Cara Verifikasi Website WordPress Di Google

cara verifikasi website

Saat ini Google adalah mesin pencari nomor satu di dunia. Sehingga semua website berlomba-lomba untuk bisa tampil di halaman satu pencarian di Google. Karena dengan tampil di halaman pertama tentu peluang ditemukan para pencari juga sangat tinggi. Hal ini sangat menguntungkan untuk semua yang berkepentingan agar websitenya mudah ditemukan. Apalagi kalau website tersebut berkaitan dengan bisnis yang sangat mengandalkan kemudahan untuk ditemukan oleh siapa saja. Termasuk dalam hal ini website toko online. Jadi perlu cara verifikasi website WordPress Anda di Google agar mudah ditemukan.

Sebelum berpikir untuk tampil di halaman satu Google, maka terlebih dahulu harus kita periksa apakah website kita sudah ter-indeks di Google atau belum. Karena kalau belum percuma saja kita membuat banyak artikel kalau websitenya belum diindeks Google. Cara melihat apakah website kita sudah terindeks atau belum adalah sebagai berikut :

Baca juga : Membuat Toko Online Gratis Dengan WordPress

Buka www.google.co.id kemudian setelah terbuka ketik site:nama situs Anda (lihat gambar di bawah).

Jika belum terindeks, maka kita harus mem verifikasinya terlebih dahulu, sehingga bisa tampil seperti gambar di bawah ini. Bagaimana cara verifikasi website wordpress di Google? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Cara Verifikasi Website Dengan Google Webmaster Tools

Setiap mesin pencari mempunyai alat dan cara untuk memverifikasi website, seperti yang dilakukan Google. Caranya adalah sebagai berikut :

Buka halaman webmaster tools di Google.

Setelah terbuka kemudian silakan Login atau Masuk lah dengan akun gmail yang Anda+ punya. Sehingga akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Ketikkan nama website atau blog yang ingin kita verifikasikan di kolom yang tersedia, lalu Klik Add Property (Tambahkan Properti). Selanjutnya akan tampil gambar sebagai berikut :

Disitu ada dua pilihan, yaitu Metode Yang Disarankan dan Metode Alternatif. Silakan Pilih Metode Alternatif, sehingga kan tampil gambar berikutnya.

Pilih Tag HTML, sehingga akan tempil gambar seperti dibawah ini.

Di halaman itu kita diberi kode verifikasi oleh Google. Silakan salin atau copy kode tersebut dan masukkan ke kolom verifikasi yang tersedia di website kita.

Bukalah website wordpress yang akan di verifikasi di bagian wp-admin, misalnya : https://namawebsiteanda.wordpress.com/wp-admin. Gunakan ID dan password yang sebelumnya Anda buat, sehingga akan tampil gambar seperti di bawah ini.

Kemudian Klik Tools atau Perkakas dan cari kolom Google Webmaster Tools. Setelah itu Paste atau Tempel kode yang telah Anda salin di kolom tersebut. Lalu tekan Save Changes atau Simpan Perubahan. 

Langkah selanjutnya adalah kembali ke Google Webmaster Tools dan tekan tombol Verify atau Verifikasi.

Sampai disini pekerjaan kita sudah selesai. Website atau blog Anda sudah terdaftar di Google dan tinggal mengisinya dengan artikel yang Anda inginkan.

Isilah website Anda dengan konten yang bermanfaat, sehingga akan menarik orang untuk mengunjunginya. Sebarkan keberadaan website Anda di media sosial untuk menarik orang berkunjung.

 

Semoga bermanfaat.

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

3 thoughts on “Cara Verifikasi Website WordPress Di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published.