Peluang Usaha Kursus Online

Peluang usaha kursus online semakin terbuka lebar. Berbagai kemudahan seiring dengan berkembangnya kemajuan tehnologi internet, ternyata telah membuka berbagai peluang baru yang dulu tak terpikirkan. Bahkan bisnis keuangan, khususnya perbankan, juga memanfaatkan tehnologi ini. Kalau beberapa tahun yang lalu bukan hal aneh melihat antrian panjang di bank, maka saat ini menjadi aneh kalau melihat antrian panjang di bank. Karena hampir semua bank besar saat ini telah memiliki aplikasi mobile dan atau internet banking. Sehingga transaksi bisa dilakukan dimana saja selama ada koneksi internet. Transaksi non tunai atau cashless semakin menjadi primadona. Tidak khawatir lagi kalau tidak membawa uang tunai saat bepergian. Tapi jangan sampai HP atau cell phone Anda ketinggalan. Karena disitulah uang Anda saat ini berputar. Baik untuk menerima atau mengirim pembayaran. Sampai ada pertanyaan lucu, “Seandainya nanti sudah tidak ada transaksi uang tunai, maka bagaimana dengan nasib TUYUL yang suka mencuri uang?” he he he…

peluang usaha kursus online

Lalu bagaimana Anda memanfaatkan kemajuan dunia internet ini? Apakah puas sebagai pengguna saja, atau ikut menikmati dan menambang harta karun yang sangat banyak terkandung didalamnya? Bagaimana caranya memaksimalkan manfaat kemajuan internet ini?

Baca juga : Kisah Sukses Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Membuka peluang usaha kursus online.

Peluang usaha kursus online ini saya dapat selama saya mengikuti berbagai pelatihan usaha yang berbasis online. Ternyata banyak materi yang saat ini sudah bisa dikemas dan diajarkan secara online. Kalau dulu hanya sekedar berjualan ebook tutorial saja, maka dengan berkembangnya tehnologi dan infrastruktur penunjang internet menjadikan pelatihan atau workshop berbagai keilmuan bisa diajarkan secara online. Karena antara Pengajar/ Tutor/ Mentor dan peserta pelatihan bisa berinteraksi atau berkomunikasi langsung dengan media video bersuara. Dan saat ini metode webinar banyak sekali digunakan untuk memberikan materi pelatihan. Lebih menyenangkannya lagi beberapa media sosial juga memfasilitasi hal ini. Contohnya Facebook dan Youtube yang banyak digunakan untuk siaran langsung. Dimana peserta bisa langsung bertanya atau memberikan komentar saat itu juga. Beberapa Mentor saya juga menggunakan metode ini. Selain sederhana, cepat, murah dan ternyata efisien dan efektif hasilnya. Jadi kami sebagai peserta juga sangat terbantu. Karena tidak perlu keluar rumah, berdandan danĀ  menghabiskan banyak waktu di jalan.

Dengan pengalaman itu kemudian saya melakukan riset di berbagai media sosial dan melalui mesin pencari. Ternyata cukup banyak orang atau lembaga yang menawarkan pelatihan secara online. Dan sambutannya juga bagus. Karena dapat memangkas jarak dan waktu. Seorang Mentor di Jakarta misalnya, dia dapat memberi pelatihan untuk peserta dari Sabang sampai Merauke atau bahkan di negara lain tanpa perlu ketemu langsung. Dan materi pelatihan juga bisa direkam. Supaya kalau kurang jelas bisa diputar ulang.

Seandainya Anda memiliki keahlian seperti bercocok tanam, membuat desain baju, memasak, menggambar, menulis dan lain-lain, maka ini adalah sangat baik untuk menyebarkan pengetahuan Anda. Selain menambah koneksi juga bisa memperoleh penghasilan yang bagus.

Ada dua cara untuk memperoleh penghasilan dari peluang usaha kursus online ini. Yang pertama adalah Anda mengajarkan keahlian atau soft skill Anda. Dan yang kedua adalah menjual suatu produk, kemudian Anda mengajarkan cara memanfaatkan produk tersebut. Tentu saja peserta berhak mengembangkan kreasi sendiri keahlian yang diperolehnya. Dan pengajaran keahlian Anda juga bisa ditawarkan dengan sistem waralaba. Jadi peserta yang tertarik untuk menjual sistem pengajaran Anda bisa membayar Royalty ke Anda.

 

Pengalaman belajar dari kursus online.

Saya pertama kali belajar dari kursus online sekitar 3 tahun yang lalu. Mentornya adalah salah satu Youtuber yang banyak membagikan pengetahuan internet marketing melalui Youtube. Imbal jasa yang diterapkan sangat murah. Pelajaran dan tugas disampaikan via video Youtube dan email. Dari mulai riset sederhana, mencari kata kunci, membuat artikel dan beberapa hal lainnya. Termasuk membuat blog khusus untuk jualan yang saya namakan https://juragantepungkentang.wordpress.com. Ternyata dari tugas-tugas yang saya kerjakan melalui blog inilah aku banyak memperoleh penghasilan sampai kini. Terima kasih Mentorku.

Baca juga : Sukses Belajar Bisnis Online

Selanjutnya aku belajar ke beberapa mentor lain. Dari membuat web toko online sampai cara beriklan di Facebook dan Google. Semuanya hanya melalui online. Tidak pernah bertatap muka langsung. Dan ternyata para Mentor yang memanfaatkan peluang usaha kursus online ini bisa menyampaikan ilmunya dengan baik. Karena peserta juga diberi sarana komunikasi khusus untuk menanyakan permasalahan yang ditemui. Secara rutin bahkan ada yang membuat webinar khusus untuk pendalaman materi yang diajarkan.

Peluang usaha kursus online ini akan terus berkembang. Baik materi maupun cara penyajiannya. Teruslah mengikuti perkembangannya agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

Salam,

Jarot BS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.