Panduan Bisnis Online Bagi Pemula

Saya baru-baru ini menerima artikel dari Kirim Email tentang Panduan Bisnis Online Bagi Pemula. Ini sangat menarik. Karena disampaikan secara teratur. Dengan gaya bahasa yang mudah ditangkap. Dan yang terpenting adalah perlunya menguasai hal mendasar tentang bisnis sebelum belajar tentang teknik. Ini seperti kita sedang bepergian ke suatu daerah yang asing. Disepanjang perjalanan sudah tersedia rambu-rambu yang lengkap. Baik rambu penunjuk arah maupun rambu-rambu lain sebagai penunjang. Misalnya rambu penunjuk rumah makan, stasiun bahan bakar, rumah sakit dan lain-lain. Sangat bermanfaat. Karena dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Seperti banyak dialami para pebisnis online pemula. Yang hanya modal niat dan nekat saja. Maka dengan panduan bisnis online bagi pemula ini dapat lebih mengarahkan supaya terus fokus pada tujuan. Tidak gampang tergoda hal-hal lain di sepanjang perjalanan.

panduan bisnis online bagi pemula

Sebagai pemula kita tidak perlu terjebak dalam kerumitan istilah bisnis online. Anggap saja semua bisnis yang sebagian atau seluruhnya dijalankan dengan secara online. Memanfaatkan media internet. Adalah bisnis online. Dan alasan untuk berbisnis online pun sifatnya pribadi. Baik hanya sekedar memanfaatkan waktu luang, untuk menambah penghasilan, untuk menambah jaringan atau network dan berbagai alasan lainnya. Semua hal itu adalah unsur pendukung dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis online. Yang penting jangan lupa punya kuota internet yang cukup untuk menjalankannya he he he. Dan hal mendasar yang harus Anda kuasai adalah mindset bisnis online yang benar. Supaya tidak gampang putus asa. Tidak gampang berubah arah. Tetap fokus untuk mengikuti panduan bisnis online bagi pemula.

#1. Mindset dalam panduan bisnis online bagi pemula 

a. Rejeki tidak bisa dipaksakan.

Walaupun dalam suatu kelompok sudah melakukan hal -hal yang sama sesuai petunjuk, namun belum tentu rejeki yang diterima masing-masing orang pasti sama. Karena rejeki itu wilayahnya Tuhan. Dan kapan akan diberikan kepada masing-masing orang tidak harus di waktu yang sama. Tidak harus melalui pintu yang sama. Tapi dapat dipastikan kalau sudah mengikuti cara-cara yang benar, maka akan diperoleh hasil yang paling tidak mendekati. Hanya soal waktunya tidak bisa dipastikan. Jadi tetap harus bersabar, terus berusaha dan terus berdoa. Memasrahkan hasilnya kepada kemurahan Tuhan.

b. Tidak ada jalan pintas untuk sukses.

Semuanya butuh proses. Kalaupun Anda pernah membaca si A mampu memperoleh penghasilan USD 1000 per hari, atau si B mampu menjual barang 6.000 per hari, itu semua adalah hasil saat ini. Tidak disebutkan proses kerja keras sebelumnya. Kejadian jatuh bangun dalam memperoleh hasil itu sekarang. Bahkan seseorang yang sudah dianggap jagoan atau istilahnya Mastah bisa saja suatu saat akan mengalami kegagalan. Karena dunia bisnis online terus berkembang. Siapa yang tidak mengikuti perkembangan bisa saja akan bangkrut. Jadi kalau sudah mengikuti panduan bisnis online bagi pemula ini teruslah menambah kapasitas diri. Teruslah menimba ilmu dan memperkuat sisi mental Anda. Berinvestasi untuk pengembangan olah pikir dan olah hati. Dan selalu terbuka terhadap ide-ide baru. Bahkan untuk yang saat ini terkesan tidak masuk akal. Karena akal kita bisa saja belum bisa masuk untuk ide baru tersebut. Karena saya pernah mengalaminya sendiri. Sewaktu handphone masih mahal. Pulsanya bikin kantong kempes. Koneksi internet masih terbatas. Baik area maupun bandwith nya. Saya beranggapan masih jauh untuk berbisnis dengan media internet. Sehingga menganggapnya sepele. Dan memilih menekuni bisnis yang lain yang justru membuat saya bangkrut. Ternyata tidak lama kemudian perkembangan jaringan internet dan tehnologi gadget berkembang demikian cepatnya. Dan saya tertinggal cukup jauh. Walaupun saat ini berusaha mengejarnya. Tapi sudah kehilangan waktu cukup banyak.

