MEMILIH JASA EKSPEDISI UNTUK TOKO ONLINE

memilih jasa ekspedisi untuk toko online

Seiring dengan perkembangan toko online di Indonesia, maka jasa ekspedisi juga mengalami lonjakan yang signifikan. Karena untuk menjalankan toko online, salah satu partner bisnis yang kita butuhkan adalah para penyedia jasa pengiriman barang. Hal ini sehubungan strategi pemasaran online yang kita gunakan adalah untuk menjangkau seluruh konsumen di seluruh daerah. Jadi mau tidak mau kita harus menggandeng perusahaan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang dagangan kita sampai ke tangan pelanggan dengan selamat. Dan kita harus menetapkan kriteria dalam memilih jasa ekspedisi untuk toko online kita.

Tapi sebagai pelaku bisnis toko online, kita wajib untuk lebih jeli dan teliti dalam memilih penyedia jasa pengiriman barang. Karena tidak seluruh penyedia jasa pengiriman barang profesional di bidangnya. Jika ada kesalahan dalam memilih jasa pengiriman barang bisa menyebabkan alur distribusi barang terhambat, sehingga tidak menutup kemungkinan bila para konsumen pun bakal komplain kepada para pemilik bisnis toko online karena produk yang mereka order belum juga datang. Dan akhirnya kita juga yang akan merasakan dampaknya. Karena itulah kita harus ketat dalam memilih jasa ekspedisi untuk toko online kita.

memilih jasa ekspedisi untuk toko online

Nama besar perusahaan ekspedisi tidak menjamin semua karyawannya akan bersikap profesional. Bahkan semakin besar suatu perusahaan akan beresiko makin panjang rantai birokrasinya. Sehingga pengawasan terhadap mutu layanan juga rentan kurang diperhatikan. Untuk mengetahui itu, selain kita mencari informasi dari rekomendasi para pengguna jasa yang sering menggunakan jasa ekspedisi, kita sendiri pun wajib mencobanya.

Saya pernah mengalami sendiri suatu jasa ekspedisi yang sangat mengesankan di awalnya, namun ada saja suatu saat mereka lalai dalam melayani pelanggan. Sehingga untuk memastikan kualitas layanan dan harga layanan, kita harus mencoba sendiri masing-masing ekspedisi. Seperti misalnya harga layanan ke suatu daerah tertentu bisa berbeda-beda. Bahkan untuk jasa Paket Pos yang terkenal paling murah pun bisa lebih mahal dan lebih lama pengirimannya. Nah..salah satu andalan saya adalah dengan menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di gadget Android, seperti aplikasi Raja Ongkir dan lain-lain. Kita bisa membandingkan harga dan lama pengiriman di aplikasi tersebut. Kita sebagai pengguna jasa wajib membandingkan harga layanan dengan kecepatan dan keamanan pengiriman. Karena harga murah akan beresiko pengiriman lebih lama, sehingga kita akan dikomplain pelanggan. Yang bisa berakibat nama baik toko online kita buruk.

Berikut 5 poin penting yang perlu diperhatikan untuk memilih jasa ekspedisi untuk toko online.

