Cara Membeli Mobil Bekas

cara membeli mobil bekasPasar mobil di Indonesia  memang ajaib. Khususnya pasar mobil bekas. Untuk mobil keluaran Eropa atau Amerika hampir bisa dipastikan akan jatuh kalau sudah dalam kondisi bekas. Nilai pasar dengan nilai taksiran pajak bisa sangat berbeda. Bisa jadi nilai taksiran pajaknya lebih tinggi sehingga kewajiban pembayaran pajaknya juga tinggi. Kebalikannya dengan mobil Jepang, khususnya merek Toyota yang nilai pasarnya relatif bagus. Hal ini tentu karena citra mobil Jepang yang perawatannya murah, irit bahan bakar serta kemudahan perbaikan di bengkel-bengkel umum. Oleh karena itulah banyak orang yang ingin membeli mobil bekas selalu mengutamakan yang hasil produksi pabrikan Jepang. Tapi dalam membeli mobil bekas ini sebaiknya tidak asal beli karena faktor merek dan harga saja. Kita juga harus tahu cara membeli mobil bekas yang kondisinya masih baik dan surat-suratnya juga tidak bermasalah.

Cara Membeli Mobil Bekas Yang Baik.

Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah karena dana yang terbatas, sehingga harus diperhatikan faktor-faktor berikut ini :

Penjual

Penjual mobil bekas bisa perorangan atau perusahaan. Lokasi jualan bisa dirumah atau bisa juga di show room mobil bekas. Paling bagus kalau kita sudah mengenal pemiliknya dan bagaimana mereka merawat mobilnya. Tapi kalau tidak, kita bisa mempelajari rekam jejak mereka sebagai pedagang mobil. Mereka masih baru atau sudah lama di bisnis mobil bekas. Bagaimana tanggapan orang-orang yang pernah membeli mobil bekas ke mereka. Kalau kita tidak pernah mengenal mereka, maka kita bisa menanyakan ke tetangga mereka. Karena tetangga adalah mata telinga terbaik sebagai sumber informasi dari cara membeli mobil bekas. Kita juga bisa melakukan penilaian tersendiri kepada mereka dengan melihat pelayanan dan janji-janjinya. Kalau banyak kemudahan dan hal yang muluk-muluk, sebaiknya kita harus makin waspada.

 

Meminta Bantuan Montir Mobil

Kalau kita tidak menguasai seluk beluk mobil bekas, maka kita seharusnya menyediakan sedikit dana untuk meminta bantuan seorang montir mobil yang kita anggap mumpuni untuk melakukan penilaian. Lebih baik keluar sedikit dana untuk mendapatkan mobil bagus dari pada beresiko melakukan penghematan tapi mendapatkan mobil bekas yang butuh banyak perbaikan. Penilaian yang kita harapkan dari montir ini meliputi kondisi mesin dan kondisi eksterior atau body mobil. Kalau kondisi interior kita bisa melakukan sendiri disesuaikan selera kita.

Pemeriksaan Melalui Bengkel Resmi

Kalau tidak bisa mendapatkan montir mobil yang sesuai harapan kita, maka kita bisa meminta kepada Penjual agar mobil dibawa ke Bengkel Resmi. Tentu saja ini tidak gratis. Disana kita bisa meminta pemeriksaan yang menyeluruh kondisi mobil dan spare part atau suku cadang apa saja yang sudah harus diganti. Hasil penilaian ini bisa untuk bahan menawar harga jual mobil. Biasanya harga jual bisa diturunkan karena datanya bisa dipercaya. Ini cara membeli mobil bekas yang banyak digunakan, kaena relatif mudah dan aman.

Pemeriksaan Surat Dan Cek Fisik

Karena alasan terkuat membeli mobil bekas adalah faktor dana, maka kita harus teliti betul soal keabsahan surat-surat mobil yang akan kita beli. Kita pastikan surat-surat mobil bekas tersebut benar adanya dan sesuai dengan fisik mobil bekas yang dimaksud. Kita bisa meminta mobil tesebut untuk diperiksa di Samsat setempat tentang keabsahan suratnya serta kesesuaian dengan fisiknya. Cara ini dipakai khususnya untuk penjual mobil perorangan yang kredibilitasnya belum kita ketahui.

Itulah cara membeli mobil bekas yang umum dilakukan, yang bisa kita gunakan agar bisa mendapatkan mobil yang masih baik kondisinya. Untuk menjadi ahli dalam hal ini tentu saja kita harus banyak bergaul dengan komunitas di bidang ini.

Baca juga : 10 bisnis online terbaik

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018


Leave a Reply

Your email address will not be published.