Ketika anda sudah membuat blog atau website, membuat toko di marketplace, membuat video youtube dan membuat status jualan tapi belum laku juga. Bersabarlah. Anda tidak sendirian. Diluar sana ribuan orang bisa jadi mengalami hal-hal yang lebih buruk. Tapi mereka yang mempunyai mental juang tinggi akan terus berusaha sampai menghasilkan. Dan terus menambah jaringan pertemanan, mengikuti pelatihan gratis atau berbayar dan berkonsultasi dengan yang dianggap lebih tahu. Ingatlah silaturahmi itu bisa menjadi jalan rejeki. Jadi sering-seringlah bersilaturahmi kepada siapa saja. Dan konsisten bersedekah. Tidak harus dengan uang. Dengan tenaga pun bisa. Atau minimal senyuman. Cling !.

#2. Menentukan target market.

Jaman dulu untuk memulai bisnis biasanya membeli produk terlebih dahulu. Atau istilahnya kulakan. Baru kemudian mencari pembelinya. Tapi karena itu dilakukan oleh banyak orang, maka persaingan menjadi berat. Karena penjual mempunyai target yang sama. Tinggal calon pembeli yang punya kuasa menentukan pilihannya. Nah jaman sekarang dengan hadirnya teknologi internet, dan berkembangnya mesin pencari seperti Google, Yahoo dan lain-lain, maka caranya bisa lebih mudah. Walaupun cara lama itu juga masih bisa dipakai.

Melalui riset di mesin pencari kita bisa menentukan di area mana kita berjualan. Misalkan di kota tempat tinggal kita saja. Terus bisa mencari produk-produk apa saja yang diinginkan orang yang kita target. Dan yang tidak kalah penting adalah bisa mengetahui siapa saja yang sudah berbisnis di area yang akan kita masuki. Jadi dengan bisnis online bagi pemula, maka kita lebih terarah langkahnya. Menyesuaikan diri dengan kemampuan kita. Baik dari sisi permodalan maupun dari sisi teknis. Riset  ini sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko. Prinsipnya adalah mengetahui siapa target market kita itu lebih penting dari kita mau jualan apa. 

#3. Menentukan model bisnis online.

Setelah mengetahui target market kita secara detil, seperti rentang usia, tempat tinggal, hobi, perilaku, gaya hidup, tujuan hidup dan yang lainnya, maka kita bisa mencari produk apa saja yang cocok untuk mereka masing-masing. Tidak harus kita masuki semuanya. Pilih saja yang sesuai dengan kemampuan kita. Itulah yang menjadi bisnis model kita.

Pilihan bisnis model itu antara lain :

  • Freelancing
  • Konsultasi online
  • Digital agency
  • Affiliate marketing
  • Donasi
  • Sponsored Articles
  • Membership website
  • Premium forum
  • Sponsorship/endorse
  • Jualan Online
  • Advertising/ Display Ads

Selain memilih berdasarkan peluang juga harus dilihat kompetisinya. Apakah Anda siap bersaing dan menang. Karena sebagai pemula biasanya yang dilihat hanya peluang kalau berhasil saja. Sehingga kurang atau tidak awas terhadap kompetitor yang siap menjegal kita.

#4. Menentukan dan menyiapkan produk.

Produk yang dijual untuk target market kita bisa kita tentukan setelah bisa mengukur peluang, kompetisi dan kemampuan kita. Baik secara modal kapital maupun teknis. Produknya bisa berupa barang berwujud, produk digital dan bisa juga jasa.

