Es Semangka India

Peluang Usaha Es Semangka India

Saat ini Es Semangka India semakin naik pamornya. Apalagi banyak media termasuk Youtuber yang meliputnya. Jadi makin viral saja jenis minuman yang satu ini. Nah yang menarik adalah tanggapan masyarakat dengan naiknya popularitas Es Semangka India ini. Ada yang tertarik mencoba rasanya. Sampai dari tempat tinggalnya yang jauh menuju ke tempat penjual es semangka ini. Ada juga yang kemudian ingin membuka usaha seperti ini di lokasi yang lain.

Harganya yang murah. Hanya 5 ribu rupiah per gelas. Dan rasanya yang segar dan unik adalah daya tarik untuk orang membelinya. Dengan adanya orang-orang yang tertarik untuk membeli, tentu saja membuka peluang usaha baru bagi yang ingin berbisnis minuman. Ibaratnya tinggal mendompleng popularitas saja. Tidak perlu repot-repot untuk mengenalkannya lagi. Yang penting dapat cuan he he he.

es semangka india

Resep Es Semangka India

Tidak sulit membuat minuman ini. Ciri khasnya adalah pada campuran susu dan jenis sirupnya. Kalau dari resep aslinya menggunakan sirup mawar Rooh Afza dari Pakistan. Lho kok Pakistan? Ya memang aslinya minuman ini dari Pakistan. Tapi karena alasan kemudahan untuk menjual, maka dikenalkan sebagai Es Semangka India. Dan bukan sebagai Es Semangka Pakistan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah :

  • 1/4 buah semangka tanpa biji, lalu dipotong dadu kecil-kecil
  • 600 ml susu cair full cream
  • 150 ml sirup Rooh Afza (bisa diganti dengan frambos/coco pandan)
  • Es batu secukupnya
es semangka india2
Gambar ilustrasi semangka dipotong-potong dan dimasukkan kedalam panci besar.

Sedangkan cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan panci besar (lihat gambar). Kupas kulit semangka dan dipotong-potong berbentuk dadu.
  2. Lalu masukkan semangka yang sudah dipotong-potong tadi. Kemudian tambahkan air putih dan es batu secukupnya dan aduk-aduk sampai merata.
  3. Siapkan gelas plastik. Masukkan sirup dan es batu. Jangan lupa untuk melakukan koreksi rasa dulu ya. Kalau perlu libatkan beberapa orang untuk melakukan koreki rasa. Agar diperoleh campuran yang pas.
  4. Susu ditambahkan jika konsumen menghendaki. Tentu saja dengan harga yang lebih mahal ya.
  5. Setelah semua dirasa sudah pas, kemudian sajikan kepada konsumen.

Alat yang diperlukan :

  • Panci besar ukuran sekitar 100 liter (bisa disesuaikan lokasi setempat)
  • Gayung
  • Gelas plastik kecil (12 oz) dan gelas plastik besar (16 oz) dan tutupnya
  • Sedotan plastik (optional)
  • Mesin sealer (optional)
  • Pisau

Penyajian untuk jualan

Untuk penyajian saat jualan bisa digunakan gelas kecil dan besar. Hal ini untuk menyiasati daya beli konsumen. Biasanya gelas kecil dijual seharga 5 ribu rupiah. Itu jika hanya semangka saja. Jika ditambah susu harganya menjadi 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk kemasan gelas besar harga tanpa susu adalah 8 ribu rupiah. Jika ditambah susu menjadi 13 ribu rupiah. Harga ini tidak mutlak ya. Tergantung situasi setempat. Silakan disesuaikan. Yang jelas harus dapat untung he he he.

Tips :

  1. Es Semangka India ini harus dipastikan selalu fresh. Supaya rasanya meninggalkan kesan yang mendalam pagi penikmatnya.
  2. Belilah semangka di pasar induk atau agen langsung. Agar diperoleh semangka yang bagus dan segar. Demikian juga untuk susunya. Belilah yang masa kadaluarsanya masih lama. Selain aman tentu saja kesegarannya tentu baik buat konsumen.
  3. Sirup Rooh Afza bisa dibeli di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan lain-lain.
  4. Buat kemasan gelas yang menarik agar pembeli suka dan bisa ikut mempromosikan dagangan ini. Oh ya kemasan ini juga bisa dijadikan bahan promosi lho. Cantumkan nomor kontak di gelas. Agar jika calon konsumen dan pelanggan membutuhkan akan cepat menghubungi Anda.

Baca juga : Resep Kue Souffle Pancake Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.