Cara Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

cara belajar bisnis online untuk pemula

Dengan berkembangnya kemauan tehnologi internet membuat arus informasi semakin mudah didapat. Sehingga perkembangan di suatu tempat dengan mudah dikerahui oleh bagian dunia lain dalam sekejap. Perubahan ini membawa dampak pada pola berpikir masyarakat. Karena dulu arus informasi terbatas hanya pada pemegang kekuasaan dan pemilik media saja, namun sekarang sudah tersebar merata di masyarakat. Bahkan secara perseorangan juga dapat membuat media informasi sendiri. Dan perubahan lainnya adalah terlihat dalam pola mencari penghasilan. Kalau dulu seseorang dikatakan bekerja kalau dia menjadi pegawai negeri atau pekerja di perusahaan swasta. Bahkan hal ini menjadi suatu status tersendiri dalam masyarakat. Padahal kalau dinilai dari penghasilan yang diperoleh bisa saja akan kalah jauh dengan seorang pedagang ayam di pasar. Namun pola ini sudah berubah. Karena banyak informasi dengan munculnya milyarder-milyarder baru yang menekuni bisnis online. Sehingga banyak menarik generasi muda juga ingin menekuni bisnis online. Tentu saja tidak asal terjun, tetapi juga dengan cara belajar bisnis online untuk pemula yang sudah terbukti menghasilkan.

Cara belajar bisnis online untuk pemula dari pengalaman praktisi.

Tidak ada yang dapat mengklaim bahwa cara belajar bisnis online yang terbaik itu hanya berdasarkan metode dari satu orang atau satu lembaga saja. Karena setiap orang yang berhasil dalam bisnis online telah menemukan cara terbaik dengan mengembangkan cara-cara tersendiri. Jadi semua cara belajar bisnis online untuk pemula yang paling baik adalah yang sudah terbukti menghasilkan. Walaupun memiliki beberapa variasi dalam pelaksanaannya, tetapi secara garis besar memiliki kesamaan cara kerja.

Garis besar cara belajar bisnis online untuk pemula antara lain :

  1. Mengukur kemampuan diri dalam hal skill atau keahlian tehnis
  2. Mengukur kemampuan modal
  3. Memilih bisnis online pertama yang akan dijalankan
  4. Konsisten dalam pelaksanaan

Mengukur kemampuan tehnis.

Walaupun saat ini sudah banyak tersedia aplikasi dan fasilitas lain yang sangat membantu untuk berbisnis online, tetapi tetaplah harus diukur keahlian dalam hal tehnis yang berhubungan dengan bisnis online yang dipilih. Misalnya ingin menekuni bidang pembuatan website, maka seseorang harus memiliki kemampuan programming komputer yang memadai. Tidak hanya mengandalkan keahlian dasar pembuatan website. Karena dalam pelaksanaan pembuatan website biasanya ada permintaan khusus yang membutuhkan keahlian programming. Dan ini tidak bisa mengandalkan kemampuan membuat website yang dasar saja.

Mengukur kemampuan modal.

Banyak ragam bisnis online yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan modal yang ada. Yang paling murah tentu saja adalah berhubungan bisnis online di bidang jasa yang mengandalkan keahlian yang sudah dimiliki, seperti misalnya jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website dan lain-lain.

Tapi tidak semua jasa tentu bermodal kecil, karena jasa pembersihan rumah atau perabotan rumah misalnya, yang membutuhkan peralatan seperti vaccuum cleaner yang kuat dan tentu saja mahal dan kendaraan atau mobil untuk mengangkat peralatan dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga : Cara bisnis online shop tanpa modal

Memilih bisnis online pertama yang akan dijalankan.

Walaupun banyak pilihan bisnis online yang dapat menghasilkan uang banyak, namun tetaplah harus dipilih yang paling sesuai dengan keahlian dan kemampuan modal yang dimiliki. Hal ini untuk menghindari resiko kerugian yang besar kalau harus mempelajari hal baru lebih dulu.

Saya pernah mengalami keduanya. Dulu saat awal berbisnis hanya berpatokan pada keuntungan yang akan diraih saja, sehingga tidak cermat akan resiko seandainya terjadinya kegagalan. Dan ternyata saat pelaksanaan banyak mengalami hambatan karena bisnis yang dijalani sama sekali baru. Dan akhirnya bisnis tersebut mengalami kegagalan dan menderita kerugian cukup besar, serta membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menutupi kerugiannya.

Akhirnya setiap memulai bisnis adalah mengukur kemampuan diri dan seberapa mampu untuk menjalankan serta menerima resiko yang terburuk. Contohnya adalah saat saya menjalankan bisnis online penjualan tepung kentang. Saya memulainya dengan sistem Preorder. Tanpa stok besar. hanya stok sampel saja yang relatif sedikit. Jadi setiap pembeli harus menyetor uang pembelian terlebih dahulu. Baru kemudian saya membelikannya ke distributor dan mengirim ke mereka. Demikian secara bertahap usaha ini akhirnya berkembang baik.

Konsisten dalam pelaksanaan.

Konsistensi adalah kunci penting cara belajar bisnis online untuk pemula. Karena biasanya sebagai pemula mudah sekali tergoda untuk berpindah-pindah bisnis online. Termasuk berganti-ganti cara belajar. Misalnya saat ini menekuni affiliate, kemudian melihat temannya sukses bisnis toko online kemudian dia pindah ke toko online. Demikian terus menerus sampai tidak ada satu pun bisnis onlinenya menghasilkan. Karena hanya dikerjakan sebentar kemudian ditinggal.

Memang satu orang bisa melakukan semua bisnis online. Namun untuk dapat menghasilkan sebaiknya dipilih satu saja dulu. Baru setelah berjalan baik, kemudian menekuni yang lain. Sebagaimana yang saya lakukan untuk cara belajar bisnis online untuk pemula, yaitu memilih menekuni toko online. Hal ini dengan pertimbangan cepat menghasilkan. Karena dengan adanya hasil yang baik bisa untuk modal menekuni yang lain seperti affiliate dan adsense.

Baca juga : 7 cara memulai bisnis online

 

Sekarang adalah momentum terbaik untuk menekuni bisnis online. Karena dari segi infrastruktur dan minat masyarakat sudah jauh lebih baik dari beberapa waktu lalu. Dengan menginvestasikan keahlian tehnis, modal dan waktu diharapkan beberapa tahun ke depan akan memperoleh hasil yang memuaskan.

 

Salam,

Jarot BS- 0812-8894-7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.