Persiapan Pensiun Sejak Dini

persiapan pensiun sejak dini

Persiapan pensiun sejak dini banyak terabaikan saat seseorang sedang aktif bekerja sebagai karyawan. Seolah-olah posisi sebagai karyawan akan terus berlangsung dan penghasilan akan rutin diperoleh. Namun saat usia makin bertambah dan batas waktu pensiun makin mendekat, barulah kelabakan mencari solusi agar pendapatan tetap dapat diperoleh saat memasuki dan menjalani usia pensiun nanti. Hal ini berlaku bagi segala tingkatan karyawan yang tidak memiliki sumber penghasilan lain selain dari tempatnya bekerja.

Baca juga : Memulai bisnis online dengan modal kecil

Seperti umumnya seseorang yang telah menjalani pensiun sudah tentu kemampuan fisik dan pikir sudah jauh berkurang. Dan tentu saja daya tahan terhadap penyakit pada umumnya juga berkurang, sehingga membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk perawatan kesehatan. Padahal pendapatan sudah tidak ada selain dari pesangon. Dengan demikian perlu upaya cerdas agar saat dalam masa pensiun nanti kualitas hidup tetap terjaga. Untuk itulah diperlukan persiapan pensiun sejak dini yang terprogram dengan baik

Bagaimana melakukan persiapan pensiun sejak dini?

Berikut 3 langkah penting yang sebaiknya dilakukan, yaitu :

Membuat tabungan khusus

Setiap menerima penghasilan tiap bulan, maka harus diambil lebih dulu anggaran untuk tabungan khusus. Tabungan khusus ini tidak boleh diambil sampai masa pensiun tiba. Misalkan Anda menentukan jumlah 100 ribu atau jumlah yang lain, maka uang itu langsung ditransfer ke tabungan khusus saat menerima gaji. Barulah sisanya diatur untuk kepentingan lain. Jika Anda bekerja selama 30 tahun, maka saat pensiun nanti Anda sudah memiliki tabungan pasti sejumlah 36 juta. Seandainya ingin hasil lebih, Anda tinggal menambah jumlah yang ditabung saja.

Saat tiba waktu pensiun nanti sudah tentu nilai uang akan turun dibanding saat memulai menabung. Hal ini karena adanya inflasi. Misalnya uangmu saat ini sejumlah 10.000.000, dan seandainya inflasi dalam setahun 7 persen, maka nilai setahun kedepan nilai uangmu tinggal 93 persen saja, yaitu 9.300.000. Penurunan nnilai uang ini tentu mengganggu persiapan pensiun sejak dini. Oleh karena itu untuk menghindari penurunan nilai uang, maka saat mencapai jumlah tertentu Anda bisa membelikannya dengan emas batangan yang bersertifikat resmi seperti yang dijual di Pegadaian. Bahkan di Pegadaian juga ada produk cicilan emas yang dapat Anda manfaatkan untuk melindungi nilai uang Anda. Pemilihan emas ini karena nilainya yang bagus dan mudah dicairkan saat dibutuhkan.+

Selesaikan semua utangmu.

Utang dan cicilan utang sangat mengganggu saat masa pensiun tiba. Jadi secara bertahap selesaikanlah masalah utang ini sesuai kemampuan finansial Anda. Tunda dulu keinginan untuk bersenang-senang. Prioritaskan penyelesian utang ini dan berhenti membuat utang baru untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Dalam program persiapan pensiun sejak dini sangat penting untuk disadari, bahwa bunga cicilan utang ini sangat nyata menggerogoti harta Anda. Misalkan Anda punya utang dengan bunga 2 persen per bulan, maka jika menggunakan pola perhitungan tetap bunga utang Anda adalah sebesar 12 x 2 % = 24 % per tahun. Makin lama program cicilan utang Anda, maka makin besar uang Anda terkuras. Apalagi ditambah nilai inflasi per tahun,maka nilai uang Anda makin terkuras lagi. Jadi segera selesaikan utang Anda. Bisa dari yang mempunyai bunga paling besar atau bisa juga dari yang jumlah utangnya paling kecil. Yang penting segera selesai.

 

Merintis sumber pendapatan lain

Saat pensiun nanti sumber utama penghasilan Anda akan berhenti. Jika perusahaan Anda bagus tentu akan memberikan pesangon yang nilainya bisa untuk hidup tanpa bekerja sampai beberapa waktu. Tapi uang itu akan turun nilainya kalau hanya disimpan saja di rumah atau di bank. Dan uang itu akan habis juga kalau dipakai terus menerus. Jadi uang itu harus diberdayakan agar menjadi sumber penghasilan baru Anda. Masalahnya adalah kalau Anda tidak punya bekal pengetahuan menginvestasikan uang Anda, maka sangat beresiko untuk gagal. Entah karena salah kelola, salah memilih bidang usaha atau yang paling sial adalah ditipu. Oleh karena itu salah satu strategi persiapan pensiun sejak dini adalah dengan merintis sumber pendapatan baru, yang nanti dapat digunakan sebagai pendapatan utama setelah pensiun.

Anda bisa melakukan sendiri saat membuat usaha rintisan ini. Tapi kalau Anda masih ragu, bisa juga dengan berkongsi bersama teman yang Anda percayai punya visi yang sama. Dengan memulai usaha saat masih aktif bekerja sebagai karyawan akan mempunyai waktu yang cukup untuk belajar. Bahkan saat mengalami kegagalan pun, Anda masih punya sumber pendapatan sebagai karyawan. Jadi Anda dapat memulai lagi dengan lebih baik.

Misalkan Anda punya waktu 5 tahun atau lebih sebelum pensiun, maka itu sudah cukup untuk mendapatkan pengalaman dan keahlian dalam membesarkan usaha. Jadi saat datang pensiun usaha Anda sudah dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan yang baik.

Baca juga : – Memulai bisnis setelah pensiun 

– 7 jenis usaha untuk aktivitas setelah pensiun

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.