Kiat Sukses Bisnis Online di Instagram

kiat sukses bisnis online di instagram

Instagram sebagai media sosial untuk berbagi gambar semakin meningkat popularitasnya. Fitur-fiturnya juga terus ditambah dan dikembangkan. Kalau dulu hanya untuk sarana berbagi foto saja, sekarang juga bisa untuk video meskipun berdurasi pendek. Dan sebagaimana di media sosial lain, peluang memasarkan produk barang dan jasa juga bisa dilakukan di Instagram. Cuma masalahnya adalah apa dan bagaimana kiat sukses bisnis online di instagram yang sebaiknya dilakukan.

Baca juga : Cara mencari supplier di Instagram

Inilah kiat sukses bisnis online di Instagram.

1. Perbanyak jumlah follower. Terjadinya penjualan jika ada pertemuan antara manusia dengan manusia. Baik secara langsung maupun tidak langsung berhadapan. Semakin sering ada interaksi antar manusia, maka akan semakin terbuka peluang terjadinya transaksi penjualan. Kalau dalam kondisi sehari-hari adalah kemungkinan terjadinya penjualan di jalan yang ramai akan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan di jalanan yang sepi. Kalau di Instagram tempat yang ramai adalah kalau followernya banyak. Semakin banyak follower akan semakin terbuka peluang produk dilihat calon pembeli, sehingga peluang terjadinya penjualan juga tinggi.

Cara menambah follower adalah  dengan :

  1. menampilkan postingan gambar dan video yang menarik dan punya daya interaksi tinggi, misalkan gambar lucu, aneh, sexy dan berbagai kreatifitas yang  menarik perhatian lainnya.
  2. gunakan strategi follow – unfollow, yaitu kamu follow orang-orang yang kamu harapkan akan jadi pembeli produkmu. Seandainya mereka folback kamu, beberapa hari kemudian kamu unfollow mereka. Pokoknya usahakan jumlah follower harus lebih banyak dari yang following.
  3. buat private account. Ini terkesan coba-coba sebenarnya. Yang diharapkan adalah rasa penasaran seseorang untuk memfollow karena rasa keingintahuan ada apa dengan akun yang dikunci.
  4. cara berbayar adalah dengan iklan, membeli follower dan endorse artis.

2. Saat membuat postingan harus disiapkan kata-kata kunci yang akan diposting. Kata-kata kunci selalu diawali dengan hastag (#). Misalnya : #creampemutihjehan, #creamhnplatinum, dan seterusnya. Tidak boleh ada spasi. harus menyambung. Sebagai catatan untuk kiat sukses bisnis online di instagram, bahwa kata kunci ini sangat vital pengaruhnya. Jadi harus dilakukan dengan benar pencarian kata-kata kunci yang relevan dan berpotensi mengarahkan pencari produk ke tempat Anda.

3. Penempatan deskripsi produk dan kata kunci harus di postingan. Bukan di kolom komentar Karena kalau di kolom komentar tidak akan terdeteksi mesin pencari. Sehingga produk Anda susah ditemukan.

4. Buat postingan secara reguler paling tidak 10 kali sehari yang isinya tidak melulu soal produk jualan, tetapi hal-hal lain yang bermanfaat. Produk jualan misalnya cukup 2 kali saja, sedangkan postingan lain yang bukan jualan 8 kali. Karena pada prinsipnya orang tidak mau dijuali. Karena kalau postingan jualan terus akan dianggap membosankan dan akhirnya di unfollow. Masih banyak yang melewatkan kiat sikses bisnis online di Instagram ini. Sehingga yang terlihat hanya postingan produk terus. Dan akhirnya interaksinya jadi rendah, yang mengakibatkan mengecilnya peluang terjadi penjualan.

5. Tampilkan diri sebagai pribadi yang menyenangkan dan dapat dipercaya. Karena terjadinya penjualan lebih banyak karena percaya kepada penjualnya dari pada kualitas produknya.

6. Tampilkan nomor telepon di setiap postingan produk jualan, agar lebih mudah dihubungi ketika seseorang ingin membeli. Nomor telepon ditampilkan di gambar dan deskripsi. Penempatan nomor telepon di gambar yang diposting juga untuk melindungi gambar agar tidak digunakan kompetitor.

7. Gunakan nama pribadi untuk akun jualan Anda di Instagram. Prinsipnya jangan sampai orang “alergi” kalau melihat akun dengan nama produk. Karena sudah merasa akan dijuali. Dengan menggunakan nama pribadi terasa lebih alami. Lebih manusiawi. Sehingga kemungkinan terjadinya interaksi juga tinggi.

Demikian kiat sukses bisnis online di Instagram yang saat ini banyak digunakan. Bisa saja ada penambahan strategi lain sesuai selera, pengalaman dan kebiasaan masing-masing.

Baca juga : Mencari supplier yang terpecaya untuk bisnis onlne

Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 9904 7018.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published.