Manfaat Tepung Talas Yang Makin Beragam

Talas atau taro sebagai salah satu sumber karbohidrat yang dulunya hanya menjadi makanan camilan, sekarang posisinya jadi naik kelas dengan semakin populernya penggunaan tepung talas untuk berbagai sajian makanan. Salah satunya yang berhasil menaikkan popularitas popularitas talas adalah dengan booming-nya pembuatan bolu dari talas. Awalnya talas hanya dikonsumsi dengan cara dikukus atau digoreng saja atau pengolahannya paling jauh untuk keripik talas saja. Namun saat ini talas sudah diolah menjadi berbagai berbagai jenis makanan, antara lain bolu talas, kue lapis talas, pudding talas, muffin talas, minuman bubble talas alias taro dan seterusnya. Selain bermanfaat sebagai makanan selingan, ternyata talas mempunyai beragam manfaat. Dan ini kalau bisa di ekspose akan menaikkan pamor talas menjadi lebih baik lagi. Dan kalau semakin populer akan mempunyai dampak positif ke berbagai arah. Talas akan menjadi bahan jualan yang menarik. Sehingga bisa menjadi bisnis yang besar dan berpeluang membuka lapangan kerja baru. Mulai dari penanamannya, pengolahannya sampai pendistribusian hasil akhirnya. Termasuk juga di bidang penelitian talas.

manfaat tepung talas
Gambar ilustrasi umbi talas.

 

Mengolah Umbi Talas Menjadi Tepung Talas

Dengan naiknya popularitas talas, maka penggunanya tentu saja makin banyak. Dan untuk penyimpanan dan distribusinya tentu butuh cara yang lebih baik lagi. Sebab kalau disimpan dalam bentuk segar akan cepat rusak. Selain itu memerlukan tempat yang luas. Jadi dengan sentuhan teknologi, kemudian talas diolah menjadi tepung. Saat ini talas sudah banyak yang mengolahnya menjadi tepung.  Apalagi beberapa perguruan tinggi seperti IPB di Bogor juga aktif membimbing petani untuk menaikkan nilai tambah talas. Dengan diolah menjadi tepung talas, maka harga jual talas menjadi lebih baik. Pendistribusian ke berbagai daerah juga meningkat pesat. Dan hal ini masih terbuka untuk menaikkan mutunya, agar bisa diekspor ke berbagai negara. Perbaikan dibutuhkan terutama di bidang kestabilan mutu produk dan pengemasan. Juga dibutuhkan sertifikasi agar mutunya terjaga dan terpercaya.

Tepung Talas WA 081288947018
Gambar ilustrasi tepung talas.

Beragam Manfaat Tepung Talas

Manfaat talas perlu disebarluaskan, agar makin banyak yang tahu. Sehingga dengan banyaknya informasi akan makin banyak orang yang mengkonsumsi talas. Manfaat talas yang perlu diketahui antara lain adalah :

  1. Nilai gizi talas. Dalam 150 gram talas matang siap konsumsi terkandung kalori 150 – 200 kalori, serat sebanyak 5 – 7 gram, protein sekitar 4 gram, kalsium 150 – 170 miligram, kalium 450 – 600 miligram, magnesium 30 – 50 miligram, fosfor 60 – 70 miligram, antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, zat besi dan tembaga.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam talas sangat baik untuk kesehatan usus. Tapi karena nilai kalori talas sebagai sumber karbohidrat juga cukup tinggi, maka tetap harus dijaga jangan sampai dikonsumsi berlebihan.
  3. Membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sebagai salah satu sumber serat, maka talas baik untuk membantu mengurangi kolsterol jahat (LDL), menjaga kestabilan tekanan darah, dan membantu menghambat orang yang beresiko dengan penyakit kardiovaskular. Bahkan kandungan antioksidan dalam talas juga membantu menangkal serangan radikal bebas.
  4. Membantu menstabilkan tekanan darah. Dengan adanya kalium dalam talas, maka sangat membantu untuk melenturkan dinding pembuluh darah. Sehingga tekanan darah akan lebih terjaga. Kalium adalah salah satu elektrolit yang dibutuhkan untuk mengendalikan tekanan darah.
  5. Ikut menjaga kadar gula darah. Sebagai salah satu sumber serat dan karbohidrat kompleks, maka talas juga berperan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap baik. Sehingga resiko timbulnya penyakit diabetes bisa ditekan.
  6. Membantu penurunan sakit kronis. Kandungan antioksidan dalam talas sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Quercetin yang menimbulkan warna ungu dalam umbi talas adalah satu jenis antioksidan itu. Lembaga Anticancer Drugs dalam hasil penelitian in vitro nya telah menemukan, bahwa ekstrak talas ternyata efektif mengurangi pertumbuhan serta penyebaran sel kanker payudara dan kanker prostat.
  7. Membantu mensuplai kebutuhan unsur Zinc (Seng). Walaupun langka terjadi kekurangan unsur Zinc, namun tetap harus diwaspadai, karena bila kekurangan unsur ini akan mengakibatkan rambut rontok, diare, impotensi, hipogonadisme, lesi pada mata dan kulit, penyembuhan luka terhambat, dan berat badan turun. Nah beruntungnya kandungan Zinc dalam talas sudah bisa mencukupi kebutuhan kita untuk unsur ini. Tapi terlalu banyak mengkonsumsi unsur Zinc juga tidak baik bagi tubuh. Jadi tetap harus dikontrol.

Untuk memperoleh manfaat talas ini tentu akan menjadi maksimal kalau dalam pengolahannya benar, Jadi harus diperhatikan penambahan bahan-bahan lain yang biasanya dilakukan. Contohnya penambahan gula yang mengandung kalori tinggi, seperti dalam minuman bubble tea atau milk. Kalau penambahan gula sangat banyak sudah tentu manfaat talas untuk menjaga kestabilan gula darah menjadi sia-sia. Talas hanya menjadi sekedar unsur penarik saja dalam olahan makanan dan minuman. Dan kebetulan warna ungunya memang sangat menarik.

 

Baca juga : Harga Tepung Talas

Leave a Reply

Your email address will not be published.