Harga Tepung Talas

Harga Tepung Talas WA 0812 8894 7018

Sebagai tepung produksi lokal di Indonesia, tepung talas relatif tidak terpengaruh nilai kurs dollar terhadap rupiah. Harganya cenderung stabil. Bahkan seandainya skala produksinya ditingkatkan dan banyak perusahaan yang menggarapnya, maka ada kemungkinan harganya akan turun. Dan diharapkan kualitas produknya juga makin baik. Karena jika dibandingkan dengan tepung pati kentang yang saat ini didatangkan dari luar negeri, harga tepung talas masih relatif lebih mahal. Bisa jadi karena produksinya belum efisien. Masih terlalu sedikit untuk ukuran industri. Dan yang beredar dipasaran juga banyak dari produksi UKM. Yang ditinjau dari sisi kualitas dan pengemasan masih bisa dikembangkan agar lebih baik lagi.

harga tepung talas

 

Harga Tepung Talas di Pasar

Saat ini tepung talas semakin banyak dijual di toko-toko bahan kue dan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan OLX. Karena peminat tepung talas makin banyak. Ini tidak lepas dari popularitasnya yang makin naik.  Ini hal yang wajar. Karena secara alami konsumen selalu menyukai kreasi baru yang ditawarkan. Dan para kreator bisnis kuliner selalu mencoba berbagai hal baru untuk ditawarkan ke pelanggannya. Contohnya adalah kue lapis talas Bogor yang beberapa waktu lalu sempat menjadi viral. Bahkan jumlah pembelian dibatasi karena membludaknya peminat. Akhirnya hal ini memancing para kreator lain untuk memproduksi berbagai jenis makanan dengan bahan tepung talas.

Untuk memantau harga tepung talas terbaru bisa dilihat di marketplace Shopee KLIK DISINI.
Sedangkan di Tokopedia KLIK DISINI.

 

Kegunaan Tepung Talas

Manfaat dan keunggulan produk yang dipunyai oleh Tepung talas adalah terletak pada nilai gizinya. Seperti yang banyak diketahui, umbi talas itu memang sangat banyak memiliki manfaat didalam bidang kesehatan, antara lain meningkatkan sistem imun tubuh, membantu agar tekanan darah tetap stabil, menyehatkan jantung, mengatasi kelelahan, bersifat anti aging dan banyak lagi. Tidak heran jika diolah menjadi tepung talas, khasiat yang dipunyainya tetap tinggi. Tepung talas mempunyai kandungan karbohidrat, serat kasar, abu, lemak, kalori dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. Tepung talas mudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya, sebab memiliki  kapasitas penyerapan air dan penyerapan lemak yang tinggi. Juga tepung talas mempunyai kandungan serat kasar yang tinggi. Kandungan serat kasar ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh kita dalam sehari. Selain itu juga makanan yang berserat tinggi, manfaatnya sangat baik untuk pencernaan. Mengkomsumsi tepung talas memang sangat cocok untuk orang yang sedang ingin melakukan diet. Tetapi tetap tidak boleh berlebihan, karena nilai karbohidratnya yang tinggi dapat menyebabkan kegemukan.

 

Resep Kue Talam Talas

Bahan A (lapisan pertama) :

  • 300gr talas yg sudah di kukus
  • 150gr gula pasir
  • 400ml santan
  • 150gr tepung tapioka
  • 50gr tepung beras
  • 1/2sdt garam

CARA MEMBUAT:

  1. Siapkan talas yg sudah di kukus (bisa diganti tepung talas yang dicampur air)
  2. Di blender bersamaan dgn gula dan santan.
  3. Tuang ke mangkok dan tambahkan sisa bahan, kemudian aduk sampai rata
  4. Tuang ke loyang yg di alasi kertas baking
  5. Kukus selama 30 menit

Bahan B (lapisan kedua) :

  • 60 gr tepung beras
  • 40 gr tepung tapioka
  • 1 sdm tepung ubi ungu (kalau ngga ada bisa di ganti pewarna makanan)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 350 ml santan

CARA MEMBUAT :

  1. Campur semua bahan jadi satu, kemudian diaduk sampai rata. Kalau perlu di saring supaya tidak ada tepung yang masih bergerindil
  2. Tuang di atas adonan talas
  3. Kukus lagi selama 20 menit
  4. Matikan api, lalu angkat dan biarkan dingin
  5. Setelah dingin keluarkan dari loyang dan dipotong-potong menurut selera.

Semoga bermanfaat.

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.