Cara memperoleh produk bisa dengan membuat sendiri, kulakan ke distributor atau pabrik atau bisa juga hanya sebagai perantara saja. Kalau modal Anda terbatas sebaiknya memulai bisnis online sebagai perantara saja. Atau biasa disebut sistem dropship. Yaitu barang pesanan dari pelanggan Anda diambilkan dari supplier lain dan langsung dikirim ke panggan Anda atas nama Anda. Sistem dropship ini masih cukup menjanjikan untuk ditekuni. Karena keuntungannya masih bagus. Dan resikonya relatif kecil. Kalau sudah cukup modal bisa beralih menjadi pemilik produk sendiri. Karena kontrolnya lebih mudah dan keuntungannya lebih besar dibandingkan sistem dropship.

Baca juga : Belajar Bisnis Online Tanpa Modal Produk Sendiri

#5. Membuat toko atau kantor online sendiri.

Toko atau kantor online sendiri bukan berarti benar-benar milik sendiri. Tetapi bisa juga numpang alias memanfaatkan fasilitas gratisan yang tersedia. Misalnya membuat toko online di marketplace seperti Tokopedia, Bukapalapak, Shopee, Facebook dan lain-lain. Atau bisa juga membuat blog atau website gratis di wordpress atau blogspot atau website gratis lainnya. Yang gratisan belum tentu bisa disepelekan. Contohnya website gratisan https://juragantepungkentang.wordpress.com yang saya kelola. Sudah beberapa tahun ini selalu di halaman pertama Google untuk pencarian produk tepung kentang. Sehingga terus menerus memberikan hasil yang sangat bagus.

Selain memanfaatkan fasilitas gratisan ada baiknya Anda juga membuat website berbayar. Yang sepenuhnya bisa Anda kendalikan. Untuk menjaga seandainya fasilitas website gratisan ditutup pengelolanya.

Untuk produk yang bisa dibuat videonya sebaiknya juga Anda kerjakan. Karena popularitas Youtube sebagai media berbagi video saat ini semakin baik. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menaikkan penjualan sekaligus branding toko atau produk Anda. Atau kalau sulit membuat video, Anda bisa juga membuat gambar-gambar yang menarik kemudian diunggah di Instagram. Karena penggemar Instagram saat ini sangat bagus. Khususnya di kalangan anak-anak muda.

mentor bisnis online

#6. Mendatangkan pengunjung.

Toko atau kantor online yang berhasil adalah yang ada pengunjungnya. Bukan sekedar ada tapi pengunjung yang Anda targetkan. Dan lebih baik lagi kalau jumlahnya besar. Jadi setelah Anda membuat toko atau kantor online,maka tugas selanjutnya adalah bagaimana caranya agar tempat Anda menjadi ramai. Cara yang digunakan bisa secara alami atau biasa disebut organik. Bisa juga dengan cara berbayar. Jadi Anda mengalokasikan sejumah uang untuk membuat iklan khusus agar website, Fanpage, channel Youtube maupun akun Instagram Anda menjadi sering tampil. Dan diharapkan dengan sering tampil akan dikunjungi dan menghasilkan penjualan.

Cara mendatangkan pengunjung organik adalah dengan membuat konten-konten yang menarik. Yang memang dicari pengunjung. Dibuat secara rutin. Dan memancing pengunjung untuk menyukai, memberi komentar dan membagikannya. Konten ini tidak boleh dibuat sekali-sekali saja. Atau tanpa jadwal yang pasti. Karena selain akan dinilai buruk olh mesin pencari juga akan dikalahkan oleh kompetitor.

Untuk cara berbayar kita bisa menggunakan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan yang lainnya. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati kalau menggunakan cara ini. Selain aturan dari Google, Facebook dan yang lainnya cukup ketat. Juga beresiko mengalami kerugian jika tidak tepat menbuat iklannya.

Demikian panduan bisnis online bagi pemula ini diuraikan secara singkat. Semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda yang membutuhkan.

 

Salam.

Jarot BS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.