Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

bisnis sampingan yang menguntungkan

Bisnis sampingan yang menguntungkan pernah saya dapatkan saat menjadi karyawan di salah satu perusahaan konstruksi. Saat itu aku baru saja mengikuti pelatihan bisnis online yang salah tugasnya adalah menjual produk secara online melalui website. Jenis produknya bebas. Dan disarankan tidak stok sendiri dulu. Alias sistem dropship. Yang penting produk tersebut kalau dijual lagi masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup, supaya makin bersemangat kalau nanti mendapatkan pembeli. Dan sangat bersyukur karena saat itu aku mendapat keuntungan yang cukup lumayan. Hampir sama dengan gajiku sebulan. Yang membuatku makin bersemangat untuk menjual produk-produk lain secara online.

Produk yang cocok sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan.

Bisnis sampingan tentu adalah sebagai sumber pendapatan tambahan saja. Dan sudah tentu waktunya juga tidak banyak. Karena waktu utama adalah untuk pekerjaan lain sebagai sumber pendapatan utama. Oleh karena itu dengan memilih bisnis online sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan adalah tepat. Karena bisnisnya bisa dikerjakan di sela-sela jam istirahat dan setelah jam kerja yang utama. Dan untuk produk yang bisa dikerjakan antara lain :

  • produk yang penggunaannya bisa dijadwalkan, misalnya : produk perawatan kecantikan, produk perawatan kesehatan, bahan baku industri, pupuk dan lain-lain.
  • jasa pembuatan artikel
  • produk digital seperti games dan software/ tools/ aplikasi
  • jasa pembuatan video dan desain grafis
  • waralaba kuliner
  • waralaba ekspedisi
  • jasa pendidikan atau pelatihan jarak jauh
  • dan lain-lain

Apapun  jenis produknya yang akan dijual, pastikanlah tidak banyak mengambil waktu Anda secara berlebihan. Karena harus dipertimbangkan waktu yang disediakan untuk penghasilan utama Anda.

Baca juga :

Cara menjual produk.

Cara Anda menjual produk dalam bisnis sampingan yang menguntungkan akan mempengaruhi efisiensi dan efektiftas penggunaan waktu yang tidak cukup banyak. Menurut pengalaman saya dalam bisnis online, maka cara dropship dan affiliasi adalah cara yang tepat, karena waktu tidak banyak tersita untuk stok produk, pengemasan dan pengiriman barang. Anda hanya perlu membuat brosur penawaran online di website, blog, video Youtube, Instagram, marketplace dan lain-lain. Selanjutnya jika terjadi transaksi, maka pekerjaan dan pengiriman barang diserahkan ke Pihak lain sebagai supplier. Paling waktu terbanyak adalah untuk melayani tanya jawab dengan calon pembeli.

Untuk waktu yang lebih efisien lagi adalah dengan sistem dropship antar marketplace. Caranya dengan mengambil barang di marketplace A kemudian Anda jual di marketplace B. Kalau ada penjualan di marketplace B tinggal meneruskan order ke supplier di marketplace A yang sudah kita pilih. Pastikan suppliernya memang punya rating yang baik, sehingga bisa menjaga rating Anda juga.

Menjual banyak macam produk.

Tidak setiap produk yang ditawarkan akan selalu mendapat respon yang positip atau terjadi penjualan yang banyak. Bisa saja hanya terjual beberapa buah saja. Oleh karena itu Anda harus menjual banyak macam produk, agar kalau salah satu produk gagal menghasilkan penjualan dapat tertutup dengan penjualan dari produk lainnya. Selanjutnya produk yang banyak diminati pembeli bisa Anda tingkatkan promosinya.

Baca juga : Cara mencari uang lewat internet dengan modal HP

Membuat kategori produk.

Buatlah kategori produk yang Anda jual, agar memudahkan untuk membuat analisis produk yang bisa dan cocok untuk dikembangkan penjualannya. Mungkin ada orang yang bisa menjual beraneka macam produk, tetapi menurut pengalaman saya setiap orang diberikan kemudahan untuk mendapat jalan rejekinya pada beberapa produk saja. Contohnya aku sendiri yang lebih mudah untuk memasarkan bahan baku kuliner seperti tepung kentangproduk trendy misalnya payung terbalik Kazbrella. Sedangkan untuk produk lain seperti produk perawatan kecantikan, walaupun bisa terjual cukup banyak, tetapi usaha yang dilakukan sangat banyak memakan energi dibandingkan hasil yang diperoleh.

Buat database produk dan pembeli.

Database dalam bisnis online adalah aset Anda yang sangat berharga. Database bisa Anda kumpulkan sejak awal atau sejak persiapan akan melakukan bisnis sampingan yang menguntungkan secara online. Setiap data penting tentang produk, supplier, importir, distributor, ekspedisi dan semua yang terkait langsung dan tidak langsung dapat digunakan untuk pengembangan bisnis online Anda.

Demikian juga halnya dengan database prospek dan pembeli Anda. Database pembeli khususnya pasti sudah tercatat secara lengkap, karena diperlukan untuk melakukan pengiriman produk. Sedangkan database calon pembeli bisa di follow up nantinya untuk penawaran produk Anda yang lain, atau kalau Anda membuat penawaran program promo.

Pencatatan keuangan.

Wajib hukumnya untuk  membuat pencatatan keuangan dalam bisnis sampingan yang menguntungkan. Karena hanya dengan catatan keuangan yang rapi bisa diketahui apakah bisnis online Anda mendapatkan keuntungan, impas atau malah merugi.

Banyak orang yang menyepelekan masalah pencatatan keuangan, karena dianggapnya merepotkan. Akibatnya sudah tentu akan menyulitkan untuk melakukan pengembangan usaha secara terukur. Semuanya hanya kira-kira saja. Karena patokannya hanya pada penjualan yang banyak saja. Padahal penjualan yang banyak tidak mencerminkan keuntungan yang banyak. Sebab biaya-biaya yang timbul belum diperhitungkan secara detil. Dan kalau dihitung secara detil mungkin saja keuntungannya kecil atau malah merugi.

Carilah partner usaha.

Untuk mengembangkan usaha dengan waktu Anda yang relatif sedikit, maka carilah partner usaha yang dapat membantu Anda secara penuh. Dengan partner usaha yang tepat dan punya visi bisnis yang sama, maka akselerasi atau percepatan bisnis sampingan yang menguntungkan ini akan menjadi bisnis utama Anda menjadi lebih cepat lagi.

Baca juga :

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.