Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube banyak dilakukan orang-orang dengan berbagai cara. Apalagi sekarang dengan makin dengan meningkatnya kemampuan Handphone baik secara fisik (hardware) maupun perangkat lunaknya (software). Jadi tidak aneh lagi sekarang kalau beberapa orang yang dulunya berprofesi sebagai tukang akso, penjual gorengan dan lain-lain sekarang ikut menambang rupiah dari Youtube. Cukup bermodalkan handphone  yang ada kameranya dan sedikit pengetahuan edit, maka resmilah mereka jadi Youtuber yang hasilnya atau pendapatannya dari Youtube relatif besar. Apakah hanya itu yang bisa diperoleh dari Youtube ? Mari kita ikuti artikel berikut ini.

cara mendapatkan uang dari youtube

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube?

Youtube sebagai media sosial untuk berbagi video memiliki member yang sangat banyak. Para member ini berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang yang beragam. Dan hal ini tentu saja adalah lahan bisnis yang potensinya sangat menggiurkan, sehingga banyak yang memanfaatkan untuk ‘menambang’ uang disini. Baik sebagai pemasang iklan untuk membesarkan bisnis yang sudah dimiliki, maupun sebagai creator yang mengisi konten di Youtube. Anda pun bisa memperoleh kesempatan ini dengan mengetahui cara mendapatkan uang dari Youtube. Manfaatkan potensi yang telah Anda miliki dan memanfaatkan Youtube sebagai salah satu sumber penghasilan Anda.

 

A. Menjual produk sendiri.

Youtube sebagai media promosi sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda sendiri. Banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan Youtube untuk mempromosikan produk-produk mereka, baik barang maupun jasa. Karena tampilan video yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan suara dalam satu kemasan terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Apalagi saat ini dengan aplikasi pendukung yang semakin berkembang semakin memudahkan siapa saja untuk membuat kreasi video sendiri. Bahkan dengan handphone yang biasa saja sudah bisa digunakan untuk membuat video promosi.

Kalau Anda ingin fokus membesarkan bisnis saja dan tidak ingin direpotkan dengan segala tetek bengek masalah tehnis pembuatan video promosi, maka banyak sekali para pembuat video yang bersedia membuatkannya untuk Anda. Bujetnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar sesuai dengan perkembangan bisnis yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih untuk ditampilkan secara gratis atau berbayar di Youtube.

Baca juga : Rahasia sukses bisnis online pemula

B. Menjadi Content Creator

Ini adalah cara mendapatkan uang dari Youtube yang banyak dilakukan anak-anak muda di Indonesia dan seluruh dunia. Mereka membuat kreasi video yang menarik berdasarkan kategori dan segmen pasar tertentu. Misalnya ada yang membagikan video tips dan trick tentang games, perbaikan alat-alat, pendidikan, kuliner, olahraga, agama dan berbagai kreatifitas lainnya. Jika channel mereka disukai pengunjung, maka sangat terbuka untuk memperoleh uang yang jumlahnya bisa sangat besar. Karena Youtube membuka kesempatan kepada para Content Creator dengan Youtube Adsense. Dimana di video-video tersebut bisa ditampilkan iklan-iklan berbayar dan hasilnya juga akan dibagikan ke mereka.

cara mendapatkan uang dari youtube
cara mendapatkan uang dari youtube

Menjadi content creator ini ada 2 pilihan, yaitu pertama memilih jalan cepat misalnya dengan membuat channel news atau berita, gosip selebritis dan hal-hal lain yang cepat menarik penonton. Cara ini cepat mendatangkan uang karena jumlah penonton cepat diperoleh, tapi karena sifatnya yang cepat berlalu atau cepat basi maka harus terus menerus dibuat video terbaru agar channel itu terjaga pengunjungnya. Sedangkan cara kedua adalah dengan membuat video yang bisa ditonton kapan saja atau istilahnya ever green, antara lain resep masakan, cara belajar matematika, cara bertani, cara merias wajah dan lain-lain.

C. Produsen video

Baik sebagai penjual produk sendiri atau pun content creator, jika tidak mampu atau tidak sempat membuat video sendiri bisa memanfaatkan jasa produsen video profesional. Produsen video ini secara umum terdiri dari penulis narasi, kameraman, editor video, pengisi suara dan desainer grafis. Bisa saja semuanya dikerjakan  satu orang jika mampu.

Baca juga : Kegiatan setelah pensiun yang produktif

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pada efektifitas video yang dibuat dengan tujuannya. Karena bisa saja video yang secara seni terlihat sangat menarik, tetapi kalau dievaluasi hasil akhirnya tidak sesuai dengan tujuan untuk penjualan produk atau jasa yang diiklankan. Malahan ada yang dibuat secara sederhana bisa menghasilkan penjualan yang luar biasa.

Jadi sebelum dibuat video,maka harus didahului riset yang cukup mendalam tujuan dan target marketnya. Sehingga tidak terjadi pemborosan biaya.

 

Contoh video sederhana yang efektif untuk promosi produk :

 

Setelah membaca cara mendapatkan uang dari Youtube ini, saya harapkan Anda juga bisa mendapatkan ide untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan media ini.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published.