Mencari Supplier Yang Terpercaya Untuk Bisnis Online

Adakah supplier yang seratus persen dapat dipercaya dan sesuai dengan yang kita harapkan? Menurut pengalaman saya selama ini belum pernah ada supplier yang sepenuhnya memenuhi harapanku. Ada saja kekurangannya, antara lain : a) stok barang tidak selalu tersedia, b) kualitas barang tidak standar, c) tidak mudah dihubungi sewaktu-waktu kalau ada permintaan mendesak, d) harga barang kurang bersaing e) pelayanan tidak ramah, dan lain-lain. Tentu saja kita tidak mungkin mengharapkan ada supplier yang benar-benar sesuai harapan kita, karena supplier tersebut juga melayani banyak orang dengan keinginan yang berbeda. Jadi paling tidak yang kita harapkan adalah supplier dengan persyaratan minimum, yaitu : kualitas barang relatif baik, informasi stok barang yang selalu diperbarui, harga yang relatif bersaing dan mudah dihubungi. Artikel berikut akan membahas cara mencari supplier yang terpercaya untuk bisnis online sebagai referensi untuk memulai bisnis online skala kecil sampai agak besar.

Mencari Supplier Yang Terpercaya Untuk Bisnis Online di Tokopedia 

Saya mereferensikan Tokopedia sebagai sarana mencari supplier yang terpercaya untuk bisnis online, karena selain secara perusahan mereka sudah sangat bagus, juga karena fitur-fitur di Tokopedia memudahkan kita untuk memulai bisnis online. Kita dapat dengan mudah membandingkan antar supplier disini. Kita juga dengan mudah mengontrol status pesanan kita disini. Harga, kualitas barang, kualitas pelayanan yang ditawarkan juga sangat mudah dibandingkan satu sama lain. Dan yang sangat menarik adalah adanya fitur yang melayani bisnis online secara dropship. Fitur ini memberi peluang kepada yang ingin bebisnis online dengan modal sangat minim.

Baca juga : Membangun toko online gratis dengan WordPress

Mari kita memulai mencari supplier yang terpercaya untuk bisnis online di Tokopedia. Silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Mendaftar sebagai member. Anda harus mendaftar sebagai member di Tokopedia, supaya dapat bertransaksi dan memanfaatkan semua fasilitasnya. Siapkan email aktif dan nomor HP yang akan Anda gunakan di bisnis online. Hal ini penting untuk verifikasi keanggotaan Anda dan fitur mereka.

Memulai mencari barang dan supplier. Pada artikel Langkah Pertama Bisnis Online sudah saya gambarkan bagaimana mencari barang yang sesuai dengan yang diinginkan calon pelanggan Anda. Anda bisa mencari barang yang diinginkan calon pelanggan Anda sesuai dengan tempat dimana nanti Anda menjualnya. Kalau Anda ingin menjual lewat blog atau website, berarti Anda harus mencarinya lewat mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Kalau Anda ingin menjualnya melalui media sosial, berarti Anda bisa mencarinya di Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Path dan lain-lain. Tentukan barang-barang apa saja yang banyak dicari dan buat klasifikasinya. Susunlah mulai dari yang paling banyak dicari dan Anda tertarik memasarkannya.
Jika keanggotaan Anda sudah disetujui silakan mulai membuka www.tokopedia.com .

mencari supplier yang terpercaya untuk bisnis online

 

Silakan isi nama barang di kolom pencarian. Anda juga bisa menentukan kategori barangnya. Kemudian “klik” tombol “Cari”. Atau kalau Anda masih belum tahu barang yang Anda cari, dan ingin melihat langsung disini, silakan klik tanda panah di kategori dan klik salah satu kategorinya.

Saya berasumsi Anda sudah tahu jenis barang yang dicari. Selanjutnya kita lakukan langkah berikut, yaitu menentukan daerah asal supplier, supaya sesuai dengan alamat Toko Online Anda. Atau alamat toko online Anda disesuaikan dengan alamat penjual saja. Hal ini untuk memudahkan menghitung ongkos kirim ke Pelanggan Anda.

Anda juga bisa menentukan harga minimum dan maksimum yang sesuai keuangan Anda.

