Harga Tepung Kentang Per Kilo

Harga tepung kentang per kilo bervariasi berdasarkan mereknya. Selain itu juga dapat berubah mengikuti perubahan kurs rupiah terhadap dollar. Karena saat ini sebagian besar tepung kentang yang diperjual belikan adalah tepung kentang impor. Selain tentu saja yang paling menentukan adalah faktor permintaan dan pasokan. Mengikuti hukum ekonomi seperti produk-produk yang lainnya. Anda bisa memperoleh informasi harga tepung kentang dengan menghubungi WA 0816 181 3867.

harga tepung kentang per kilo
harga tepung kentang per kilo

 

Berapa harga tepung kentang per kilo?

Walaupun tidak sangat bergejolak, namun harga tepung kentang per kilo selalu ada perubahan. Terutama akibat faktor fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Kalau pengaruh dari faktor pasokan dan permintaan tidak terlalu sering menyebabkan perubahan harga. Selama beberapa tahun ini harganya tidak terlalu banyak berubah. Kecuali pada pertengahan tahun 2018 sampai dengan pertengahan tahun 2019. Karena saat itu terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim di wilayah Eropa. Sehingga panen banyak yang gagal. Akibatnya pasokan kentang sebagai bahan baku tepung kentang menjadi sedikit. Otomatis karena permintaan pasar banyak yang tidak terpenuhi. Akhirnya menyebabkan perubahan harga naik terus.

Baca juga : Jual Tepung Kentang Berkualitas

Kenaikan harga ini tidak hanya untuk tepung kentang yang berasal dari Eropa saja. Tetapi juga yang berasal dari India dan Cina. Yang biasanya harganya dijual lebih rendah. Karena pasokan secara umum berkurang, sehingga harganya menjadi naik. Misalnya harga tepung kentang yang dari Jerman adalah Rp 40.000,- per kilo, maka biasanya harga tepung kentang dari India adalah Rp 35.000,- per kilo. Dengan berkurangnya pasokan tepung kentang secara global, maka harga tepung kentang ddari India sempat menyentuh Rp 45.000,- per kilo.

Mendekati pertengahan tahun 2019 harga tepung kentang secara bertahap mengalami penurunan. Akibat mulai normalnya pasokan dari Eropa. Khususnya untuk harga tepung kentang yang flake. Tapi untuk potato starch atau pati kentang masih sedikit turunnya.  Karena banyak importir yang belum berani melepas stoknya secara bebas. Mungkin karena kuatir terjadi kelangkaan lagi. Sebab biasanya mereka terikat kontrak pengadaan untuk pelanggan besar seperti Indofood dan lain-lain.

harga tepung kentang per kg

 

Permintaan tepung kentang yang semakin besar.

Saat ini permintaan tepung kentang terus mengalami peningkatan. Karena manfaatnya semakin banyak dikenal. Sehingga aplikasinya terhadap berbagai produk juga makin luas. Penggunanya dari kalangan rumah tangga, khususnya di perkotaan terus meningkat secara nyata. Jadi tidak terbatas untuk industri makanan atau industri lain yang skala besar saja.

Usaha catering yang dulu banyak memanfaatkan kentang segar, sekarang banyak yang mulai memanfaatkan tepung kentang. Karena selain harganya relatif stabil dan murah, juga penggunaannya dapat meningkatkan efisiensi waktu. Tidak perlu merebus dan mengupas lagi. Cukup ditambahkan air hangat dan bumbu, maka produk ini bisa langsung digunakan. Selain lebih mudah dalam penyimpanannya, karena sudah dalam bentuk tepung.

Usaha kecil menengah lainnya antara lain pembuatan donat, pabrik roti, pabrik makanan ringan, restoran juga semakin banyak yang memanfaatkan tepung kentang. Baik yang flake maupun yang starch. Apalagi tepung kentang yang kami distribusikan ini sudah bersertipikat halal internasional yang diakui MUI. Dan secara kualitas sangat baik. Karena mengikuti standar Eropa. Khususnya Jerman yang dikenal memiliki standar tinggi dalam industri mereka.

Negara-Negara Pengekspor Tepung Kentang ke Indonesia.

Saat ini yang banyak mengekspor tepung kentang ke Indonesia adalah negara Jerman, Belanda, Denmark, Belgia, Polandia, Rusia, India dan Cina. Walaupun yang paling banyak di pasaran dan dikenal luas adalah yang dari Belanda dan Jerman. Sedangkan yang dari negara lain selain jumlanya lebih sedikit, juga kualitasnya tidak sebaik yang berasal dari Belanda dan Jerman. Tapi pelanggan memang memilih berdasarkan perhitungan bisnis. Tidak hanya berdasarkan kualitas saja. Karena dari perhitungan bisnis inilah, yang akan menentukan bahan baku tepung kentang yang mana akan digunakan.

Apakah Anda berminat memanfaatkan tepung kentang dalam usaha Anda?

Silakan menghubungi kami via WA : 0816 181 3867 atau 0812 8894 7018.

 

Salam.

Juragan Tepung Kentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.