Cara Membuat Bisnis Online Terpercaya

bisnis online terpercaya

Bisnis Online Terpercaya di Benak Konsumen

Konsumen atau Pelanggan produk-produk Anda adalah manusia yang mempunyai pola sendiri. Dan pola tiap orang itu unik. Tapi kalau dilihat secara keseluruhan berdasarkan parameter tertentu, terdapat kesamaan yang dapat dibuat sebagai data acuan untuk membuat strategi bagaimana melakukan pendekatan terhadap pelanggan jenis tertentu. Data ini sangat bermanfaat untuk membangun bisnis online yang terpercaya di benak konsumen. Dan kalau sudah dipercaya konsumen, maka tinggal memanen rejeki saja dari mereka.

Berikut langkah-langkah membuat bisnis online terpercaya di benak konsumen :

Melakukan Riset Pendahuluan

Saat membuat riset terhadap suatu kelompok masyarakat tertentu dan untuk mengajak mereka terhadap ‘proyek’ Anda, tempatkanlah diri Anda sebagai pelanggan Anda. Pahami keinginan utama pelanggan Anda. Carilah cara bagaimana mewujudkan keinginan pelanggan Anda, tanpa merugikan bisnis online Anda. Misalkan pelanggan produk Anda butuh sarana chatting (tanya-tanya) sebelum memesan barang, maka sediakanlah sarana itu. Karena banyak pelanggan toko online di Indonesia yang belum akrab dengan mengisi Form Pembelian. Bahkan Lazada pun menyediakan sarana ngobrol untuk pelanggannya.

Baca juga : Dengan Toko Online di Facebook Menghasilkan Omzet Ratusan Juta

Berinteraksi Dengan Gaya Komunikasi Pelanggan

Bisnis online terpercaya adalah yang dapat memahami keinginan pelanggannya. Bahkan sebelum pelanggan tersebut mengatakannya. Jadi sebagai pebisnis online sangat penting untuk berbicara dengan gaya bahasa atau gaya komunikasi pelanggan. Misalnya pelanggan menyukai gaya berkomunikasi ala anak muda, maka sesuaikanlah gaya komunikasi Anda.

Dengan melakukan riset pendahuluan dan uji coba melempar produk ke pasar, Anda dapat memperoleh data bagaimana respon pasar. Apakah mereka menyukai produknya, berapa umur penggemar produk tersebut, dimana mereka tinggal, pendidikannya sampai tingkat apa, bagaimana mereka berkomunikasi dan berbagai data yang lain.

Anda dapat mengolah data tersebut untuk memperbaiki cara bisnis Anda. Dengan bisnis online kita relatif lebih mudah memperoleh data pelanggan, karena mereka selalu memberikan data tempat tinggal dan nomor HP nya. Karena kekuatan bisnis online saat ini adalah pada data pelanggan. Makin lengkap datanya, maka akan makin baik untuk diolah.

Setelah data diperoleh dan diolah, kemudian Anda bisa lebih menyesuaikan dengan gaya komunikasi pelanggan. Sehingga akan terjadi keakraban antara penjual dan pembeli. Jadi untuk membangun bisnis online yang terpercaya di benak pelanggan adalah suatu hal yang wajar.

Memahami Kebutuhan Pelanggan

Bersyukurlah kalau Anda memperoleh pelanggan yang bawel. Suka protes. Yang penting dia mau membeli.. he he he. Karena pelanggan seperti itu berhasil menunjukkan kelemahan bisnis online Anda. Jadi Anda dapat memperbaiki diri.

Yang paling bahaya adalah pelanggan yang diam kepada produk dan pelayanan Anda. Tidak mengatakan apa kekurangan Anda, tapi langsung meninggalkan Anda. Apalagi kalau mengatakan kekurangan Anda kepada orang lain. Waah… akan lebih bahaya lagi.

Jadi untuk membangun bisnis online terpercaya, salah satunya adalah dengan memahami kebutuhan pelanggan Anda. Bahkan sebelum mereka memintanya. Caranya adalah dengan mengajukan survey dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, untuk memancing respon terhadap produk dan pelayanan Anda. Tentu saja supaya lebih menarik adalah dengan menyediakan hadiah yang sangat menarik yang akan diundi di akhir masa survey pelanggan.

Dari hasil survey ini akan dapat diperoleh data tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dan Anda tinggal menyediakannya saja.

Baca juga : Inspirasi Bisnis Online Yang Menjanjikan

Mewujudkan Kebutuhan Pelanggan

Salah satu faktor penting dalam membangun bisnis online terpercaya adalah mampu mewujudkan kebutuhan pelanggan. Apalagi kalau mampu memberi lebih yang diharapkan pelanggan. Maka brand bisnis online tersebut akan makin melekat kuat di benak konsumen.

Salah satu contoh sederhana adalah menambahkan petunjuk pemakaian produk kalau produk tersebut dari pabrik tidak disediakan. Penambahan petunjuk pemakaian ini sangat dibutuhkan untuk konsumen yang masih baru. Hal ini banyak dijumpai pada produk perawatan kecantikan produk lokal dan mereknya belum terkenal. Petunjuk pemakaian ini bisa juga dalam bentuk softcopy yang dikirimkan melalui sms, whatsapp, BBM dan perangkat messenger lain. Hal ini sudah terbukti makin mengikat konsumen untuk belanja lagi dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

Memelihara Kepercayaan Pelanggan

Banyak pebisnis online yang hanya fokus kepada penjualan saja. Hanya mencari pembeli baru saja. Padahal pelanggan lama itu sangat penting. Karena dari pelanggan lama akan mengalir pendapatan yang lebih mudah diprediksi. Dan juga pelanggan lama dapat menjadi agen pemasaran yang tidak dibayar, yaitu dengan menceritakan kepuasan atas produk serta pelayanan suatu bisnis online. Testimoni pelanggan lama adalah senjata ampuh untuk menambah pelanggan baru. Karena calon pelanggan akan lebih mudah diyakinkan dengan testimoni dari pelanggan lama.

Memelihara kepercayaan pelanggan ini harus serius. Tidak sekedar basa-basi. Perusahaan-perusahaan besar yang punya jaringan kuat, pasti punya bagian untuk memelihara pelanggan ini. Setiap keluhan pasti akan dicarikan solusinya. Bahkan secara reguler akan disediakan berbagai hadiah menarik untuk pelanggan lama.

Strategi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia akan perhatian. Jika merasa diperhatikan dengan baik, maka seseorang akan cenderung memberikan sesuatu yang baik juga. Ini adalah hukum timbal balik yang berlaku universal.

Segera bangun bisnis online terpercaya Anda dengan baik, yaitu dengan memberi perhatian utama kepada kebutuhan pelanggan. Dan bisnis online Anda akan tumbuh besar.

 

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.