Harga Tepung Kentang Murah

Harga tepung kentang murah tergantung dari permintaan dan pasokannya. Itu sudah merupakan hukum pasar yang berlaku secara internasional. Kecuali untuk negara-negara tertentu yang semua harga dikendalikan pemerintah. Dengan demikian jika permintaan naik sedang pasokannya kurang atau diperkirakan akan berkurang, maka harga pasti naik. Baik secara langsung maupun bertahap. Demikian berlaku sebaliknya. Tapi pada umumnya harga akan berubah secara bertahap. Karena biasanya distributor atau penjual barang mempunyai stok di gudang masing-masing. Sehingga perubahan harga bisa lebih terkontrol. Asalkan perubahan permintaan dan pasokan barang pergerakannya masih wajar. Tidak terus menerus bertambah atau berkurang hanya di salah satu sisi saja. Misalnya permintaan terus naik, sedangkan pasokan tetap, maka otomatis harga akan terkerek naik terus menerus. Sampai ada pertambahan jumlah pasokan. Atau pasokan terus berkurang, sedangkan permintaan tetap, maka harga juga akan terus naik.

Berapa Harga Tepung Kentang Yang Wajar?

Kewajaran harga tepung kentang murah tergantung beberapa hal. Selain karena faktor permintaan dan pasokan, juga dipengaruhi kualitas, halal dan merek atau brand tepung kentang tersebut. Juga faktor-faktor subyektif dari pembelinya. Tapi untuk pengunaan skala besar yang jadi pertimbangan adalah kualitas dan harganya. Selain faktor ketersediaan tepung kentang yang harus aman untuk jangka panjang. Misalnya dari faktor kualitas dan harga sudah cocok, tetapi kalau ketersediaannya tidak aman, maka sudah pasti tidak akan digunakan. Karena pengguna tidak akan menggunakan bahan baku yang akan mengganggu produksinya. Lebih baik memilih bahan baku yang walaupun secara penilaian agak dibawah, tetapi pasokannya relatif aman.

Secara umum harga tepung kentang degan kualitas baik tidak akan jauh perbedaanya satu sama lain. Harga tepung kentang dengan merek yang sudah terkenal biasanya dihargai paling tinggi. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan penggunanya. Khususnya di kalangan restoran atau UKM kecil yang tidak mau terlalu banyak uji coba. Jika sudah cocok dengan salah satu merek, maka mereka akan terus menggunakannya walaupun harga naik terus. Karena takut produk yang mereka hasilkan akan berubah kualitasnya jika menggunakan merek lain. Yang berakibat pelanggan akan berkurang. Berbeda haknya dengan pabrik yang penggunaannya lebih banyak. Juga memiliki dana riset yang lebih baik. Mereka akan terus mencari bahan baku yang lebih murah. Tidak melihat merek. Yang penting secara kualitas dapat dipertanggungjawabkan. Termasuk faktor halalnya. Karena untuk memasarkan produk di Indonesia, yang mayoritas muslim, harus sangat dicermati masalah halal tidaknya suatu produk.

harga tepung kentang murah

Perbandingan harga tepung kentang murah.

Untuk harga tepung kentang murah ini biasanya yang berasal dari kawasan Asia dan Eropa Timur. Sedangkan yang berasal dari kawasan Eropa Barat, khususnya Belanda dan Jerman relatif lebih tinggi harganya. Hal ini tidak lepas dari kualitas produk tepung kentang itu sendiri. Baik untuk tepung kentang flake (potato flake) dan pati kentang (potato starch). Semuanya rata-rata sudah memiliki Sertipikat Halal dari Majelis Ulama di negara asal. Juga memiliki Certification of Analysis terbaru untuk menyatakan kualitas produknya.

Tepung kentang flake merek Knorr yang dipasarkan Unilever harganya paling tinggi. Biasanya dipasarkan melalui supermarket-supermarket terkenal. Sedangkan produk lain dengan kualitas relatif sama adalah merek Emsland dari Jerman. Yang dijual dengan kemasan karung 25 kg dan kemasan ulang 1 kg dan 1/2 kg. Biasanya dijual melalui marketplace Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Selain tentu saja melalui kontak langsung penjual di WA 08161813867.

Sedangkan tepung kentang dari Cina, India, Denmark, Belgia, Rusia dan Polandia biasanya memiliki kualitas yang lebih rendah. Sehingga dijual dengan harga yang lebih murah. Apakah nanti harga yang lebih murah itu akan menjadi pilihan atau tidak, hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna. Ada yang menginginkan fungsinya saja, tetapi tidak memperhitungkan aroma, maka tepung kentang yang lebih murah tersebut akan menjadi pilihan. Tapi kalau untuk digunakan sebagai bahan utama, dimana penampilan warna dan aroma sangat diperhitungkan, maka banyak yang memilih buatan Jerman atau Belanda. Demikianlah kenyataannya.

Jadi apakah Anda lebih mementingkan kualitas atau harga? Andalah yang paling tahu.

Baca juga : Jual Tepung Kentang Berkualitas

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.