Kiat Sukses Bisnis Online di Facebook

kiat sukses bisnis online di facebook

Kiat sukses bisnis online di Facebook itu sebenarnya mirip dengan kiat sukses untuk media sosial lainnya. Kalau Anda dan bisnis online Anda ingin ditemukan harus dimulai dengan riset awal yang rinci. Mencari produk apa yang diminati pengguna Facebook. Siapa saja kompetitornya dan seterusnya.

Baca juga : Kiat sukses bisnis online di Instagram 

Tahapan kiat sukses bisnis online di Facebook.

#1. Akun khusus buat jualan. 
Akun pribadi di Facebook memang dimaksudkan untuk berinteraksi antar teman. Itulah tujuan awalnya. Oleh karena itu Facebook membuat aturan supaya akun pribadi tidak digunakan untuk jualan. Kalau ketahuan buat jualan bisa kena sanksi akun dibekukan. Oleh karena itu sebaiknya dibuat akun pribadi khusus untuk jualan. Sebenarnya untuk tujuan komersial dibuat fasilitas lain oleh Facebook, yaitu Fanpage. Namun bukan berarti akun pribadi tidak bisa untuk berjualan. Dengan membuat status-status yang sifatnya informasi dan tidak secara langsung berjualan, maka diharapkan transaksi akan terjadi.

Selain membuat akun pribadi untuk jualan juga harus membuat Fanpage yang isinya memang produk-produk jualan Anda. Karena Facebook telah mengembangkan Fanpage dengan fitur toko online, sehingga makin menarik dan bisa dikembangkan sebgai media jualan yang sangat bagus. Selain itu Fanpage juga sebagai sarana untuk beriklan di Facebook.

#2. Menambah teman tertarget. 
Setiap orang memiliki beragam interest yang bisa jadi berbeda satu sama lain. Misalnya si A memiliki interest di bidang kuliner, sepakbola dan matematika. Sedang si B memiliki interest di bidang kuliner, kecantikan dan bahasa. Tapi si C memiliki interest di bidang matematika, kecantikan dan musik. Demikian seterusnya setiap pengguna Facebook interestnya dicatat saat mengisi data pendaftaran. Juga ditambah dengan data lain saat berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Data interest pengguna Facebook inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk yang Anda jual. Jadi Anda harus berteman dengan orang-orang yang memiliki kesesuaian dengan deskripsi produk Anda. Sehingga potensi terjadinya penjualan menjadi tinggi. Semakin banyak teman tertarget Anda semakin baik bagi bisnis online Anda.

Saat ini tidak mudah menambah teman dengan orang lain yang belum ada teman bersama atau mutual friend. Jadi saat mencari teman baru yang tertarget usahakan dia sudah memiliki teman bersama, supaya lebih mudah disetujui pertemanannya.

#3. Membuat status secara rutin. 
Menjadi pribadi yang menarik dan disukai sangat penting kalau ingin berjualan di Facebook. Salah satu caranya adalah membuat status yang menarik, seperti misalnya membagikan tips dan trik praktis sehari-hari. Buatlah postingan satus 10 kali sehari. Diantara status itu bisa disisipkan status produk jualan Anda, sehingga tidak terlalu mencolok dan masih bisa diterima. Jangan membuat status yang isinya produk jualan terus menerus. Selain akan membosankan dan akhirnya beresiko di unfriend teman juga beresiko dibekukan Facebook.

Status jualan selain diposting di kolom yang biasa juga bisa mengeksplorasi fitur Event dan Notes untuk memposting jualan Anda. Buatlah kreasi postingan yang tidak langsung berjualan kalau prospek Anda lebih menyukai cara yang “lunak”.

#4. Berinteraksi dengan teman-teman.
Sebagaimana dengan pergaulan sehari-hari yang membutuhkan interaksi langsung, demikian halnya dengan di Facebook. Kalau Anda ingin “dianggap” sebagai teman, maka Anda harus mau berinteraksi dengan teman-teman Anda juga. Berikan komen, like atau share status mereka. Dan jangan cuma sekali-sekali. Lakukan berkali-kali dengan konsisten. Sehingga mereka juga akan menanggapi postinmgan status Anda. Termasuk postingan jualan Anda.

Kalau Anda sudah membuat Fanpage, maka undang mereka untuk menyukai Fanpage tersebut. Jadi setiap postingan di Fanpage tersebut akan banyak dibaca. Harus diingat juga postingan di Fanpage akan lebih menarik kalau isinya tidak melulu soal jualan. Bisa ditambah postingan lain yang menarik. Bisa juga membagikan video-video yang menghibur dan informatif.

#5. Mengikuti group yang terkait. 
Carilah group-group yang terkait dengan produk Anda dan memungkinkan Anda memposting produk jualan Anda disitu. Cobalah daftar sebanyak-banyaknya. Kemudian selama beberapa waktu seleksilah mana group yang bermanfaat bagi penjualan produk Anda. Kalau yang tidak bermanfaat segera tinggalkan.

Intinya adalah di Facebook ini personal branding Anda sangat menentukan. Kalau Anda dikenal baik dan dapat dipercaya, maka banyak perhatian ditujukan ke Anda. Dan kalau sudah dipercaya akan lebih mudah melakukan penawaran penjualan.

Baca juga : Bisnis online terpercaya modal kecil 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018


YUK BELAJAR BISNIS ONLINE DISINI

(KLIK GAMBAR)

cara belajar bisnis online untuk pemula

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.