Ide Bisnis Sederhana Bernilai Milyaran

Ide bisnis sederhana bernilai milyaran?. Benar nilainya kalau ditotal memang milyaran. Dan idenya tidak benar-benar original. Tapi dengan memadukan ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Sehingga nampak baru. Membuat orang jadi penasaran. Dan berkata, ” Wah, saya harus mencoba produk unik ini”.

ide bisnis sederhana bernilai milyaran
Gambar ilustrasi long potato

 

Bisnis Jajanan Kekinian Long Potato

Ini adalah contoh ide bisnis sederhana bernilai milyaran yang terus membesar. Ide aslinya malah dari luar negeri. Kemudian dicontoh oleh perusahaan di Indonesia. Dan fokus perusahaan tersebut hanya memproduksi tepung premix-nya saja. Kemudian dijual secara grosir dan eceran. Pemasarannya dilakukan dengan mengikuti pameran-pameran di dalam dan luar negeri. Juga melalui marketplace Tokopedia. Dan ternyata mendapat sambutan yang sangat baik, Malah ada salah satu pelanggannya mengembangkannya dengan membuat sistem waralaba. Jadi orang yang ingin membuka usaha ini cukup menyetorkan sejumlah uang kepadanya. Lalu dia memberikan satu set peralatan lengkap untuk membuat outlet. Tentu saja tidak hanya alat kerja, tapi juga termasuk bahan bakunya. Dari satu pelanggan ini saja setiap bulan paling tidak pendapatan kotornya mencapai 400 juta rupiah. Padahal pelanggannya cukup banyak untuk seluruh Indonesia. Jadi sudah terbayang milyaran rupiah yang masuk rekeningnya setiap bulan.

Ide bisnis sederhana bernilai milyaran long potato ini kalau diperhatikan adalah, menggabungkan jajanan kentang goreng dengan perkedel. Kalau kentang goreng yang biasa dijajakan panjangnya terbatas sekitar 5 cm saja. Lalu dikembangkan dengan cara pembuatan perkedel, sehingga bisa menjadi sangat panjang. Pada umumnya untuk usaha ini memiliki panjang 25 cm. Sehingga nampak seperti “kentang goreng monster”. Karena penampilannya yang sangat panjang tersebut. Oleh karena itu jajanan ini juga dikenal dengan nama Monster Fries.

Ide bisnis sederhana bernilai milyaran lainnya

Anda sudah pasti mengenal merek Aqua. Air minum dalam kemasan yang menjadi pelopor di bidangnya. Kalau mempelajari sejarahnya kita akan tahu, bahwa ide dasarnya adalah menyediakan air minum yang terjamin kebersihan dan kesehatannya, didalam kemasan yang mudah dibawa kemana-mana. Karena saat produk ini dibuat banyak turis mancanegara yang mengeluh dengan kualitas air minum di Indonesia, Khususnya di lokasi-lokasi wisata. Sehingga timbul ide dari Bapak Tirto Utomo untuk menyediakan air yang bersih dan sehat didalam kemasan. Dan ternyata ide ini mendapatkan sambutan yang sangat baik. Terlihat dari para turis yang sering membawa minuman ini saat berwisata. Jadi ide sederhana ini berubah menjadi bisnis yang bernilai milyaran. Karena merupakan solusi tepat dari permasalahan yang ada. Apalagi ternyata pasarnya sudah berkembang tidak hanya turis saja. Bahkan sampai ke orang-orang yang sedang ada hajatan dirumahnya, juga menyediakan minuman ini.

Ternyata ide sederhana ini mengundang perusahaan-perusahaan lain untuk membuat produk yang serupa. Bahkan ada yang berusaha membuat kemasan dan mereknya mirip dengan merek Aqua. Tapi di benak banyak orang tetap saja kalau ditanya air minuman dalam kemasan pasti jawabannya Aqua. Oleh karena itu supaya memiliki unsur pembeda, beberapa merek memiliki kemasan yang lebih unik. Walaupun secara isi boleh dikata sama saja. Yaitu air.

 

aqua

Gambar ilustrasi air kemasanIde bisnis sederhana bernilai milyaran lainnya adalah mengemas minuman teh dalam botol. Sehingga disebut dan diberi merek Teh Botol. Pada saat ide ini dilontarkan banyak yang meragukan akan berhasil. Sebab saat itu orang sangat menyukai minum teh yang baru diseduh. Karena wangi tehnya memang sangat terasa. Tapi dapat dibayangkan kerepotannya kalau dalam satu acara yang besar harus menyediakan ratusan cangkir teh. dari pembuatan sampai penyajiannya yang akan memakan banyak energi. Dengan resiko tumpah saat disajikan atau diminum. Belum lagi setelah selesai. Berapa banyak cangkir yang harus dicuci. Dan ternyata dengan strategi yang baik akhirnya minuman teh dalam botol ini disukai masyarakat. Dan menjadi merek bernilai tinggi.

Masih banyak produk-produk lain yang ide awalnya sederhana saja. Dan saat ini sudah menjadi bisnis yang bernilai milyaran, bahkan trilyunan.

Apakah Anda memiliki ide bisnis yang kelihatannya sederhana?

Menemukan ide bisnis sederhana sebenarnya tidak sulit. Kita bisa mengamati dan mencatat apa yang menjadi masalah dari orang-orang di sekitar kita. Atau saat ini kita bisa mengamati masalah melalui pembicaraan di media sosial. Catat saja semua masalah itu. Lalu buat daftar masalah yang dapat segera dicari solusinya. Sedang yang masih memerlukan waktu untuk mencarikan solusinya disimpan dulu. Suatu saat pasti akan ditemukan solusinya.

Jika Anda sudah menemukan solusinya, kemudian uraikan dalam semacam proposal yang lebih rinci. Agar bisa dibaca dan dihitung secara bisnis. Sehingga bisa diterapkan menjadi bisnis yang sesungguhnya. Tapi jangan terlalu berharap akan langsung mendapatkan sambutan. Sebab secara alami orang akan ragu-ragu atau bahkan menolak suatu solusi yang kelihatannya sederhana. Padahal merupakan jawaban suatu masalah bagi banyak orang. dan bisa merupakan bisnis bernilai milyaran kalau dilaksanakan.

 

Baca juga : Efek negatip selalu “berpikir” positip

Leave a Reply

Your email address will not be published.