Selanjutnya Anda mencari Penjual yang paling tinggi penjualannya sekaligus Anda bandingkan Rating mereka serta komentar dari para pembeli. Ini perlu Anda lakukan dengan cermat agar Anda dapat memperoleh supplier yang baik dan bisa dipercaya. Anda juga saya sarankan memilih yang tokonya ada kode Gold dan memfasiltasi kiriman sehari seperi Gosend dan lain-lain. Karena itu menandakan mereka serius dan punya stok barang.

 

 

 

Melakukan pembelian barang.

Untuk memastikan stok barang, silakan memanfaatkan fitur diskusi. Tanyakan kesediaan barang dan warna atau spesifikasi lainnya. Ini juga untuk menguji apakah Penjualnya responsif atau tidak. Setelah yakin dengan penjual yang Anda pilih, silakan membeli dengan klik tombol “Beli”. 

Isi data jumlah barang, alamat pengiriman dengan lengkap antara lain Nama Pemesan, nama Penerima barang, Alamat Penerima Barang lengkap dari nama jalan, kecamatan, kota dan kode pos. Anda bisa membuat daftar alamat dengan klik “Tambah Alamat Baru” atau kalau sudah ada dengan “Pilih Alamat Lain” Kalau Anda ingin memanfaatkan fasilitas Gosend, maka alamat Anda harus didaftarkan lebih dahulu dengan fasilitas peta atau map. Demikian juga alamat penerima harus bisa dijangkau dengan armada ekspedisi seperti Gosend atau Grab.

Silakan pilih ekspedisi yang ingin Anda gunakan sesuai yang disediakan Penjual. Klik tombol “Beli Produk Ini”.

 

 

Kalau Anda ingin melanjutkan pembelian silakan Klik “Lanjutkan Berbelanja” atau Klik “Bayar” kalau ingin menyelesaikan transaksi.

 

Melakukan Pembayaran.

Setelah Kilk “Bayar” Anda akan diberikan rincian pembelanjaan. Silkan diperiksa ulang. Setelah sesuai silkan Klik “Pilih Meode Pembayaran”.

Catatan PentingPembelian barang untuk Dropship. Jika Anda melakukan pembelian barang dan ingin langsung dikirimkan ke pemesan barang, tapi diatas namakan Anda atau nama toko online Anda, maka harus meng-klik kotak “Kirim Sebagai Dropshipper” dan mengisi nama toko online dan nomor HP Anda.

Di Tokopedia tersedia banyak metode pembayaran. Silakan dipilih sesuai yang Anda inginkan. Bisa melalui e-banking, transfer ATM, melalui Indomaret, Alfamart, Kartu Kredit atau juga saldo di Tokopedia. Untuk kemudahan transaksi bisnis online di masa depan, Anda sangat disarankan memiliki fasilitas e-banking.

Catatan : Untuk pembayaran melalui Indomaret dan sejenisnya dikenakan biaya layanan.

Baca juga Perkembangan Alat Pembayaran Elektronik Yang Semakin Cepat.

Untuk pembayaran melalui ATM harus mengisi data nomor rekening dan nama pemegang buku rekening. Kalau untuk pembayaran melalui e-banking akan langsung diarahkan ke halaman bank bersangkutan.

Memantau Pengiriman barang.

Dengan mencari supplier yang terpercaya untuk bisnis online di Tokopedia kita diberikan kemudahan memantau pengiriman barang dengan meng klik notifikasi. Apalagi kalau Anda mempunyai aplikasinya di HP Anda, maka setiap laporan akan terlihat langsung di HP Anda.

Jika barang telah diterima pemesan barang, maka akan ada notifikasinya. Silakan ditanyakan langsung ke penerima barang. Jika sudah selesai silakan klik tanda barang telah diterima dan beri ulasan di kolom yang disediakan.

Baca juga : Kelebihan bisnis online shop

Karena bisnis apapun selalu melibatkan banyak pihak, maka berusahalah menjadi pihak yang menguntungkan atau memberi dukungan ke pihak lain yang membutuhkan Anda. Insya Allah alam semesta juga akan mendukung Anda. Dan bisnis Anda pun akan ikut besar serta menguntungkan Anda.

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.