Mengapa Bisnis Online Banyak Diminati?

Gelombang bisnis online makin tak terbendung. Sia-sia saja membendungnya. Karena memang gerakan gelombang perubahan itu terjadi di seluruh dunia. Bukan hanya di Indonesia saja. Bahkan di negara-negara maju efeknya lebih nyata. Karena tingkat kemajuan masyarakat dan fasilitas pendukungnya sudah mumpuni. Sehingga cara terbaik adalah menumpang gelombang itu. Bergerak bersamanya. Menyesuaikan diri bersama gerakannya. Dan sambil bergerak kita bisa mencari jawaban atas pertanyaan, mengapa bisnis online banyak diminati?.

mengapa bisnis online banyak diminati
Suasana Belajar Bisnis Online

Inilah sebabnya mengapa bisnis online banyak diminati.

Perkembangan bisnis online itu sendiri tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang berkembang cepat. Bahkan sangat cepat untuk beberapa area. Sehingga perkembangan tersebut mempengaruhi perilaku masyarakat. Khususnya generasi milenial. Yang sejak lahir sudah sangat familier dengan internet. Dan akhirnya berdampak besar terhadap bisnis secara keseluruhan.

Pada tahun ’90 an tidak terbayang kalau akan terjadi gelombang perubahan seperti ini. Karena saat itu internet masih langka. Komputer hanya digunakan untuk mempercepat dan memudahkan pekerjaan. Tapi saat ini boleh dikata tidak ada kegiatan yang tidak tersentuh oleh digitalisasi. Tidak lagi terbatas pada dunia manufaktur dan jasa saja. Bahkan dunia pertanian pun juga ikut menikmati sentuhan teknologi digital ini. Mulai dari pembibitan sampai paska panen. Dan tentu saja termasuk bisnis produk-produk hasil pertanian. Jadi tidak aneh, kalau saat ini orang yang tinggal jauh di benua Amerika, bisa ikut serta dalam proses bisnis hasil pertanian di desa kecil di Indonesia. Semuanya terhubung dengan medium Internet.

Ini adalah tantangan sekaligus peluang yang sangat besar. Kalau semua tantangan dapat dipetakan dengan baik, maka disitulah akan tergambar peluangnya. Banyak contoh yang bisa kita lihat. Misalnya dulu kalau mau mencari suatu produk harus berkeliling dari toko ke toko. Dari pasar ke pasar. Menghabiskan banyak tenaga. Menghabiskan banyak waktu. Sekarang tinggal duduk depan laptop. Atau lewat Gadget. Lalu buka Google. Kemudian mengetikkan kata kunci produk yang dicari. Langsung tampil ratusan bahkan ribuan informasi yang tersebar di internet. Pekerjaan kita tinggal memilah informasi yang kita perlukan saja. Tanpa banyak berkeringat.

 

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis online banyak diminati :

#1. Modal relatif kecil.

Dalam memulai bisnis apa pun, modal memang diperlukan. Tapi itu bukan segala-galanya. Karena yang paling penting adalah mindset nya dulu yang harus dibangun. Mindset seorang pebisnis adalah mengusahakan yang belum atau tidak ada menjadi ada. Mengubah yang jelek menjadi luar biasa. Memoles yang dibenci menjadi dicintai. Jadi untuk memulai bisnis online harus dimulai dari modal yang sudah ada dulu. Kemudian menentukan tujuannya akan menjadi sebesar apa. Baru diuraikan masalah-masalah yang harus diselesaikan untuk mencapainya. Jika dikerjakan dengan konsisten pasti akan tercapai. Fokusnya adalah pada tujuan. Pada solusi. Bukan pada masalah.

Misalnya kita ingin membuat bisnis online bidang kuliner dengan memanfaatkan GoFood atau GrabFood. Tapi kita tidak punya keahlian di bidang kuliner. Maka salah satu solusinya adalah bekerja sama dengan teman, keluarga atau warung makan yang belum bermitra dengan GoFood atau GrabFood. Jadi relasi Anda tersebut bertanggung jawab terhadap produknya, sedangkan Anda bertanggung jawab terhadap kerja sama dengan GoFood atau GrabFood. Sekaligus menangani pemasaran online nya. Hal ini bisa juga dilakukan untuk produk-produk lainnya.

#2. Biaya promosi yang minim.

Kalau pola promosi konvensional adalah melalui penyebaran brosur cetak. Atau melalui iklan di radio dan televisi. Yang bisa menghabiskan biaya sangat besar. Dengan dampaknya terhadap penjualan yang tidak bisa dipastikan. Maka dengan menggunakan saluran promosi online, biayanya bisa ditekan seminim mungkin. Karena banyak saluran promosi yang gratis di internet. Dan kalau pun menggunakan iklan berbayar, bisa ditentukan target market yang dikehendaki. Sehingga akan lebih efektif dan efisien.

Target market atau biasa disebut target audience melalui iklan berbayar bisa ditentukan berdasarkan lokasi, jenis kelamin, umur, hobi atau interest, kebiasaan sehari-hari dan banyak hal lagi. Jadi biaya iklan tidak dihambur-hamburkan untuk menjangkau target audience yang tidak sesuai. Dan iklan bisa cepat diubah jika responnya tidak seperti yang diharapkan.

Baca juga : Dengan hanya buat toko online di Facebook bisa hasilkan Ratusan Juta.

#3. Pasar yang sangat luas.

Dulu kalau ingin memasarkan produk untuk area yang luas, maka diperlukan upaya yang juga besar. Selain memanfaatkan buku Yellow Page yang berbayar, juga memanfaatkan media nasional yang tarifnya sangat mahal. Belum lagi masa penayangannya juga terbatas. Ini tentu sangat memberatkan bagi pebisnis kecil yang ingin memasarkan produknya untuk area yang luas.

Salah satu alasan mengapa bisnis online banyak diminati adalah kaena kemudahan untuk memasarkan produk untuk area yang luas dengan biaya yang sangat murah. Area nya tidak terbatas kota, propinsi, atau nasional saja. Bahkan bisa ke seluruh dunia.

#4. Sangat menguntungkan.

Banyak biaya yang bisa dipangkas menjadi salah satu alasan mengapa bisnis online banyak diminati. Bisnis ratusan juta bisa dijalankan atau dikelola dari kamar yang kecil saja. Tidak perlu menyewa toko. Tidak perlu dekorasi toko yang mewah. Yang penting produk dan pelayanan kita harus bagus. Dan dijaga kualitasnya secara konsisten. Maka dijamin bisnis online kita akan berkembang dengan memuaskan.

Dengan bisa memangkas beberapa biaya yang tidak diperlukan, maka tingkat keuntungan kita akan meningkat. Selain itu operasional bisnis juga makin mudah. Makin efisien. Pengembangan bisnis juga makin mudah. Dan tentu saja sikap profesional sebagai pebisnis tetap harus dijaga. Misalnya pengaturan keuangan yang tercatat. Pemisahan keuangan pribadi dan usaha, dan seterusnya.

Masih ada beberapa alasan yang mendasari mengapa bisnis online banyak diminati. Tergantung latar belakang orang menekuninya. Ada yang karena kepepet masalah keuangan, ada yang ingin suasana non formal dalam bekerja, ada yang ingin bersosialisasi dengan komunitas lain dan seterusnya. Hal-hal seperti itu yang mendasari dan menjadi motivasi untuk berbisnis online. Yang jika motivasinya tetap terpelihara, atau bahkan diperkuat maka akan sangat bermanfat ntuk perkembangan bisnis onlinenya.

Bagaimana dengan Anda?

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.