Cara belajar bisnis online untuk pemula

Cara belajar bisnis online untuk pemula menurut pengalaman saya adalah langsung praktek. Tentu saja prakteknya tidak langsung mengerjakan banyak hal dalam waktu singkat, tetapi secara bertahap sesuai pengetahuan awal mereka masing-masing. Hasil praktek ini kemudian dievaluasi untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dari masing-masing peserta. Tingkat keberhasilan yang menentukan kelulusan peserta tergantung kerajinan masing-masing. Kalau rajin mengerjakan tugas yang diberikan Mentor akan semakin cepat mendapatkan keuntungan dari bisnis online.

cara belajar bisnis online untuk pemula

Cara belajar bisnis online untuk pemula yang efektif.

Bagi pemula yang ingin belajar bisnis online secara efektif atau dengan kata lain bisa menghasilkan, akan lebih baik belajarnya secara bertahap. Pemahaman bisnis online itu sendiri akan diperoleh dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Jadi tidak diberikan semua teorinya baru kemudian mempraktekkannya. Karena kebanyakan teori akan kebingungan, sehingga malah takut praktek.

– Bisnis sampingan yang menguntungkan

– Belajar bisnis online dari nol

Dengan asumsi semua peserta yang ingin mengetahui cara belajar bisnis online untuk pemula masih awam, maka pelajaran-pelajaran dasar yang bisa dipelajari antara lain :

  1. Belajar membuat iklan di iklan baris gratis sebanyak mungkin, misalnya memasang iklan satu produk di 50 situs iklan baris secara rutin.
  2. Membuat akun email, akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Path dan lain-lain.
  3. Membuat akun di forum-forum seperti Kaskus, liputan6.com dan forum lainnya.
  4. Membuat gambar dan video produk sederhana dengan kamera HP.
  5. Membuat postingan jualan secara rutin di media-media sosial dan forum.
  6. Belajar memanfaatkan messenger seperti Whatsapp, Line, Telegram untuk jualan.

– Cara buat toko online di Facebook

– Kiat sukses bisnis online di Facebook

Untuk mempraktekkan cara belajar bisnis online untuk pemula itu saja butuh waktu cukup banyak. Sehingga tingkat keseriusan peserta sangat menentukan kecepatan dia memperoleh hasil dari bisnis onlinenya. Semakin giat mengerjakan soal, akan semakin cepat ketahuan mana saja hal-hal yang sudah bagus dan bisa dilanjutkan, serta mana yang perlu diperbaiki agar hasilnya semakin bagus.

Pengetahuan pendukung.

Seringkali ada yang terlupa dalam mempelajari cara belajar bisnis online untuk pemula, yaitu bagaimana menangani komunikasi dengan calon pembeli dan bagaimana membuat pembukuan sederhana. Dua hal ini jarang sekali diajarkan, karena dianggap sudah bisa aau sudah biasa dilakukan. Padahal kenyataannya perlu dipelajari dan dipraktekkan dengan sungguh-sungguh agar bisnis online yang dijalankan benar-benar memperoleh keuntungan nyata, bukan seolah-olah untung.

  1. Mempraktekkan pelayanan sebagai CS atau Customer Service membutuhkan waktu yang cukup banyak. Hal ini karena selain harus belajar memahami produk yang dijual juga harus belajar memahami berbagai karakter calon pembeli dan Pelanggan. Dan yang paling penting adalah pandai mengatur emosi agar tidak hanyut dengan permainan emosi lawan bicara. Sehingga tingkat kesabaran dalam berkomunikasi sangat diperlukan. Dan yang lebih penting adalah bagaimana mensukseskan terjadinya transaksi. Karena fungsi CS di bisnis online banyak yang berfungsi ganda, yaitu selain sebagai tempat informasi juga sebagai penjual yang tangguh. Oleh karena itu CS yang baik dalam arti bisa menghasilkan penjualan tinggi biasanya juga akan memperoleh bonus yang lebih baik.
  2. Mengerjakan pembukuan sederhana secara rutin adalah wajib hukumnya. Karena dari data di pembukuan inilah akan diketahui apakah bisnis online yang dijalankan mendapatkan keuntungan atau tidak. Sehingga dari awal semua pengeluaran dan pemasukan harus dicatat, walaupun untuk memasukkannya ke pembukuan bisa 3 hari sekali atau seminggu sekali. Tergantung tingkat kesibukan transaksi. Semakin banyak transaksi, maka pencatatan pembukuan harus semakin sering, supaya tidak terlupa dankehilangan data. Pembukuan ini tidak hanya masalah keluar masuk uang saja, tetapi juga berhungan dengan stok barang. Jadi walaupun Anda masih sendirian atau single fighter sebagai pebisnis online, tetapi pekerjaan pembukuan tetap harus dibuat. Karena tanpa pembukuan kemajuan bisnis online Anda tidak terukur.

Bagaimana langkah selanjutnya?

Dalam mempraktekkan cara belajar bisnis online untuk pemula dibagi beberapa tahap atau step agar semua serba terukur. Karena bisnis itu sendiri serba terukur. Setelah cukup menguasai hal-hal mendasar bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu bagaimana menjual produk di tempat-tempat yang lain.

Pengetahuan yang sebenarnya masih termasuk dasar, yaitu bagaimana memanfaatkan blog gratisan untuk menjual. Blog gratisan itu antara lain dari blogspot, wordpress, medium, lycos dan beberapa yang lain. Untuk membuat dan memanfaatkan blog gratisan ini perlu belajar bagaimana membuat artikel yang memenuhi kaidah mesin pencari. Yaitu bagaimana membuat artikel yang mempunyai potensi ditemukan calon pembeli berdasarkan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex dan yang lain. Lebih dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimization) adalah proses untuk mempengaruhi level keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (disebut juga dengan pencarian tanpa berbayarpencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

Karena penulisan artikel dan pembuatan website atau blog ini membutuhkan waktu yang cukup lama, maka biasanya disediakan waktu dan mentor tersendiri yang menguasai materi dan cara mengajarnya. Seperti yang dilaksanakan di Komunitas SB1M Jakarta dan daerah-daerah lainnya. Dengan menguasai keahlian ini akan semakin membuka peluang meningkatkan tingkat penjualan produk Anda.

– Membuat toko online gratis dengan wordpress

– Cara verifikasi website wordpress di Google

Masih banyak pelajaran lain yang perlu  dikuasai agar bisnis online Anda bisa maksimal. Jadi tidak berhenti di cara belajar bisnis online untuk pemula saja. Karena akan semakin banyak yang terjun ke bisnis online yang bisa jadi akan menjadi pesaing atau kompetitor Anda. Anda bisa memanfaatkan cara tak berbayar atau cara berbayar. Semuanya tergantung tingkat kemudahan dan tingkat kompetisi masing-masing produk yang Anda jual. Jadi teruslah praktek dan menguasai ilmu bisnis online yang terus berkembang ini dan dapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.