Cara Buat Toko Online di Facebook

Facebook sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia memiliki fasilitas untuk yang ingin membuat toko online dan kegiatan bisnis lainnya. Fasilitas itu disebut Fanpage. Dalam satu akun Facebook dapat membuat banyak Fanpage. Tiap fanpage dapat diisi sesuai satu kategori atau bisa juga campuran. Dengan adanya fasilitas ini, kemudian Facebook memperketat kegiatan bisnis di dalam akun biasa, Yang ketahuan akan bersiko akun nya diblokir. Bagaimana cara buat toko online di Facebook? Silakan simak penjelasan berikut ini.

Langkah-langkah Cara Buat Toko Online di Facebook

cara buat toko online di facebook

Buka akun pribadi Anda dan arahkan kursor di tanda segitiga di kanan atas, kemudian klik sampai muncul gambar seperti diatas. Klik Create Page dan kemudian akan terbuka halaman berikutnya seperti gambar dibawah ini.

Silakan pilih Local Business or Place atau Brand or Product. Kalau kita memiliki toko konvensional silakan pilih Local Business or Place. Kemudian isi data Nama Toko, Kategori Toko, Alamat lengkap dan Nomor Telepon. Tapi untuk kali ini akan kita pilih Brand or Product, karena kita tidak bermaksud punya toko konvensional (toko fisik). Hanya ingin berjualan produk secara online saja.

 

Setelah memilih Brand or Product, silakan klik kategori produk yang  akan dijual. Misalnya kategory clothing dan Nama Tokonya adalah My Fashion. Klik Get started.

Silakan upload Gambar atau Foto untuk Profil dan Cover Fanpage Anda. Anda bisa juga melewati prosedur ini dan akan mengisinya nanti saja. Silakan tekan tombol Skip.

Baca juga : Mencari Supplier Yang Terpercaya Untuk Bisnis Online

Catatan :Gambar profil dan cover harus ada untuk memberi informasi keberadaan Fanpage Toko Online Anda. Jangan lupa mencantumkan nomor HP Anda di kedua gambar tersebut, supaya Anda mudah dihubungi Pembeli.

Selanjutnya untuk pengaturan cara buat toko online di Facebook , klik Add a Button. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

 

Pilih Contact dan option Call Now, sehingga tulisan Add a Button akan berubah menjadi Call Now. Kemudian tekan Next.

Isi dengan nomor HP Anda setelah sebelumnya memposisikan Kode negara Indonesia (+62). Kemudian tekan Save. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Jika tidak ada informasi yang perlu diubah, maka silakan tekan Finish.

Catatan : Informasi tersebut masih dapat diedit, jika suatu saat ada perubahan.

Sebenarnya kita bisa langsung membuat postingan produk di kolom Time line, tapi karena sedang mempelajari cara buat toko online di Facebook, maka kita lakukan langkah selanjutnya, yaitu membuat tampilan dan mengisi produk-produk di toko.

Klik Shop sampai tampil gambar seperti dibawah.

Atur mata uang di Indonesian Rupiah lalu klik Save. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Isilah data penjelasan tentang toko di kolom yang disediakan. Langkah selanjutnya dari cara buat toko online di Facebook adalah dengan mengisinya dengan produk-produk yang akan dijual. Klik tombol Add Products.

Catatan : Untuk mempercepat popularitas toko online Anda, bisa dengan memanfaatkan fasilitas promosi di Facebook.

Masukkan gambar atau video produk, Nama produk, harga produk dan penjelasan singkat. Termasuk stok produknya masih tersedia atau tidak. Kemudian tekan Save. Demikian terus sampai semua produk yang dijual sudah tampil di toko online Anda.

Selanjutnya undang teman-teman Anda untuk mengunjungi toko tersebut. Atau bisa juga dengan memanfaatkan media promosi berbayar di Facebook (Facebook Ads).

Semoga cara buat toko online di Facebook ini bisa membantu Anda untuk memulai berjualan di media sosial, khususnya Facebook.

Baca juga : Cara Berbisnis Online Tanpa Modal Besar

Jangan bosan untuk praktek agar semakin mahir berbisnis online.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

4 thoughts on “Cara Buat Toko Online di Facebook

    1. Coba buka dari laptop. kalau tidak ada berarti ada perubahan dari Facebook. Tapi jangan kuatir karena calon pembeli biasanya mencari nomor HP/ WA. Jadi cantumkan nomor aktif HP Anda.

    1. Link pembayaran apa maksudnya? Kalau untuk transaksi kebanyakan pelanggan lebih suka melalui chat WA dulu. Jadi pastikan nomor WA aktif Anda tercantum. Supaya mudah dihubungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.