN BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA ADALAH MEMPRAKTEKKANNYA DENGAN BIMBINGAN MENTOR BERPENGALAMAN.

Kalau ingin berbisnis online, tapi masih bingung akan mulai dari mana silakan konsultasi gratis dengan saya Bambang Sajekti di WA/ Call : 0812 8894 7018 .

 

bisnis online, cara membuat bisnis online, kerja online, bisnis online pemula, cara membuat website, cara bisnis online, cara mendapatkan uang dari internet, peluang usaha online, tips usaha online

One thought on “Bisnis Online Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.