Mereka yang terus berusaha

Jalan-jalan di hari Minggu di area pertokoan dalam kawasan Perumahan Taman Cibodas, Tangerang. Dulunya di kawasan ini kalau hari Minggu kebanyakan adalah orang – orang yang ingin berolah raga. Hanya beberapa yang berjualan. Tapi sekarang kebalikannya. Kebanyakan orang berjualan. Dan tidak ada yang berolah raga. Nggak ada tempat euy…??

Memang kalau “perut lapar” bisa mengalahkan kepentingan yang lain. Kalau sudah kepepet memenuhi hajat perut, apapun akan dilakukan. Nggak perlu mikir yang muluk-muluk. Dimulai dari apa yang bisa dilakukan saja. Aku pun akan memulai dari yang sudah dipunyai. Kalau sudah jalan baru mikir pengembangannya. Bukan akan memulai sudah buat rencana yang terlalu detil. Sampai bingung sendiri kapan akan memulainya. Karena sudah terlalu takut untuk mulai bertindak. Take Action lah istilah para motivator..he he he

Rencana memang diperlukan. Tapi untuk usaha yang masih kecil nggak perlu bikin rencana yang terlalu rumit. Bikin rencana yang sesederhana mungkin. Yang penting tahu tujuannya mau kemana dan akan menjadi seperti apa. Sudah gitu aja. Lanjut dan jalan aja. Nanti di perjalanan akan ketemu sendiri bagaimana strategi yang tepat untuk mencapai tujuan. Karena otak dan reaksi kita akan terus dilatih untuk menghadapi berbagai persoalan di lapangan.

Seperti Bapak di gambar ini. Dia jualan kosmetik dan produk perawatan kecantikan. Modalnya nggak besar. Bahkan mungkin tanpa pengetahuan produk. Tinggal ke tempat grosir, terus tanya-tanya produk apa saja yang laku. Ambil sedikit-sedikit untuk tiap item barang. Jadi bisa kelihatan banyak macamnya. Kelihatan lengkap. Selain itu dia juga sudah tahu dan kenal target pasarnya. Jadi makin menambah kepercayaan dirinya.

Terus bagaimana kalau belum pernah berjualan atau membuka usaha, Dan lebih celakanya lagi tidak punya modal?
Gampaaaang….
Pastikan masih cukup punya keberanian untuk tetap melanjutkan hidup. Berarti masih memiliki harapan untuk terus berusaha. Kita bisa memulai dengan magang ke orang yang sudah memulai dan nampak berhasil.
Apakah susah ?
Bisa jadi tidak cukup mudah untuk mencari orang yang mau menampung orang untuk belajar berbisnis. Tapi bukan berarti tidak bisa. Yang penting harus dijalin hubungan komunikasi yang baik, agar terbangun saling percaya satu sama lain. Setelah cukup punya hubungan yang baik baru bisa dimulai pembelajaran bisnisnya. Bisa dengan ikutan berdagang dalam arti membantu operasional di tempat usaha. Atau bisa juga dengan membawa barangnya untuk kita jual di tempat lain.

Baca juga : Bisnis Online Pemula

Kalau ayam, burung, semut dan lain-lain bisa yakin untuk dapat makanan esok hari, kenapa kita sebagai manusia harus kuatir. Tuhan Maha Baik. Tuhan Maha Pemurah. Selalu ada rejeki bagi orang yang mau berusaha…dan terus berusaha.

Lanjut jalan-jalannya yaaa… Siapa tahu nemu ide cemerlang untuk bahan jualan. ?

 

Salam.

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.