Cara Mencari Produk Untuk Dijual Online

Cara mencari produk untuk dijual online sangat mudah jika sudah terbiasa. Tapi sangat sulit bagi para pemula yang akan merintis sebagai pebisnis online. Karena sebagai pemula tentu saja masih meraba-raba produk apa yang diminati masyarakat. Seperti yang saya alami dulu saat mengawali berjualan secara online. Karena biasanya hanya berjualan secara konvensional. Atau secara offline. Dan memang pendekatannya berbeda antara berjualan secara online dengan offline. Walaupun secara prinsip sama saja. Yaitu mengamati perkembangan minat masyarakat. Dan kemudian dilakukan pencatatan secara detil. Sehingga bisa dianalisis dengan tepat. Tidak berdasarkan dugaan saja. Salah satu cara misalnya dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Yang bisa dilakukan secara online maupun online. Tapi metode ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan akan memberatkan pebisnis pemula yang dananya terbatas. Lantas bagaimana mengamati minat masyarakat terkini?

Kalau secara offline adalah mengamati dimana orang berkumpul untuk belanja. Dan mengamati apa saja yang dibeli. Dari situ bisa diambil kesimpulan produk apa yang saat ini diminati masyarakat. Kemudian kita susun rencana usaha produk-produk tersebut untuk dieksekusi atau dijalankan.

Sedangkan kalau secara online bisa dilakukan dengan lebih mudah. Cukup didepan komputer atau laptop saja. Dengan memanfaatkan data gratis yang disediakan mesin pencari seperti Google. Caranya adalah sebagai berikut :

cara mencari produk untuk dijual online

  • Maka akan kita dapatkan gambar data sebagai berikut :

cara mencari produk untuk dijual online

Untuk di Indonesia selama 12 bulan terakhir secara rata-rata menunjukkan pencarian produk Kopi Luwak adalah stabil. Ada naik turun memang. Dan itu masih dalam batas wajar. Kemudian kita bandingkan dengan produk Kopi yang lainnya, misalnya Kopi Lampung. Maka hasilnya adalah sebagai berikut :

cara mencari produk untuk dijual online

Ternyata pencarian Kopi Luwak masih lebih tinggi dari Kopi Lampung. Walaupun begitu kedua produk masih layak untuk dijadikan produk untuk dijual secara online. Karena pergerakannya relatif stabil.

  • Untuk mengetahui daerah mana saja yang mencari produk tersebut bisa digeser kebawah. Maka akan tampil daerah paling banyak yang mencarinya, yaitu Bali, Yogyakarta, Papua, Banten dan Jakarta.

cara mencari produk untuk dijual online

  • Cara mencari produk untuk dijual online dengan Google Trends ini bisa juga digunakan untuk melihat apakah produk tersebut sedang naik atau turun. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk menjalaninya. Caranya adalah dengan mengubah tahun pencarian yang semakin panjang. Misalkan mulai tahun 2004 sampai dengan sekarang. Kali ini kita ambil contoh produk batu akik. Maka hasilnya adalah sebagai berikut :

cara mencari produk untuk dijual online

Di grafik tersebut terlihat kalau batu akik selalu ada yang mencari. Bahkan sempat menjadi primadona pencarian walaupun sebentar. Yang tentu saja berpengaruh ke harga beli dan jual. Jadi pastikan kita memasuki pasar saat permintaan naik. Dan meninggalkan pasar saat pencarian menurun. Supaya selalu untung.

Baca juga : Membuat Toko Online Gratis Dengan WordPress

Bagaimana cara mencari produk untuk dijual online di marketplace?

Kalau di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain, caranya harus lebih sabar. Karena tidak ada grafiknya. Kita harus melakukan pengamatan per kategori dan per produk. Terus dilihat tingkat penjualannya akhir-akhir ini. Kemudian dibandingkan juga dengan Google trends. Serta lebih baik lagi kalau dicari data pembandingnya di media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter dan lain-lain. Jika masih menjadi bahan pembicaraan masyarakat, maka produk-produk tersebut masih layak untuk dijual.

Bisa jadi walaupun sudah menggunakan cara mencari produk untuk dijual online secara hati-hati, namun hasilnya tidak baik. Karena ada kemungkinan pasar yang berubah secara cepat. Jadi dengan beberapa kali uji coba secara langsung akan diperoleh gambaran yang lebih akurat. Dan kita akan menjadi lebih berpengalaman mengumpulkan dan membaca datanya.

Kalau untuk mendapatkan data yang lebih mendalam lagi tentang internet marketing, maka Anda sebaiknya belajar ke tempat atau komunitas khusus. Sehingga bisa lebih tahu kalau ada produk-produk yang semula tidak dianggap, namun ternyata bisa dijual online dan dapat keuntungan yang besar. Salah satu contohnya adalah tepung kentang yang saat ini menjadi produk andalan saya.

 

Demikian sekilas cara mencari produk untuk djual online. Semoga Anda terinspirasi untuk lebih menekuni bisnis online.

 

Salam.

Juragan Tepung Kentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.