Kelebihan Bisnis Online Shop

kelebihan bisnis online shop

Kelebihan Bisnis Online Shop dibandingkan bisnis konvensional telah menarik banyak orang untuk serius menggelutinya. Apalagi saat ini sarana dan prasarana untuk mengembangkan bisnis ini menjadi semakin baik. Dan masyarakat juga semakin terbangun kesadaran dan kepercayaannya untuk berbelanja secara online.

Menariknya lagi ternyata banyak produk yang bisa dibeli secara online. Tidak terbatas pada barang saja. Walaupun pada mulanya istilah online shop adalah merupakan perwujudan toko konvensional yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, tetapi cara berbelanjanya secara online. Namun dalam perkembangannya banyak sekali produk yang bisa dijual secara online. Seperti produk jasa, aneka produk digital dan bahkan sampai pembayaran tagihan listrik, PAM, telepon, cicilan kredit, pembayaran BPJS dan masih banyak lagi.

Kelebihan bisnis online shop yang menguntungkan.

Sebagai pelaku bisnis online shop saya mencatat ada beberapa kelebihan online shop yang menguntungkan, yaitu :

#1. Bisa dimulai dari modal yang sangat kecil. Asal Anda memiliki HP yang bisa mengakses internet dan memiliki kuota cukup, maka bisnis online shop sudah bisa dimulai. Apalagi dengan berkembangnya aplikasi-aplikasi gratis yang sangat membantu seperti Whatsapp atau WA, aplikasi pengolah gambar atau foto, aplikasi pengolah video dan berbagai aplikasi lain yang terkait. Dengan modal lima puluh atau seratus ribu saja Anda sudah bisa berbisnis pulsa atau paket data internet. Dan ini bisa dilakukan tanpa keahlian yang rumit.

#2. Orang yang gaptek juga bisa menikmati kelebihan bisnis online shop. Seperti contohnya Ibu Mona yang mampu memasarkan bibit kelapa kopyor dan menghasilkan omset ratusan juta dalam waktu beberapa bulan saja. Beliau hanya mengandalkan kebisaan untuk mengunggah video ke Youtube yang cukup direkam melalui HP saja. Produk yang dipasarkan juga bukan milik Beliau sendiri.

Simak kisahnya di : Sukses Bisnis Online Berkat Sikap Hidup Positip

#3. Tidak perlu memiliki produk sendiri. Bahkan Anda bisa memasarkan suatu produk tanpa perlu berhubungan langsungĀ  dengan pemilik produk. Inilah kelebihan bisnis online shop yang pada awalnya saya lakukan. Cukup dengan mengambil gambar di salah satu toko di marketplace, kemudian memasarkannya melalui media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, OLX, Jualo dan juga website. Calon pembeli yangberminat harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu, baru kemudian uang tersebut dibelanjakan dan langsung dikirim ke pembeli atas nama Anda. Cara seperti ini bisa dibaca di Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal.

#4. Tidak perlu mempunyai toko fisik. Bahkan dari ruang kamar pun bisa mengelola sebuah atau beberapa buah online shop.Pakaian kerja juga cukup kaos oblong dan celana pendek atau sarung saja he he he. Dan pembeli juga tidak menanyakan masalah itu. Yang penting produk yang mereka inginkan tersedia dan dapat dikirim ke mereka. Tapi bukan berarti kondisi yang terlihat santai tersebut tidak perlu profesional. Justru andalan online shop adalah reputasi yang terbukti profesional. Sangat bertanggung jawab terhadap kualitas produk dan pelayanan. Sehingga akan terbangun nama baik online shop yang bersangkutan. Dan akhirnya pelanggan akan makin banyak.

#5. Area pemasaran tidak terbatas. Bahkan dengan dana yang minim tidak membatasi wilayah pemasaran. Selama domisili pembeli masih bisa dijangkau ekspedisi, maka produk bisa dikirim. Apalagi kalau produk digital yang dipasarkan, malah tidak memerlukan ekspedisi sama sekali. Cukup ada akses internet saja, maka produk pun bisa dikirimkan.

#6. Toko bisa dibuka terus menerus selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Dengan tambahan sedikit modal, maka online shop bisa diprogram dengan pelayanan otomatis seperti menjawab order, membalas email dan berbagai fitur lainnya. Sehingga potensi kehilangan pembeli bisa dikurangi. Inilah kelebihan bisnis online shop di situs online shop yang sudah besar.

#7. Kelebihan bisnis online shop berikutnya adalah sifatnya yang luwes atau fleksibel terhadap perubahan. Karena pengelolaannya bisa dilakukan secara online, maka respon terhadap perubahan juga lebih cepat. Untuk mengubah harga, mengubah deskripsi, mengubah pelayanan dan beberapa perubahan lain akan cepat bida dilakukan.

#8. Bisa menerima beberapa metode pembayaran. Karena semua secara online, maka pembayaran juga banyak dilakukan secara online. Baik melalui internet banking, mobile banking, paypall, payoner dan pembayaran melalui pihak ketiga seperti Indomaret dan Alfamart. Semakin fleksibel suatu toko online, maka akan semakin banyak mengundang orang untuk berbelanja.

#9. Mendapatkan data pelanggan untuk kepentingan pemasaran. Saat bertransaksi di suatu online shop, maka pembeli selalu memberikan data nomor kontak, alamat rumah dan juga email. Data ini sangat tinggi nilainya bagi online shop dan bisa diolah untuk pemasaran produk-produk yang lain.

#10. Kelebihan bisnis online shop yang paling menonjol adalah bisa dikontrol dari mana saja. Bahkan untuk yang skalanya masih kecil dan dikelola sendiri juga memberikan keleluasaan untuk melayani komunikasi dengan pelanggan dimana saja. Saat sedang jalan-jalan santai atau sedang ke pasar pun tetap bisa melayani komunikasi pelanggan.

Baca juga : Cara Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

 

 

Salam,

Jarot BS – 0812-8894-7018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.