Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Seadanya

cara memulai bisnis online dengan modal seadanyaSaat ini perkembangan dunia online semakin cepat. Banyak bidang yang dulunya hanya dilakukan secara manual dan harus bertemu secara langsung, sudah mulai banyak digantikan dengan berbagai aplikasi. Pembayaran tagihan listrik/ PAM/ telepon, cicilan motor/ mobil/ kartu kredit, pembayaran SPP dan lain-lain sudah banyak menggunakan transaksi secara elektronik. Apalagi dengan perkembangan telepon genggam ( hand phone) yang semakin pintar (smart), sehingga makin banyak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Perangkat yang semula hanya digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari seperti berbicara dan mengirim pesan berupa teks dan gambar, sudah bertambah perannya untuk menyelesaikan banyak persoalan. Kita bisa lihat saat ini antrian di beberapa Teller Bank sudah makin sedikit. Karena para nasabah sudah dimanjakan dengan kemudahan dengan menggunakan aplikasi perbankan di telepon genggamnya. Apalagi di beberapa ATM juga dilengkapi fasilitas setor tunai. Tidak hanya itu saja, untuk keperluan penjualan pun makin banyak menggunakan kemajuan di bidang online ini. Ini tentu hal yang sangat menggembirakan. Jadi peluang untuk berbisnis di dunia online semakin terbuka bagi semua orang. Tidak harus dengan modal besar untuk meulainya. Kita bisa menggunakan cara memulai bisnis online dengan modal seadanya. Dimulai dengan apa yang saat ini dimiliki terkait dengan bisnis online.

Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Seadanya Sekarang Juga

Dalam memulai bisnis apapun yang terpenting adalah pola pikirnya. Bahwa sebagai penjual adalah menyediakan barang atau jasa sesuai permintaan pembeli. Jadi bukan menyediakan barang yang belum tentu dicari pembeli. Kalau sudah ketemu apa saja yang dicari pembeli, tentu lebih mudah kita memulainya. Kita bisa menyesuaikan dengan apa yang kita punya saat ini. Kita sudah menemukan cara memulai bisnis online dengan modal seadanya sekarang juga. 

Misalkan saat ini kita hanya mempunyai telepon genggam atau HP android saja, berarti kita mulai saja dari situ. Yang penting bisa mengakses jaringan internet. Langkah-langkah penting dari cara memulai bisnis online dengan modal seadanya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan riset kecil-kecilan kepada lingkungan di sekitar kita sendiri. Kira-kira apa saja yang dibutuhkan mereka secara rutin. Misalkan pulsa, paket data, pembayaran listrik, pembayaran cicilan motor, beras, minyak goreng dan lain-lain. Catat semuanya dan kelompokkan masing – masing sesuai kategorinya.
  2. Siapkan rekening bank yang punya fasilitas online baik, misalkan bank BCA, bank Mandiri dan lain-lain untuk menerima pembayaran dari Pembeli. Kalau tidak punya bisa memanfaatkan milik saudara atau teman yang bisa dipercaya.
  3. Catat semua nama orang yang dikenal dan berpotensi sebagai pengguna jasa atau pembeli barang Anda. Umumkanlah usaha yang Anda jalankan kepada mereka. Beri pesan agar mereka menghubungi Anda jika membutuhkan barang atau jasa yang mereka butuhkan.
  4. Pilihlah kebutuhan yang mungkin dan sanggup anda pasok. Kalau modal Anda kecil, berarti dimulai dari usaha yang perputarannya cepat dan pembayarannya tunai. Jadi modal bisa berputar cepat dan keuntungan juga cepat terkumpul. Usaha seperti ini misalnya penjualan pulsa dan paket data yang nominalnya kecil. Jadi lebih cepat habis, tapi keuntungan per transaksi cukup besar.
  5. cara memulai bisnis online dengan modal seadanyaKalau Anda hanya punya modal HP saja dan tidak punya modal untuk kulakan, maka bisa ditawarkan jasa pembelian atau jasa titip beli. Setiap pembelian dikenakan jasa, misalnya 20 ribu rupiah atau sesuai kemampuan pelanggan. Usaha seperti ini yang dijual adalah Nama Baik Anda. Kalau Anda dikenal baik dan jujur tentu lebih mudah menjalankannya. Jadi pelanggan tinggal mentransfer biaya sesuai harga barang, ongkos kirim dan upah Anda, kemudian Anda tinggal mengemasnya dan mengirimkan kepada mereka.
  6. Kumpulkan data penjual atau penyedia barang dan jasa yang bisa Anda bantu untuk memasarkannya. Untuk setiap pembelian atau transaksi Anda memungut upah atau fee berdasarkan kesepakatan. Kemudian secara berkala kirim pesan ke calon pembeli sesuai data yang Anda miliki. Tapi harus diingat, JANGAN KIRIM PENAWARAN TERUS MENERUS. Karena mereka akan bosan dan mem blok Anda. Jadi sekali-sekali kirim pesan atau salam yang sifatnya pribadi. Tidak melulu berjualan.
  7. Gunakan kamera di HP untuk merekam barang atau hal-hal menarik yang menurut Anda bisa dijual. Buat catatan yang detil supaya mudah mencarinya bila diperlukan. 
  8. Tawarkan usaha Anda di beberapa tempat, misalkan Whatsapp. BBM, Instagram, Youtube, Facebook, Twitter dan beberapa tempat lain. Kalau punya kemampuan membuat website bisa juga dilakukan dengan membuat website khusus untuk jualan online. Bisa juga dengan meminta bantuan operator warnet untuk membuatnya. Yang penting harus dipastikan nomor kontak Anda selalu tercantum dan mudah dihubungi.
  9. Kerjakan dan Jangan Banyak Tapi. Jangan Banyak Mengeluh.

Baca juga : 7 cara memulai bisnis online

Selama melaksanakan cara memulai bisnis online dengan modal seadanya, mungkin saja ada hal-hal baru yang ditemui. Buatlah catatan untuk bahan pengembangan usaha. Kesuksesan Anda adalah buah kerja keras Anda. Jagalah selalu nama baik Anda. Karena semua bisnis adalah kepercayaan.

Semoga sukses melaksanakan cara memulai bisnis online dengan modal seadanya ini.

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018


One thought on “Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Seadanya

  1. Bisnis online ini bisa Anda lakukan tanpa modal. Pun demikian, menjanjikan keuntungan yang berlipat karena Anda bisa melakukan berbagai pengembangan usaha. Salah satunya, dengan menjadi reseller hosting .

Leave a Reply

Your email address will not be published.