Langkah Pertama Pemasaran Online

Tentukan Persona Pelanggan Anda. Ini adalah langkah pertama pemasaran online yang sangat penting. Banyak yang terjebak pada masalah teknis semata. Hanya berkutat di masalah-masalah penunjang. Bukan masalah yang utama, yaitu mengenali siapa target market atau pelanggannya. Pembahasan yang dilakukan bertubi-tubi dan penuh semangat hanya masalah teknis semata. Dan melupakan pada pokok yang terpenting, yaitu pembeli produknya. Dan akhirnya setelah melangkah jauh, bahkan sangat jauh baru tahu telah melakukan kesalahan, yaitu tidak memperhatikan yang paling utama- Kepentingan Pelanggan.

Agar bisa sukses secara online, setiap organisasi harus mulai dengan mendefinisikan persona pelanggan mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk menargetkan pemirsa yang tepat, dengan pesan yang benar, melalui saluran yang benar. Tanpa menentukan yang pertama ini, Anda akan akhirnya menuangkan waktu dan uang ke dalam usaha yang salah. Catatan : Persona adalah dokumentasi yang berisi penjelasan tentang karakteristik user digabungkan dengan tujuan, kebutuhan dan ketertarikannya yang menjadi target user yang didapatkan dari hasil penelitian tentang user yang sesuai target. Istilah Persona diperkenalkan pertama kali oleh Alan Cooper yang menggunakan persona dalam perancangan interaksi secara praktis untuk menghasilkan produk high-tech.

Jadi bagaimana Anda mendefinisikan persona pelanggan Anda? Berikut adalah panduan singkatnya.

Langkah Pertama Pemasaran Online Yang Sangat Penting

langkah pertama pemasaran online

 

PERTAMA, PELAJARI KONSUMEN ANDA.

Jika Anda adalah organisasi business-to-business (B to B), atau nirlaba, perhatikan dari mana pendapatan Anda berasal. Setelah melihat aturan 80/20, Anda harus dapat dengan cepat mengelompokkan sub kelompok yang bermakna yang termasuk dalam kategori pelanggan ideal. Untuk bisnis-ke-konsumen (B to C), ini adalah melihat kelompok pelanggan mana yang menjadi pelanggan tetap atau berulang Anda, melakukan pembelian barang yang paling menguntungkan.

Baca juga : Cara bisnis onlline shop tanpa modal

KEDUA, SIAPA PELANGGAN ANDA?

Sekarang Anda tahu siapa pelanggan terbaik Anda berada di atas kertas, siapakah mereka dalam kehidupan nyata? Penting untuk melihat siapa sebenarnya orang tersebut, karena kelompok individu yang berbeda memiliki sistem nilai yang berbeda, yang memiliki masalah dengan pemecahan masalah dan pola perilaku berbeda.

Beberapa contoh tren yang harus dicari:

  • Demografi (Usia, Jenis Kelamin, Pendapatan, Lokasi)
  • Judul Kerja dan Deskripsi Pekerjaan
  • Perilaku Pembelian (Waktu, Persetujuan, Anggaran vs Nilai)
  • Sistem Nilai dan Budaya

Begitu Anda mulai memeriksa daftar, Anda bisa dapat dengan cepat menemukan kesamaan atau kecenderungan diantara pelanggan Anda. Mungkin sebagian besar pembeli Anda termasuk dalam satu kategori saja, namun kemungkinan besar kelompok 2-4 akan mulai muncul sebagai “biasa”. Ini adalah persona pelanggan Anda.

KETIGA, BUAT RENCANA ANDA UNTUK ORANG-ORANG INI.

Sekarang setelah Anda tahu siapa pelanggan Anda, Anda bisa mulai mengembangkan sebuah rencana dan sebuah pesan khusus yang dibuat untuk mereka. Lihatlah berapa nilai produk atau layanan Anda, dan buat pesan yang akan beresonansi dengan persona pelanggan Anda. Dengan menargetkan pesan Anda lebih dekat dengan kebutuhan pelanggan Anda, maka mereka akan dapat lebih memahami nilai Anda.

Penting juga untuk menggunakan saluran yang benar. Tiap produk memiliki saluran pemasaran sendiri-sendiri. Bergantung pada demografi pembeli Anda. Anda akan menemukan bahwa platform tertentu tidak berfungsi dengan baik. Misalnya, produk burger tidak akan menggunakan iklan berbayar di LinkedIn. Sama saja, perusahaan konsultan tidak boleh berada di Pinterest.

SEGERA LAKUKAN – SEKARANG !

Setelah menemukan saluran dan pesan yang benar untuk persona Anda, Anda dapat mulai menginvestasikan waktu dan usaha ke dalam pemasaran online. Seiring berjalannya waktu, dan platform berubah, Anda harus melakukan penyesuaian. Mungkin saja Anda juga membuat beberapa asumsi yang kurang tepat, sehingga sangat penting untuk terus memantau usaha Anda. Melakukan evaluasi apa yang telah dikerjakan Mana yang bisa diteruskan dan dan mana yang tidak.

Dunia pemasaran online sangat menarik, dan menawarkan banyak kesempatan bagi mereka yang ingin melakukan usaha. Memastikan Anda mengetahui bahwa pelanggan Anda merupakan langkah pertama pemasaran online yang hebat dalam kesuksesan Anda.

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018 


Leave a Reply

Your email address will not be published.