Jual Tepung Talas Ungu

Jual Tepung Talas Ungu Dari Bogor WA 081288947018

Pada awalnya umbi talas hanya diolah sebagai camilan yang pengolahannya digoreng atau dikukus saja. Namun setelah ada seorang pengusaha muda di Bogor, yang berhasil membuat kreasi baru berupa kue lapis talas, maka popularitasnya menjadi meningkat. Dan sampai saat ini umbi talas yang sudah diolah menjadi tepung talas makin banyak dicari.

jual tepung talas ungu

 

Manfaat Tepung Talas

Talas merupakan tanaman yang pertumbuhannya tersebar di seluruh Indonesia. Produktivitasnya cukup tinggi, yaitu sekitar 661 kunital per hektar (berdasarkan data Dirjen Tanaman Pangan tahun 2013). Walaupun yang paling populer adalah talas yang berwarna ungu, namun sesungguhnya ada beberapa variasi talas. Hal ini tidak lepas dari popularitas minuman kekinian, yaitu Bubble Drink yang salah satu variannya adalah Taro atau  Talas yang berwarna ungu. Beberapa variasi talas selain yang ungu, yaitu putih, merah, kuning muda, kuning atau oranye, coklat, dan lainnya.

Pemanfaatan talas lebih meluas setelah diolah menjadi tepung. Karena umur simpannya menjadi jauh lebih lama dibandingkan dalam keadaan segar. Selain itu dengan dijadikan tepung juga menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah diaplikasikan ke berbagai produk. Misalnya untuk cookies, bolu lapis, pengental sup, pengganti terigu dan lain-lain. Khusus untuk orang-orang yang bermasalah dengan gluten dari terigu, bisa menggunakan tepung talas ini sebagai penggantinya.

jual tepung talas

Beberapa manfaat lain dari tepung talas

Jual tepung talas ungu yang memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai bahan baku kue bolu lapis, cookies dan lain-lain. Untuk resep-resep kue yang berbahan baku dari tepung talas ungu bisa dicari Youtube, Facebook dan lain-lain.
  2. Baik untuk kesehatan usus. Karena talas mengandung pati resisten yang bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri baik di usus besar. Dengan banyaknya bakteri baik akan mencegah perut kembung, diare dan sembelit.
  3. Membantu menurunkan berat badan, karena tepung talas memiliki serat kasar yang cukup banyak. Sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Tapi jangan juga terlalu banyak mengkonsumsinya, karena karbohidrat talas cukup tinggi.
  4. Talas juga mengandung antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu antioksidan tersebut merupakan quercetin, yaitu polifenol yang berfungsi memberikan warna ungu pada talas. Juga bermanfaat untuk melawan kanker.
  5. Membantu mengendalikan tekanan darah. Karena talas mengandung unsur Kalium yang cukup besar.
  6. Membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini disebabkan kandungan pati resisten dan serat kasar dalam talas. Pati resisten bermanfaat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. Dan ini sangat baik bagi penderita diabetes.
  7. Ada penelitian in vitro dari Anticancer Drugs yang hasilnya menemukan bahwa ternyata ekstrak talas efektif mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara dan juga kanker prostat. Ini bisa dilanjutkan ke penelitian in vivo untuk mengetahui manfaatnya lebih jauh.
  8. Walaupun cukup langka terjadi, namun menarik sebagai info bahwa talas mengandung cukup banyak unsur Seng (Zinc) yang bisa mencukup kebutuhan kita sehari-hari.

 

Resep Lapis Talas Bogor

Bahan :

Bahan A :

  • 6 butir telur utuh
  • 1 butir kuning telur
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sdt SP

Bahan B :

  • 200 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • garam secukupnya
  • vanili essence secukupnya

Bahan C :

  • 2 bungkus santan Kara 50-60 ml air ( tambahkan air sampai mencapai volume 180ml )

Bahan D :

  • pasta ungu ( untuk lapisan ke dua )

RESEP BUTTER CREAM :

  • 200 gram Gula halus
  • 100 gram butter ( merk anchor )
  • 2 sdm skm garam secukupnya jika menggunakan butter yg un salted.

Untuk satu resep butter cream bisa untuk satu cake hias bagian atas dan tengah . Namun jika Anda ingin full cake gunakan 2x atau 3x resep. Butter cream ini cocok sekali buat cake potong atau hiasan kue karena rasa nya yang enak dan tidak kesed di lidah .

 

Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.