  1. Kita harus menyesuaikan barang kiriman dengan model jasa ekspedisi. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan bisnis toko online di Indonesia, sekarang ini model jasa ekspedisi barang yang ditawarkan semakin beragam. Ada penyedia jasa ekspedisi yang menggunakan jalur darat, udara, dan laut. Jalur udara dimanfaatkan untuk produk-produk yang sifatnya penting dan jumlahnya tidak terlalu banyak, karena waktu pengirimannya relatif singkat dan biayanya juga cukup besar. Kalau jalur darat dan laut biasanya dipilih para pebisnis toko online yang mengirimkan barang dalam jumlah cukup banyak dan bersifat tidak mendesak. Sebab, pengiriman barang via darat dan laut diangkut menggunakan jasa truk barang-barang yang volumenya cukup besar dan pengirimannya bisa ada toleransi waktu yang lebih lama. Untuk ekspedisi seperti TIKI, JNE dan yang lain juga menyediakan jasa ekspedisi trucking seperti ini. Tentu saja dengan jumlah minimum per pengiriman, misalnya 50 kilogram. Harga jasanya tentu saja jauh lebih murah.
  2. Dapatkan berbagai informasi mengenai kelebihan dan kekurangan setiap ekspedisi. Hampir setiap jasa ekspedisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karenanya untuk mendapatkan biaya pengiriman cukup miring, namun dengan kualitas pelayanan yang terjamin, Anda harus jeli untuk mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing ekspedisi. Seperti misalnya seperti JNE yang cakupan wilayahnya cukup luas namun biayanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan ekspedisi lainnya. Sedangkan Pos Indonesia yang tarif ongkos kirimnya cukup terjangkau dan cakupan wilayahnya sangat luas,namun proses pengirimannya terkadang memakan waktu yang lama, serta beberapa jasa pengiriman barang lainnya yang bisa Anda bandingkan kelebihan dan kelemahannya. Dan sekarang juga banyak ekspedisi yang aktif mendekati para pelaku bisnis toko online seperti siCepat, JnT, Ninja Express, Lion Parcel, Anteraja dan lain-lain.
  3. Usahakan untuk memilih jasa ekspedisi untuk toko online yang memiliki jaringan cukup luas dan kemudahan untuk berhubungan dengan Customer Service nya. Sebagai pelaku bisnis toko online, kita harus jeli dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang ekspedisi apa saja yang memiliki jangkauan pasar cukup luas dengan ongkos kirimnya cukup terjangkau. Contohnya saja seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI, Wahana, PCP, dan lain-lain. Semakin banyak jasa pengiriman barang yang Anda ketahui, maka semakin banyak pula pilihan tarif ongkos kirim yang bisa Anda informasikan kepada para konsumen.
  4. Pastikan untuk memilih ekspedisi yang mudah diakses status pengirimannya secara online. Walaupun sekarang ini banyak jasa pengiriman barang yang menawarkan tarif murah, tapi mereka tidak melengkapi layanannya dengan fitur online mengenai pengecekan status barang. Padahal, fitur ini cukup penting bagi para pebisnis online. Tanpa fitur pengecekan barang via online, pelaku bisnis toko online cukup kesulitan untuk memantau status barang yang dikirimkan. Satu-satunya cara yang bisa mereka gunakan yaitu dengan menelepon perusahaan ekspedisi tersebut untuk mengetahui sampai sejauh mana proses pengiriman barang yang mereka kirimkan.
  5. Layanan Customer Service harus yang mudah dihubungi dan tentu saja ramah. Karena selalu saja ada terjadi ketidak sempurnaan dalam layanan mereka. Jadi kita harus memilih jasa pengiriman barang yang mudah dihubungi ketika terjadi komplain. Selain memilih jasa ekspedisi untuk toko online yang menawarkan tarif murah, kita juga harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Salah satunya memilih jasa ekspedisi barang yang memiliki Customer Service atau Call Center yang supportive dan memudahkan pelaku bisnis toko online ketika menghadapi keluhan  pelanggan.

Dalam membangun usaha yang terkait dengan jasa ekspedisi, maka mau tidak mau kita harus mengenal semua jenis jasa pengiriman barang. Hal ini bertujuan untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan kita. Dan semuanya menuju ke arah yang sama, yaitu keuntungan emua pihak. Pelanggan untung mendapat layanan yang baik dan kita untung mendapat imbalan dari pelanggan. Dengan memilih jasa ekspedisi untuk toko online secara tepat, maka diharapkan usaha kita makin berkembang.

Baca juga : Bisnis Online Terpercaya Modal Kecil

 

Salam,

Jarot BS- 0812 8894 7018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.