Membuat Toko Online Gratis Dengan WordPress

Sebagai pemula yang masih perlu banyak belajar bisnis online, sebaiknya memanfaatkan fasilitas yang tersedia gratis terlebih dahulu. Karena banyak fasilitas gratis yang tersedia di internet, seperti Iklan Gratis, Forum Gratis, Blog Gratis dan berbagai media sosial lain yang dapat dimaksimalkan manfaatnya. Jika dimanfaatkan dengan benar, semua fasilitas gratis itu bisa memberikan hasil yang sangat baik. Namun tentu saja memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk melakukannya. Tidak instan hasilnya. Namanya juga gratis. Salah satu yang banyak digunakan untuk membuat toko online adalah dengan Blog Gratisan dengan WordPress. Karena membuat toko online gratis dengan wordpress relatif mudah dan cepat. Tapi hasilnya tidak kalah dengan yang berbayar. Seperti toko online saya https://juragantokokentang.wordpress.com yang posisinya nomor 1 di mesin pencari Google. Sehingga peluang untuk menaikkan pendapatan dari produk tepung kentang saya semakin besar.

Cara Membuat Toko Online Gratis Dengan WordPress.

WordPress adalah salah satu platform untuk membuat blog atau website. Ada 2 macam wordpress, yaitu untuk yang gratis bisa diperoleh melalui wordpress.com dan yang berbayar melalui wordpress.org. Selain itu ada juga yang menggunakan blogspot, webly dan lain-lain. Karena gratis tentu saja fasilitasnya tidak selengkap untuk yang berbayar. Tapi sudah cukup digunakan untuk membuat toko online gratis dengan wordpress bagi pemula. Supaya tidak boros biaya pada saat awal belajar bisnis online. Dan yang penting kalau dilakukan dengan benar dan tekun akan memberikan hasil yang baik. Dan ini sudah saya buktikan sendiri.

Baca juga : Cara buat toko online di Facebook

Mari kita mulai membuat toko online gratis dengan wordpress sebagai berikut :

Silakan buka Browser Anda, seperti Chrome, Mozzila, IE atau yang lainnya. Ketik wordpress.com sampai tampil halaman seperti ini :

membuat toko online gratis dengan wordpress

Kemudian klik “Mulai” atau “Get Started”

Selanjutnya akan tampil halaman seperti ini :

Ada 2 pilihan, yaitu untuk membuat blog pribadi yang ditujukan untuk catatan pribadi Anda dan yang satunya untuk memperkenalkan bisnis Anda. Silakan memilih yang sebelah kanan, yaitu untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Kemudian ketik nama yang akan Anda gunakan sebagai nama situsnya. Disarankan menggunakan gabungan huruf dan angka seperti contoh : langsingsehat138. Kalau namanya masih tersedia akan terlihat seperti gambar diatas. Nama situsnya : langsingsehat138.wordpress.com dan disebelah kanan ada tulisan Gratis. Kemudian klik Pilih. Selanjutnya akan tampil halaman berikut :

 

Karena kita ingin membuat toko online gratis dengan wordpress, maka kita memilih yang paling kiri, yaitu yang gratis. Selanjutnya akan tampil halaman berikut yang akan mengarahkan kita kedalam isi situs.

Silakan isi email Anda yang masih aktif dan buat passwordnya. Buatlah password yang aman dengan gabungan dari huruf angka dan simbol, seperti : rejeki1000x***. Buat catatan data nama situs, alamat email dan password dan letakkan di tempat yang aman. Klik “Lanjutkan” dan Anda akan dibawa ke halaman berikutnya sebagai berikut :

 

Silakan Buat Nama Situs, misalnya : Langsing Sehat. Nama situs tidak harus sama dengan nama situs di wordpress. Kemudian isi pokok bahasan, misalnya pilih : Food. Dan centang salah satu opsi dibawahnya. Kemudian klik “Continue” atau “Lanjutkan”.  Halaman berikutnya yang tampil adalah sebagai berikut :

Nama situs kita sudah terdaftar. Silakan klik “View My Site”.

Anda sudah bisa mulai menulis di situs Anda. Atau bisa juga memilih tampilan tema (theme) yang akan dipakai untuk membuat toko oline gratis dengan wordpress ini. Disini bisa kita cari tema yang gratis saja yaitu : Rowling. Setelah terpilih tema atau theme nya kita klik “Activate”, maka tema tersebut sudah terpasang di situs Anda.

 

Untuk lebih mengenal situs Anda, silakan dicoba fasilitas yang ada dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan toko online nya. Karena tujuan disini adalah membuat toko online gratis dengan wordpress, maka sebaiknya Anda mulai mengisinya dengan produk-produk yang akan dijual.

 

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor HP Anda di setiap postingan artikel, supaya kalau ada yang berminat dapat segera menghubungi Anda.

Baca juga : Bisnis Online Untuk Pemula

Buatlah artikel sebanyak mungkin tentang produk yang Anda jual. Semakin banyak artikelnya semakin baik. Karena peluang produk Anda untuk dibaca pencari produk tersebut juga akan makin besar.

Sebarkan situs Anda di berbagai media, agar peluang untuk dibaca juga makin besar. Berarti peluang produk Anda untuk dikenal juga makin besar.

Lakukan saja dengan konsisten dan tanpa mengeluh. Terus belajar untuk memperbaiki cara membuat toko online gratis dengan wordpress agar tampil lebih baik dan makin dikenal calon pembeli produk Anda.

 

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018


Leave a Reply

Your email address will not be published.