Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang

Bagaimana Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang ?

Karena kartu ATM BCA ku hilang, enggak tahu dimana hilangnya, maka mau tidak mau harus mengurusnya lagi. Ini karena ATM BCA ku penting sekali untuk keperluan transaksi yang belum bisa secara cepat dilakukan dengan mobile banking (m-banking)maupun internet banking (e-banking). Seperti transfer antar bank, akan lebih cepat kalau kita melakukannya di mesin ATM. Sehingga pihak penerima bisa langsung mengkonfirmasikan. Sedangkam kalau melalui internet banking butuh waktu agar transferan kita terlihat di rekening penerima. Oleh karena itu aku ingin membagi pengalamanku bagaimana cara mengurus ATM BCA yang hilang, supaya kalau Anda mengalami bisa cepat mengurusnya.

cara mengurus atm bca yang hilang

Baca¬† juga : –¬†Belajar bisnis online dari nol
– Peluang usaha jasa ekspedisi

Cara mengurus ATM BCA yang hilang memerlukan persyaratan sebagai berikut :

  1. Sebaiknya anda segera melaporkan ke Hallo BCA di nomor 1500888. Ceritakan kronologi kejadiannya secara rinci. Pihak operator akan menanyakan beberapa hal seperti nama ibu kandung, tempat tinggal, tempat dan tanggal lahir serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Sudah tentu nomor rekening Anda juga akan ditanyakan. Bila data Anda valid atau sah, maka pihak Bank akan memblokir kartu Anda sehingga tidak bisa disalahgunakan orang lain. Untuk hal ini aku justru tidak melakukannya, sehingga saat mengurus penggantian ada informasi kalau kartuku sempat dipakai di mesin ATM, tetapi tidak bisa karena nomor PIN tidak sesuai.
  2. Kalau Anda tidak melaporkan ke Hallo BCA, maka Anda bisa langsung datang ke cabang BCA terdekat untuk melaporkannya. Saat Anda datang oleh petugas security akan diarahkan ke petugas Customer Service. Biasanya mereka sudah menyiapkan nomor antriannya.
  3. Pastikan Anda membawa buku tabungan dan KTP untuk klarifikasi data Anda.
  4. Jika Anda menggunakan fasilitas mobile banking, maka bawalah HP yang biasa Anda gunakan untuk itu. Karena nanti petugas Customer Service akan sekaligus mengaktifkan mobile banking Anda dengan PIN yang baru.
  5. Petugas Customer Service juga akan meencocokkan data Anda seperti kalau Anda melaporkan kehilangan via Hallo BCA. Jadi pastikan data-data tersebut Anda catat dan ingat. Oh yaa..Anda juga akan difoto dengan kamera yang sudah terhubung dengan komputer untuk pendatan yang lebih valid.
  6. Setelah semua sesuai, maka Anda segera dibuatkan kartu baru saat itu juga sekaligus mengaktifkannya. Aktifasi ini termasuk untuk fasilitas mobile banking Anda.
  7. Untuk proses ini Anda juga harus menandatangani formulir yang sudah disiapkan petugas.

Semua proses diatas relatif cepat. Membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit dan petugasnya juga ramah. Karena BCA memang sudah sangat berubah dalam pelayanannya, tidak seperti pada saat awal dulu saya membuka rekening.

Baca juga : Perkembangan alat pembayaran elektronik yang luar biasa

Demikian pengalaman saya dan semoga uraian cara mengurus ATM BCA yang hilang ini bermanfaat untuk Anda. Semoga kedepan malah akan lebih mudah lagi kalau mengurus ATM yang hilang. Cukup sinkronisasi dengan eKTP saja. Alias cukup dengan scan ibu jari atau bagian lain misalnya retina mata untuk mencocokkan data.

Tangerang, 17 Mei 2018.

Salam,

Jarot BS

 

10 thoughts on “Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang

  1. Stelah dtang ke bank nya trus kita mnta blokir nmer rekening nya, trus nmer rekening yg d blokir tadi minta di aktifkan lagi di kartu atm yg baru.. Bisa gk?

    1. Saya kehilangan dompet di dalam dompet berisi KTP ATM dan surat2 penting lainya ,kalo saya ngurus ATM BCA tanpa harus KTP asli bisa ? Karena menunggu KTP jadi itu lama ,apalagi saya KTP masih daerah saya tinggal di Jakarta ,dan saya 5 hari lagi gajian ga kekejar buat urus KTP jika harus mengunakan KTP asli buat ngurus ATM saya yang hilang .

      1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah menghubungi Halo BCA di +62 21 1500888. Ceritakan kronologinya dan minta untuk diblokir ATM nya. Selanjutnya Anda bisa langsung ke Customer Service BCA dimana saja untuk minta ATM yang baru. Bawa kelengkapannya yaitu KTP dan buku tabungan. Tanpa perlu lapor ke Polisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.