Manfaat Reuni Sekolah

Manfaat reuni sekolah itu sifatnya subyektif. Tergantung persepsi masing-masing individu yang terlibat. Ada yang merasa sangat termotivasi untuk menghadirinya. Sampai membuat jadwal dan biaya khusus yang tidak dapat diganggu gugat. Ada juga yang malah merasa sebal dan berusaha menghindarinya. Tapi kalau acara ini rutin diadakan, maka secara umum bisa dikatakan reuni sekolah memberikan manfaat pada peserta. Dan tulisan kali ini lebih melihat dari sisi manfaat yang penulis rasakan saat menghadiri reuni sekolah. Dari reuni sekolah menengah pertama sampai dengan perguruan tinggi.

manfaat reuni sekolah

Manfaat reuni sekolah yang utama adalah menjaga silaturahmi.

Sebagai makhluk sosial membuat manusia selalu ingin berkumpul dengan sesamanya. Dan yang paling nyaman adalah kalau bisa berkumpul dengan orang lain yang memiliki kesamaan. Salah satunya adalah memiliki latar belakang sekolah yang sama. Karena dengan memiliki hal-hal yang sama, maka segala macam kecanggungan dalam pergaulan akan tereliminasi. Banyak contoh yang bisa kita alami sendiri, maupun kita saksikan terjadi pada orang-orang yang kita kenal. Saat bertemu kawan lama seseorang yang biasanya menjaga wibawa, atau sangat dihormati, mendadak terlihat seperti orang biasa. Bahkan ada yang terlihat seperti anak kecil. Mereka bisa berpelukan, tertawa terbahak-bahak bahkan ada yang pukul-pukulan sambil berteriak. Auranya langsung berubah. Terlihat sangat bahagia.

Baca juga : Manfaat Belajar Kelompok Menurut Para Ahli

Dan ternyata kebahagiaan ini kalau dipertahankan bisa mempengaruhi suasana disekitarnya. Suasana akan berubah menjadi ringan dan menyenangkan. Kalau ditempat kerja tentu akan sangat baik bagi keseluruhan karyawan. Dan tentunya akan positip untuk kinerja perusahaan. Itulah sebabnya ada orang yang secara rutin menghadiri reuni sekolahnya. Dimana dia merasa mendapat manfaat reuni sekolah tersebut. Bisa mengubah suasana hatinya menjadi lebih gembira. Sehingga kinerjanya juga menjadi baik. Jadi tidak heran kalau dia semakin menjaga silaturahmi antar alumnus sekolah. Bahkan setelah reuni bisa saja terjadi reuni kecil-kecilan sesuai kesamaan minat atau domisili.

Manfaat reuni sekolah yang lain.

Selain untuk bersenang-senang ternyata reuni sekolah bisa berkembang ke arah gerakan sosial, bisnis dan yang lainnya. Karena seringnya terjadi kontak, maka saat ada kawan yang sedang perlu bantuan akan lebih cepat dan lebih mudah koordinasinya. Hal ini sering penulis alami sendiri. Saat salah satu teman tidak aktif, maka akan dicari kabarnya. Dan kalau saat itu sedang ada masalah akan segera dikoordinasikan untuk mencari solusinya. Sehingga lebih cepat tertangani.
Salah satu hal positip lainnya adalah bisa saling mengabarkan kalau ada peluang usaha bagi yang suka bisnis, lowongan kerja bagi anak-anak yang membutuhkan. Dan berbagai peluang lain yang dampaknya sangat positip. Dan tidak sedikit yang akhirnya memperoleh jodoh juga.
Masih banyak manfaat reuni sekolah yang lain. Dan bisa dikembangkan ke arah hal-hal yang positip sesuai karakter dan latar belakang peserta reuni. Karena tidak menutup kemungkinan ada hal-hal negatip dari acara seperti reuni ini. Sehingga sejak awal harus sudah diniatkan dan dikontrol agar hal-hal yang positip terus menerus dikembangkan. Agar kemungkinan efek negatip menjadi tidak ada.
Nah apakah reuni sekolah yang telah Anda hadiri dan bagaimana rasanya?
Salam,
Jarot BS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.