Peluang Usaha Es Kepal Milo

Peluang Usaha Es Kepal Milo yang sedang menanjak popularitasnya ini patut dilirik dan dijadikan sarana untuk menambah pendapatan. Pertama kali usaha ini dikenal luas di Malaysia yang kemudian masuk ke Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Pembuatannya mudah dan dapat memberikan penghasilan yang bagus. Apalagi menjelang puasa dimana banyak yang membutuhkan minuman dingin untuk menyegarkan tenggorokan. Sehingga bisa juga menjadi peluang usaha bulan puasa yang menarik.

peluang usaha es kepal milo

Peluang Usaha Es Kepal Milo Cepat Balik Modal

Sebenarnya cara pembuatan es kepal ini sudah dikenal di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Di berbagai daerah dikenal dengan berbagai nama. Ada yang menamakan Es Gandul atau Es Gandul Tali Merang dan nama-nama lainnya. Pembuatannya yang mudah, yaitu dengan menyerut es dan kemudian dikepal atau dipadatkan dengan tangan. Setelah itu diberi sirup. Bisa satu atau beberapa rasa sirup. Namun untuk yang menggunakan Milo baru-baru ini saja dikenalkan. Dan karena banyak diminati, maka jadilah peluang usaha es kepal milo yang layak untuk dijalankan.

Modal untuk mewujudkan peluang usaha es kepal milo ini relatif tidak besar. Bahkan untuk beberapa peralatan yang sudah dimiliki dapat dimanfaatkan. Tempat usaha pun tidak harus menyewa. Kalau ada lahan dirumah, misalnya garasi, sudah bisa digunakan untuk lapak usaha. Kalau jualan dirumah juga tidak perlu direpotkan dengan membuat gerobak. Cukup sediakan meja saja untuk meletakkan alat dan bahan jualan. Jadi kebutuhan tambahannya adalah bahan-bahan pembuatan seperti, bubuk Milo, Es batu, Creamer, bahan topping dan lain-lain.

Baca juga : Peluang usaha ayam geprek

Peluang Usaha Long Potato Bikin Tajir Melintir

Karena yang menjalankan peluang usaha es kepal milo ini semakin banyak, sebaiknya dibuat variasi untuk topping dan kemasannya. Supaya memberi sensasi yang berbeda bagi pembeli. Pada umumnya toppingnya adalah serutan kacang, meises, keju dan beberapa yang lain. Cobalah dipadukan dengan potongan buah, marshmallow, dan bahan-bahan lainnya yang cocok untuk ditaburkan.

Alat dan Bahan Utama Pembuatan Es Kepal Milo

Alat dan Sarana.

  1. Gerobak
  2. Serutan Es
  3. Wadah plastik atau stainless steel untuk menampung serutan es
  4. Cup plastik atau kantung plastik
  5. Wadah plastik untuk tempat Milo dan topping
  6. Sendok Milo
  7. Box es batu

Bahan-bahan :

  1. Es batu
  2. Bubuk Milo kemasan 1 kg
  3. Susu kental manis
  4. Creamer
  5. Air
  6. Aneka Topping (meises, kacang almond, coco crunch, keju dll)

Untuk pembuatan dan ukurannya bisa kita saksikan di video berikut ini.

 

LIHAT BETAPA LARIS DAN VIRALNYA ES KEPAL MILO INI

Cara menentukan harga jual 

Untuk menjalankan peluang usaha es kepal milo ini harus kita coba dulu sebelun dipasarkan. Dari beberapa kali mencoba tentu akan diperoleh data biaya pembuatan satu porsinya. Misalnya dari satu resep es kepal Milo menghabiskan biaya Rp 50.000,-. Dan satu resep bisa dijadikan 10 porsi. Maka harga bahan per porsi adalah Rp 5.000,-. Ditambah biaya cup plastik (misalnya Rp. 1.000,-), maka harga pokoknya adalah Rp 6.000,-.

Anda bisa menjual di kisaran harga Rp 12.000,- per porsi. Harga pastinya tergantung kondisi pasar yang Anda targetkan. Kalau pasarnya tidak mampu membeli seharga itu, silakan menurunkan margin yang ditargetkan. Atau bisa juga mengganti bubuk Milo dengan powder rasa Milo yang harganya jauh lebih murah. Atau bisa juga porsinya dikurangi.

Kalau target pasar Anda tidak masalah dengan harga, maka Anda bisa membuat penyajian yang lebih menarik dan harganya bisa dinaikkan. Porsinya juga bisa ditambah.

Baca juga : Kiat sukses bisnis online di Facebook

Penentuan harga jual ini juga harus mempertimbangkan persaingan dengan usaha minuman yang lain di sekitar lokasi usaha. Kalau untuk usaha baru, biasanya dijual dengan harga lebih rendah supaya orang mau mencoba dulu. Atau bahkan ada yang membuat dalam kemasan kecil gratis sebagai sarana uji coba rasa. Tapi kalau dana Anda terbatas sebaiknya tidak menggunakan cara-cara yang menghabiskan banyak biaya di awal usaha.

Selamat mencoba peluang usaha es kepal milo. Semoga sukses.

 

Salam,

Jarot BS 

 

 

One thought on “Peluang Usaha Es Kepal Milo

  1. Hi are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog
    world but I’m trying to get started and create my own. Do you need any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

Leave a Reply

Your email address will not be published.