Cara Jitu Memulai Bisnis Online

Cara jitu memulai bisnis online berdasarkan pengalaman pribadi saya mungkin berbeda dengan pebisnis online lainnya. Tapi dari pengamatan saya, polanya relatif sama walaupun cara pendekatan dan eksekusinya berbeda. Karena semuanya akan bermuara menghasilkan profit atau keuntungan. Jadi sah-sah saja orang menggunakan berbagai cara. Yang penting adalah apakah cara yang digunakannya bisa bekerja baik dan menghasilkan keuntungan. Tidak hanya jangka pendek. Tetapi keuntungan dalam jangka panjang secara konsisten.

cara jitu memulai bisnis online

Cara jitu memulai bisnis online yang teruji dan terukur.

Ini sangat penting. Untuk memulai suatu bisnis, segala sesuatunya harus bisa diukur. Tidak hanya dikira-kira saja. Sehingga segala sesuatunya bisa dievaluasi. Mulai dari permodalan, cara kerja, kontrol proses, hasil akhir dan sistem evaluasinya. Semuanya sama seperti pada bisnis konvensional atau bisnis offline. Dan untuk bisa mengukurnya tentu saja harus dilakukan pencatatan yang rapi dan teratur. Bukan hanya berdasarkan ingatan saja. Yang tentu saja akan mudah terlupakan. Dan akhirnya menyusahkan dalam pengembangan usaha.

Pencatatan ini sangat penting. Dari hasil pencatatan bisa dilakukan evaluasi terhadap bisnis online tersebut. Dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui, apakah cara yang sudah dilakukan merupakan cara jitu memulai bisnis online atau harus dilakukan penyesuaian lagi. Yang disesuaikan tentu saja adalah cara mencapainya. Bukan targetnya. Kalau target harus tetap. Supaya ada kepastian dalam berusaha.

Menetapkan Target.

Dalam menetapkan target harus disesuaikan dengan kemampuan awal. Baik permodalan maupun keahlian yang sudah dimiliki. Seperti yang saya lakukan dulu saat memulai bisnis online. Yang bahkan untuk mengikuti workshop paling murah pun tidak punya biaya. Akhirnya memilih jalan termudah dengan memanfaatkan media gratis untuk berjualan. Yang penting bisa jalan dulu. Sambil mengumpulkan modal untuk belajar yang lebih baik lagi. Target saya saat itu awalnya adalah mengetahui cara berjualan online dengan media gratis yang banyak tersedia. Antara lain marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Juga mencoba membuat website gratisan https://juragantepungkentang.wordpress.com. Dan membuat video – video jualan sederhana di Youtube.

Rupanya dari media yang gratis tersebut mulai mendatangkan hasil yang cukup besar. Sehingga bisa untuk modal belajar dan menambah modal usaha. Yang akhirnya saya ketemu suatu komunitas belajar bisnis online yang mentor – mentornya adalah para praktisi bisnis online berpengalaman. Disitu diajarkan cara bagaimana mendapatkan hasil yang lebih besar dan lebih cepat lagi. Dan tentu saja target yang saya tetapkan untuk satuan periode tertentu juga ditingkatkan.

Berproses dan mendapatkan hasil.

Sesungguhnya tidak ada rumus yang baku untuk mencapai suatu target. Tiap orang berbeda cara sesuai kemampuan dan modal yang dimiliki. Bahkan untuk mencapai target yang sama pun caranya bisa berbeda-beda. Selain perbedaan ternyata ada suatu kesamaan dalam mencapai target, yaitu dibutuhkan konsistensi dalam berproses. Perlu dicoba berbagai cara sampai ditemukan cara jitu memulai bisnis online yang sesuai. Dan cara yang sudah terbukti jitu ini bisa diduplikasikan ke anggota tim masing-masing. Sehingga bisa mencapai target dengan lebih cepat dan lebih besar lagi.

Berani mencoba lebih cepat dan tepat.

Banyak yang ingin berbisnis online saat ini. Karena mendapat referensi dari media dan kerabat yang menceritakan besarnya potensi mendapatkan uang lewat cara ini. Hal ini tentu saja sangat bagus. Karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis online semakin baik. Apalagi didukung infrastruktur jaringan internet dan perbankan yang semakin baik. Namun seringkali para pemula di bisnis ini adalah soal mindset pebisnis nya yang tidak dibangun terlebih dahulu. Akibat hanya berorientas pada hal – hal teknis semata. Yang kendalanya relatif mudah diselesaikan. Karena banyak ahli yang bisa membantu menyelesaikan hal – hal teknis ini.

Untuk masalah mindset pebisnis ini sangat penting dipahami terlebih dahulu. Sehingga wawasan dan mental bisnisnya akan siap dan mampu menghadapi segala permasalahan bisnis yang relatif lebih banyak dan lebih rumit. Sehingga dibutuhkan mentor yang mumpuni untuk membimbing selama perjalanan mempelajari bisnis online ini. Keputusan yang diambil pun bisa relatif lebih cepat dan tepat. Tidak banyak menunda. Yang penundaan ini bisa menyebabkan kegagalan semakin berlarut – larut.

Saya bisa mengatakan itu karena pernah mengalami semuanya. Dan dengan pendampingan Mentor ini ternyata segala sesuatu menjadi lebih mudah. Dan saat ini sudah memiliki cara jitu memulai bisnis online sendiri yang sesuai dengan kondisi saya.

Dengan cepat mengambil keputusan belajar akan lebih cepat tahu mencapai kesuksesan di bisnis online.

Baca juga : Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.