Cara Berbisnis Online Tanpa Modal Besar

Cara berbisnis online tanpa modal besar saat ini sangat mungkin dilakukan. Karena banyak penawaran fasilitas gratis di internet yang dapat dimanfaatkan maksimal. Hasil yang bisa didapatkan juga bagus. Tapi untuk memperoleh hasil yang bagus itu konsekwensinya adalah kita harus tekun dan bekerja keras. Terutama di awal-awal berbisnis online. Fasilitas gratis itu bisa kita jumpai di iklan baris, fanpage dan group-group di Facebook, video di Youtube, forum-forum dan lain-lain. Ini masih ditambah lagi dengan membuat website atau blog gratisan. Asalkan serius dan tekun mempelajari fasilitas yang serba gratis ini ditambah pengetahuan riset yang benar, maka sangat mungkin akan diperoleh hasil yang besar. Ini sudah saya praktekkan dan hasilnya sangat memuaskan. Saya membuat blog gratis, Fanpage di Facebook dan Youtube.

Memulai Cara Berbisnis Online Tanpa Modal Besar

Iklan Baris Gratis

Keberadaan iklan baris sudah sangat lama di dunia internet. Dulu sempat mengalami masa kejayaan, sehingga ada yang berbayar cukup mahal. Saat inipun iklan baris gratis masih ada yang memanfaatkan untuk mencari produk, sehingga kita juga bisa memanfaatkannya untuk memajang produk-produk jualan kita disitu. Ini adalah cara berbisnis online tanpa modal besar paling sederhana. Modal kita bisa mulai dari HP atau Komputer/ Laptop dan kuota internet.

cara berbisnis online gratis tanpa modal besar

Silakan buka browser atau mesin pencari yang biasa digunakan, kemudian ketik “iklan baris gratis”, maka akan tampil puluhan situs iklan baris yang bisa kita manfaatkan semuanya. Misalkan ketemu 50 buah situs iklan baris,maka semuanya dipasangi iklan produk jualan kita. ┬áKarena makin banyak ditampilkan akan makin besar peluang untuk ditemukan calon pembeli produk kita. Jangan lupa selalu cantumkan nomor HP kita.

Baca juga : Bisnis Online Terlaris Yang Patut Dicoba

Group dan Fanpage di Facebook

Facebook adalah media sosial paling populer saat ini, sehingga banyak yang memanfaatkan untuk berjualan. Kita juga bisa membuat lapak sendiri dengan membuat Fanpage atau Group sesuai produk yang kita jual. Tapi kita juga bisa memanfaatkan group-group jual beli dengan anggota yang cukup besar.

Contoh Fanpage

Cara mencari group-group dan informasi adalah dengan memanfaatkan kolom “search” di Facebook. Ketik saja apa yang ingin dicari, maka akan muncul banyak informasi yang terkait. Catat semua informasi yang dibutuhkan. Silakan posting produk jualan di group-group yang diikuti.

Kita juga bisa menampilkan produk jualan di akun pribadi, tetapi dengan cara tersamar. Dengan cara bercerita tanpa kelihatan menawarkan. Karena Facebook melarang akun pribadi untuk berjualan. Sehingga kalau ketahuan akan di banned alias dicekal.

Youtube

Sebagai sarana untuk berbagai video, maka Youtube sangat menarik untuk tempat berjualan. Apalagi kalau dengan video, maka produk jualan akan lebih menarik untuk dilihat. Kita bisa membuat video sederhana tentang produk kita dengan HP dan sekaligus juga mengunggahnya ke Youtube. Berikan judul sesuai nama dan kategori produk.

Buatlah sebanyak mungkin variasi video agar peluang untuk ditemukan calon pembeli juga lebih besar. Tidak perlu panjang. Cukup 20 sampai 30 detik saja atau maksimal 1 sampai 2 menit.

Forum-Forum

Saat ini Forum-forum sudah banyak difungsikan sebagai tempat berjualan. Antara lain forum detik.com dan forum liputan 6. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk mendukung pemasaran produk kita.

Kedua forum ini cukup ampuh sebagai media iklan kita. Banyak yang bisa menembus halaman 1 mesin pencari Google. Berarti peluang untuk ditemukan calon pembeli juga besar.

Masih banyak cara berbisnis online tanpa modal besar. Mulailah dari yang bisa dilakukan. Misalkan dari iklan baris gratis dulu. Baru kemudian melakukan yang lain.

Baca juga : Dengan Toko Online di Facebook Menghasilkan Omset Ratusan Juta

 

Ayo Berbisnis Online.

 

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *