Harga Tepung Kentang Per Kg

Harga tepung kentang per kg yang dijual secara eceran tergantung mereknya. Dan rata-rata yang beredar saat ini adalah tepung kentang dalam kemasan repack. Yaitu pengemasan ulang dari tepung kentang yang asalnya adalah kemasan per karung. Ada yang kemasan 20 kg. Ada juga yang dikemas per 25 kg. Namun rata-rata yang banyak beredar adalah kemasan 25 kg. Harga eceran yang ditawarkan berkisar dari Rp 50.000,- perkg sampai dengan Rp 100.000,- per kg.

harga tepung kentang per kg

Harga tepung kentang per kg eceran dan grosir.

Pada saat artikel ini ditulis, yaitu pada awal Januari 2020. Dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar sekitar 14 ribuan. Harga yang ditetapkan penjual secara rata-rata adalah  di kisaran 45 ribu sampai seratus ribu. Itu untuk harga eceran. Kalau untuk harga per sak bisa lebih murah lagi. Karena dianggap seperti pembelian grosir.

Contohnya harga tepung kentang atau potato flake merek Emsland dari Jerman. Harga ecerannya Rp 51.000,- per kg. Tapi kalau pembelian per karung isi 25 kg, maka harga per kg nya Rp. 42.300,-. Selisih Rp. 8.700,- per kg. Lumayan juga selisihnya kalau pembeliannya dalam jumlah banyak. Dan pembelian grosir memang cocok untuk usaha makanan yang membutuhkan tepung kentang dalam jumlah cukup banyak. Kalau dihitung secara total dalam jangka waktu tertentu akan cukup besar nilainya. Tentu saja pembelian dalam jumlah besar ini harus mempertimbangkan  masa kadaluarsanya. Biasanya tidak akan lebih dari 10 bulan. Karena semenjak diproduksi di pabrik sampai ke gudang importir di Indonesia memerlukan waktu sekitar 2 bulan. Jadi jangan sampai menimbun stok yang terlalu besar. Supaya terhindar dari kerugian akibat melewai masa kadaluarsa.

Baca juga : Jual Tepung Long Potato

Pertimbangan dalam menentukan merek tepung kentang untuk produksi.

Selain harga tepung kentang per kg dari setiap merek, maka harus juga dipertimbangkan karakter dari masing-masing merek tepung kentang. Untuk saat ini dari segi harga, maka merek Knorr adalah yang paling mahal. Tepung kentang ini didistribusikan oleh Unilever Indonesia. Harga ecerannya berkisar 100 ribuan per kg. Tapi kadang-kadang mereka mengadakan promo berupa potongan harga. Kadang-kadang dijual 50 – 60 ribu per kg. Walaupun itu jarang sekali. Aroma tepung kentang merek Knorr ini menuirut saya palin enak. Penggunaannya juga relatif mudah.

Untuk merek lain yang aroma dan warnanya mendekati Knorr adalah merek Emsland dari Jerman. Harga tepung kentang per kg dengan merek Emsland ini adalah Rp. 51.000,-. Kalau pembelian per karung atau per sak isi 25 kg adalah Rp. 42.300,- per kg. Cukup jauh selisih harganya antara Emsland dengan Knorr. Itulah yang menyebabkan merek Emsland makin meningkat penggunanya.

Untuk merek lain yang lebih murah bisa diperoleh dengan harga eceran 40 ribu an. Misalnya merek Lutosa dari Belgia, merek Vegit dari India dan beberapa merek lain. Aromanya memang tidak sekuat merek Knorr dan Emsland. Tapi kalau untuk produksi makanan tertentu bisa dijadikan pilihan.

Selain harga dan kualitas produk, maka harus dipertimbangkan juga ketersediaan barang. Karena kadang-kadang ada beberapa merek yang kurang kontinu ketersediaannya. Untuk itu pembeli bisa melakukan kontrak pengadaan dalam jangka waku tertentu agar tidak mengganggu jadwal produksi mereka. Dan ini sudah umum dilakukan oleh industri makanan seperti perkedel instan, tepung premix long potato dan lain-lain.

Untuk mengetahui harga tepung kentang dan pati kentang terbaru silakan menghubungi WA 0816-181-3867 atau 0812-8894-7018.

 

Salam.

Juragan Tepung Kentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.