Jual Tepung Kentang Untuk Long Potato

Jual tepung kentang untuk long potato atau ada yang menyebut juga monster fries dan super crunch. Kemasan tepung kentang untuk jajanan long potato ini adalah 1000 gram dan 500 gram. Ada juga yang masih dalam kemasan aslinya. yaitu kemasan 25 kg. Tepung kentang yang dijual ini berasal dari Jerman dan Belgia. Tidak menutup kemungkinan untuk menambah merek lain. Semuanya sudah bersertipikat halal yang diakui Majelis Ulama Indonesia. Untuk info harga silakan lihat dibawah ya.

jual tepung kentang untuk long potato

Apa itu long potato?

Long Potato atau Monster Fries atau Super Crunch adalah jajanan kekinian yang makin banyak penggemarnya. Awalnya banyak saya lihat di Jepang dan Taiwan. Ada juga di Australia. Entah siapa yang memulainya. Yang jelas penyebarannya cukup cepat ke berbagai negara. Di Indonesia sendiri mulai dijual di mall-mall sekitar 4 tahun yang lalu. Dan langsung merebut banyak perhatian karena bentuknya yang unik. Jajanan ini mirip kentang goreng atau French Fries yang biasa ditemui di outlet ayam goreng seperti KFC. Tapi bentuknya lebih panjang. Malah sangat panjang. Sampai 25 cm panjangnya. Untuk rasa tentu saja mirip kentang goreng. Tapi dalamnya agak berongga. Tidak padat seperti kentang goreng biasa. Hal ini karena long potato dibuat dari tepung kentang atau potato flakes yang dicampur dengan bahan lain seperti maizena, penyedap rasa dan garam. Kemudian dibentuk dengan cetakan khusus. Sehingga bisa berbentuk kentang yang panjang. Kemudin digoreng dalam penggorengan deep fryer sampai matang. Setelah itu diberi toping sesuai selera pembeli. Misalnya mayonaise dan saus sambal. Ada juga yang diberi tambahan bumbu tabur beraneka rasa seperti balado, sapi panggang, rumput laut dan lain-lain.

Jual tepung kentang untuk long potato

Tepung kentang yang dipakai untuk long potato adalah yang berbentuk serpihan atau flakes. Oleh karena itu disebut juga dengan potato flakes. Ukuran serpihannya tidak terlalu besar. Tapi tidak halus juga. Warnanya kuning seperti pada umumnya warna kentang. Saat dituangi dengan air hangat atau air panas akan tercium aroma kentang yang kuat. Ya memang untuk menggunakan tepung kentang ini harus dicampur air terlebih dahulu. Lalu bisa digunakan untuk berbagai resep seperti long potato ini, kentang lumat atau mashed potato, perkedel. kroket, donat kentang, kerupuk dan lain-lain.

Nah yang sering terjadi adalah orang menyebut tepung kentang untuk semua tepung yang berasal dari kentang. Tepung kentang (potato flakes) ini berbeda dengan pati kentang (potato starch). Dari proses pembuatan, warna produk dan fungsinya berbeda. dari sisi harga jual juga berbeda. Pati kentang warnanya putih seperti maizena atau pun tapioka. Fungsinya untuk membuat saus masakan, tepung gorengan premium seperti di restoran Korea dan Jepang, tepung bakso, perekat dan seterusnya. Jadi jangan sampai keliru ya kalau mau beli. Karena harga pati kentang lebih murah dari tepung kentang, menyebabkan orang memilih membelinya. Padahal produk yang akan dibuat adalah long potato. Yang membutuhkan tepung kentang flakes untuk pembuatannya. Sehingga terpaksa membeli lagi tepung kentang yang memang sesuai peruntukannya.

jual tepung kentang untuk long potato 01
Gambar tepung kentang atau potato flakes.

Harga tepung kentang untuk long potato

Harga tepung kentang berfluktuasi mengikuti apresiasi rupiah terhadap dollar. Saat ini untuk harga tepung kentang merek Emsland yang berasal dari Jerman adalah Rp 49.000,- per kg. Sedangkan harga untuk kemasan karung isi 25 kg adalah Rp 1.100.000,-. Kalau memang pemakaian banyak kami sarankan untuk memilih yang kemasan karung ini. Karena lebih murah harganya dibandingkan dengan harga eceran.

Harga tepung merek Lutosa adalah Rp 42.000,- per kg. Dan harga kemasan karung isi 25 kg adalah Rp 950.000,- Oh ya Lutosa ini berasal dari Belgia.

Kedua merek tepung kentang ini bisa digunakan untuk long potato. Kalau masalah perbedaan memang terletak di aroma dan tingkat kekeringan tepungnya. Yang merek Emsland aromanya lebih kuat dibandingkan yang merek Lutosa. Masa simpan merek Emsland lebih lama. Tapi tentu saja terserah masing-masing pengguna. Karena kalau menyangkut perhitungan bisnis, maka pemilihan merek tepung disesuaikan harga jual produknya. Karena tergantung di area mana jualannya.

Resep long potato

Campuran dasar dari adonan tepung long potato adalah tepung kentang, maizena, penyedap rasa (vetsin/ msg) dan garam. Bisa divariasikan dengan penambahan tepung lain seperti tepung beras, pati kentang, modified starch, terigu dan yang sejenisnya. Bisa juga ditambahkan bubuk lada dan bubuk bawang putih untuk memperkuat rasanya. Tergantung kreatifitas masing-masing.

Contoh paduan tepung long potato adalah :

  • 80 gram tepung kentang
  • 20 gram maizena
  • 1/4 sdt vetsin/msg
  • 1/4 sdt garam

Semua bahan tersebut diaduk rata. Dan kalau akan digunakan dicampur dengan air sekitar 200 ml. Kemudian dicetak dengan alat cetak khusus atau bisa juga dengan plastik segitiga yang biasa digunakan untuk membuat kue kering.

Info pembelian tepung kentang :

WA 0812 8894 7018 dan WA 0816 1813 867.

Baca juga : Jual Tepung Kentang Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.